Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Dalam Mengenal Kosa Kata Melalui Cerita Bergambar Pada Kelompok B (5-6 Tahun)

Authors

  • Nurhadijah Nurhadijah Universitas Almuslim
  • Rahma Rahma Universitas Almuslim
  • Salpina Salpina Universitas Almuslim

Keywords:

Kemampuan Berbahasa, Kosa Kata, Cerita Bergambar

Abstract

Kemampuan berbahasa dalam mengenal kosa kata anak masih rendah pada kelompok B di TK Malahayati. Salah satu kegiatan yang dapat meningkatkan kemampuan berbahasa dalam mengenal kosa kata anak yaitu melalui cerita bergambar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa dalam mengenal kosa kata melalui cerita bergambar. Metode penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas dan yang menjadi subjek penelitian yaitu anak kelompok B di TK Malahayati sebanyak 15 anak. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanan, observasi, dan refleksi. Adapun keberhasilan hasil akhir unjuk kerja anak siklus I mencapai 7 anak yang berkembang sesuai harapan dengan persentase 47%, mengalami peningkatan di siklus II mencapai 13 orang anak berkembang sesuai harapan dengan persentase 87%, berdasarkan hasil tes akhir siklus II menunjukan hasil belajar anak sudah tuntas dikarenakan penelitian dikatakan berhasil apabila ≥80% dari jumlah anak mendapatkan nilai berkembang sesuai harapan. Hasil akhir observasi terhadap aktivitas guru siklus I dengan skor 73% pada taraf keberhasilan “Baik” dan meningkat di siklus II dengan skor 91% pada taraf keberhasilan “Sangat Baik”. Sedangkan hasil akhir observasi terhadap aktivitas anak siklus I dengan skor 64% pada taraf keberhasilan “Cukup” dan meningkat di siklus II dengan skor 86% pada taraf keberhasilan “Sangat Baik”. Dengan demikan dapat disimpulkan bahwa melalui cerita bergambar dapat menigkatkan kemampuan berbahasa dalam mengenal kosa kata dan proses pembelajaran pada kelompok B (5-6 Tahun) di TK Malahayati Kabupaten Bireuen.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Mansur, Pendidikan anak usia dini dalam Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2017.

Daroah, Menumgkatkan Kemampuan Bahasa Melalui Metode Bercerita Dengan Media Audio Visual Di Kelompok B1 RA Perwanida 02 Slawi. 2013.

K. Nina, Pengembangan Bahasa Program Magister Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta, 2012.

Suhartono, Pengembangan Keterampilan Bicara Anak Usia DINI. Jakarta: Depdiknas, 2005.

H. Rahman, Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yokyakarta: Galah, 2002.

Moeslichatoen, Metode Pengajaran di TK. Jakarta: Rineka Cipta, 2004.

W. Gunarti and dkk, Metode Pengembangan Perilaku dan Kemampuan Dasar Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka, 2008.

S. Arikunto, Prosedur Penelitian Pendekatan Praktik Edisi Revisi VI. 2010.

Downloads

Published

2021-09-29

How to Cite

Nurhadijah, N., Rahma, R., & Salpina, S. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Dalam Mengenal Kosa Kata Melalui Cerita Bergambar Pada Kelompok B (5-6 Tahun). Jurnal Pendidikan Guru Anak Usia Dini, 2(2), 59–64. Retrieved from http://journal.umuslim.ac.id/index.php/jpg/article/view/1156