Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Teknik Mozaik dengan Bahan Alam

Authors

  • Lindawati Lindawati TK Al-Aziziyah Samalanga
  • Nuraini Nuraini TK Ananda Bireuen

Keywords:

Anak Usia Dini, Kreativitas, Bahan Alam, Mozaik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Perkembangan kreativitas anak usia 5-6 tahun sebelum dilakukan teknik mozaik dengan bahan alam di TK Al-Aziziyah Samalanga Kabupaten, 2) Pelaksanaan teknik mozaik dengan bahan alam dalam meningkatkan kreativitas anak usia 5-6 tahun di TK Al-Aziziyah Samalanga Kabupaten, 3) perkembangan kreativitas anak usia 5-6 tahun dapat ditingkatkan melalui teknik mozaik dengan bahan alam di TK Al-Aziziyah Samalanga Kabupaten. Teknik penelitian yang dilakukan adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subjek pada penelitian ini adalah 19 anak usia 5-6 tahunTK Al-Aziziyah Samalanga Kabupaten Bireuen yang terdiri dari 11 anak laki-laki dan 8 anak perempuan. Target keberhasilan dalam penelitian ini adalah apabila perhitungan persentase menunjukkan 80% anak mengalami peningkatan kreativitas anak melalui teknik mozaik dengan bahan alam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kreativitas anak meningkat setelah adanya tindakan melalui teknik mozaik dengan bahan alam. Pada saat dilakukan observasi pratindakan, persentase perkembangan kreativitas sebesar 7,7%, kemudian mengalami peningkatan pada Siklus I sebesar 12,8% dan pada pelaksanaan Siklus II juga mengalami peningkatan sebesar 17%. Langkahlangkah yang ditempuh sehingga perkembangan kreativitas anak meningkat adalah: kegiatan pembukaan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Pemberian pengarahan aktif dilakukan pada saat kegiatan inti dan pemberian reward pada saat kegiatan penutup.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Lestari, S. (2017). Solutif Parenting 33 cara Prakti untuk mewujudkan anak cerdas, kreatif, dan berkarakter. Kelompok Gramedia.

Oktaviyani, R. D., & Suri, O. I. (2019). PENGARUH TERAPI BERMAIN PUZZLE TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA PRASEKOLAH. Jurnal Kesehatan. https://doi.org/10.35730/jk.v10i2.406

Slameto, S. (2015). PENYUSUNAN PROPOSAL PENELITIAN TINDAKAN KELAS. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2015.v5.i2.p60-69

Sudono, A. (2000). Sumber Belajar dan Alat Permainan. Grasindo.

Suryany;, & Safarati, N. (2020). PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN MELALUI METODE JARITMATIKA PADA KELOMPOK A DI TK TUNAS HARAPAN DEWANTARA. JUPEGU–AUD : JURNAL PENDIDIKAN GURU ANAK USIA DINI, 01(02), 84–88.

Wardhani, I., & Wihardit, K. ; (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Universitas Terbuka.

Yunmahlizar, Y., & Rahma, R. (2020). UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN FISIK MOTORIK ANAK USIA DINI MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNTING DI TK AL MUSDAR. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini (JUPEGU-AUD), 1(1), 1–6. http://www.journal.umuslim.ac.id/index.php/jpg/article/view/29

Downloads

Published

2022-03-29

How to Cite

Lindawati, L., & Nuraini, N. (2022). Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Teknik Mozaik dengan Bahan Alam . Jurnal Pendidikan Guru Anak Usia Dini, 3(1), 5–8. Retrieved from http://journal.umuslim.ac.id/index.php/jpg/article/view/1034