Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Permainan Pohon Huruf

Authors

  • Muhammad Khusnaini Tk Kemala Bhayangkari 04 Cabang Bireuen
  • Sari Rizki Universitas Almuslim

Keywords:

Kemampuan Mengenal Huruf, Permainan, Pohon Huruf

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf melalui permainan pohon huruf pada anak kelompok B. Penilitian ini terdiri dari dua siklus dan setiap siklusnya dilaksanakan dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B usia 5 – 6 tahun TK Kemala Bayangkari 04 Cabang Bireuen yang berjumlah 38 anak, 17 anak laki – laki dan 21 orang anak perempuan. Objek penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf dari a – z. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi. Teknik pengumpulan yang dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak yang memiliki kemampuan mengenal huruf a – z meningkat setelah adanya tindakan. Hasil observasi pada siklus I yang berkembang sesuai harapan masih 5 orang anak (13,15%). Pada siklus II kemampuan anak yang berkembang sesuai harapan berjumlah 34 orang anak (89,47%). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulakan bahwa melalui media permainan pohon huruf dapat meningkat kemampuan mengenal huruf di kelompok B usia 5 – 6 tahun TK Kemala Bayangkari 04 Cabang Bireuen

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara.

Hamalik, O. (1997). Strategi Belajar Mengajar. Sinar Baru.

Hayati, F., Amelia, L., & Hanisah; (2020). UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF MELALUI PERMAINAN BOLA HURUF PADA KELOMPOK B DI TK MAWADDAH WARAHMAH ACEH BESAR. Jurnal Buah Hati, 7(1), 65–73.

Permendikbud 137 tahun 2014; (2014). Standar Nasional Pendidikan Anak Sosial.

Purwaningsih, E. (2018). Mengenal Warna, Angka, Huruf Dan Bentuk Pada Anak Usia Dini Melalui Animasi Interaktif. Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Komputer.

Slameto, S. (2015). PENYUSUNAN PROPOSAL PENELITIAN TINDAKAN KELAS. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2015.v5.i2.p60-69

Sudjana. (2002). Metoda statistika. In Sinarbaru. Sinar Baru.

Sujiono, Y. N. dan B. S. (2010). Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak. In Jakarta: PT Indeks.

Suyanto, S. (2005). Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Pendidikan.

Downloads

Published

2022-03-29

How to Cite

Khusnaini, M., & Rizki, S. (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Permainan Pohon Huruf. Jurnal Pendidikan Guru Anak Usia Dini, 3(1), 9–11. Retrieved from http://journal.umuslim.ac.id/index.php/jpg/article/view/1035