Peningkatan Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini Dalam Mengenal Kosa Kata Melalui Kegiatan Bermain Kotak Misteri

Authors

  • Armiana Armiana Universitas Almuslim
  • Rudy Juli Saputra Universitas Almuslim

Keywords:

Kemampuan Berbahasa, Permainan, Kotak Misteri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk peningkatan kemampuan berbahasa dalam mengenal kosa kata melalui permainan kotak misteri pada anak kelompok B di TK Belaian Kasih Ibu Kabupaten Bireuen. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus dan yang menjadi sumber data yaitu 22 anak kelompok B di TK Belaian Kasih Ibu. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa unjuk kerja yang dikaitkan dengan penjelasan rubrik penilaian dan obeservasi. Selanjutnya dianalisis dengan metode kualitatif. Adapun keberhasilan hasil tes akhir unjuk kerja anak siklus I diperoleh data bahwa anak yang tunas sebanyak 10 anak dengan persentase hanya mencapai 45% dan anak yang tidak tuntas sebanyak 12 anak dengan persentase 55%. Kemudian untuk hasil tes akhir di siklus II unjuk kerja anak yaitu terjadi peningkatan anak yang tuntas menjadi 19 orang anak dengan persentase 86%, dan anak yang tidak tuntas sebanyak 3 anak dengan persentase 14%, maka keberhasilan tes akhir siklus II telah dinyatakan tuntas sesuai dengan kriteria skor persentase keberhasilan ≥80%. Hasil analisis observasi aktivitas guru siklus I diperoleh skor yaitu 64% pada taraf keberhasilan kriteria”Baik”. Dan terjadi peningkat di siklus II menjadi 90% pada taraf keberhasilan kriteria”Sangat Baik”. Pada hasil observasi aktivitas anak siklus I mencapai 58% pada taraf keberhasilan kriteria”Baik”, dan terjadi peningkatan di siklus II menjadi 88% pada taraf keberhasilan kriteria”Sangat Baik”. Dengan demikian proses pembelajaran kemampuan berbahasa dalam mengenal kosa kata melalui permainan kotak misteri pada anak kelompok B di TK Belaian Kasih Ibu Kabupaten Bireuen telah terjadi peningkatan sesuai dengan yang diharapkan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara.

Izzaty. (2008). Perkembangan Peserta Didik. UNY Press.

Kadir, A. (2004). Melalui Kokami Menguasai Bahasa Inggris. Republika.

Kemendiknas. (2010). Pedoman pengembangan program pembelajaran di taman kanak-kanak. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional RI.

Morrison, S, G. (2012). Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). PTIndek.

Nasra & Berliantika Putri Aswir. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbahasa dalam Berbicara Melalui Kegiatan Bercerita pada Kelompok B di TK Negeri Pembina Sawang. JUPEGU-AUD: Jurnal Pendidikan Guru Anak Usia Dini, 01(02), 7276.

Nurgiyantoro, B. (2012). Penilaian dalam Pendekatan Sastra (Pendekatan Taksonomis) dalam Pengajaran Sastra. Kanisius.

Suhartono. (2005). Pengembangan keterampilan bicara nanak usia dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidkan Tinggi Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.

Suyadi. (2010). Psikologi Belajar Anak Usia Dini. Pedagogia.

Downloads

Published

2021-09-29

How to Cite

Armiana, A., & Rudy Juli Saputra. (2021). Peningkatan Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini Dalam Mengenal Kosa Kata Melalui Kegiatan Bermain Kotak Misteri. Jurnal Pendidikan Guru Anak Usia Dini, 2(2), 52–56. Retrieved from http://journal.umuslim.ac.id/index.php/jpg/article/view/1153