MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF ANTENATAL CARE (ANC) PADA PROGRAM DIPLOMA III KEBIDANAN UNIVERSITAS ALMUSLIM MENGGUNAKAN FINITE STATE MACHINE (FSM)

Authors

  • Yogi Heniyansyah Universitas Almuslim

Keywords:

Media pembelajaran, interaktif antenatal care, finite state machine, adobe flash CS5

Abstract

Pemeriksaan antenatal adalah pemeriksaan kehamilan yang dilakukan untuk memeriksakan kehamilan ibu dan janin secara berkala, yang diikuti dengan upaya koreksi terhadap penyimpangan yang ditemukan. Tujuannya adalah untuk menjaga agar ibu hamil dapat melalui masa kehamilannya, persalinan dan nifas dengan baik dan selamat, serta menghasilkan bayi yang sehat. Pengetahuan ibu hamil tentang Antenatal Care (pemeriksaan kehamilan) sangat penting karena akan dapat membantu mengurangi angka kematian ibu dan bayi. Dalam pembuatan media pembelajaran interaktif Antenatal Care (ANC) ini, peneliti menggunakan Software Adobe Flash CS5 yang dilengkapi action script dapat dimanfaatkan menjadi program pembuat animasi yang mudah dan efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Yogi Heniyansyah , Universitas Almuslim

Tenaga Kependidikan DIII Kebidanan Universitas Almuslim

References

Briggs, (1997), Media Pembelajaran.

Henderson, (2006). Buku Kedoktoran, EGC, Jakarta.

Manuaba, (2008). Ilmu Kebidanan, Kandungan dan KB, EGC, Jakarta.

Nugraha, J.S., (2013), Pembuatan Media Pembe- lajaran pengenalan tata surya dan exoplanet dengan menggunakan unity untuk sekolah menengah pertama, Universitas Lampung.

Prawirohardjo, S., (2008). Ilmu Kebidanan, Yayasan Bina Pustaka Sarwono Prawiro- hardjo, Jakarta.

Putra, I.E., (2006), Teknologi Media Pembelajaran Sejarah Melalui Pemanfaatan Multimedia Animasi Interaktif, STMIK, Padang.

Samodra, D.W., (2009), Multimedia Pembelajaran Reproduksi Pada Manusia, Univesitas Dian Nuswantoro, Semarang.

Saifudin, (2005). Buku Acuan Pelayanan Kesehatan Maternal dan Neonatal, Yayasan Bina Pustaka, Yogyakarta.

Downloads

Published

2016-02-27

How to Cite

Heniyansyah , Y. . (2016). MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF ANTENATAL CARE (ANC) PADA PROGRAM DIPLOMA III KEBIDANAN UNIVERSITAS ALMUSLIM MENGGUNAKAN FINITE STATE MACHINE (FSM). JURNAL KESEHATAN ALMUSLIM, 1(2), 42–45. Retrieved from http://journal.umuslim.ac.id/index.php/jka/article/view/367