DIKOTOMI PENDIDIKAN DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM
Abstract
Istilah dikotomi ilmu adalah sikap atau paham yang membedakan, memisahkan, dan mempertentangkan antara ilmu-ilmu agama dan ilmu-ilmu non agama (ilmu umum). Pendidikan agama melalui madrasah, institut agama, dan pesantren dikelola oleh Departemen Agama, sedangkan pendidikan umum melalui sekolah dasar, sekolah menengah, dan kejuruan serta perguruan tinggi umum dikelola oleh Departemen Pendidikan Nasional. Pendidikan Islam tidak semata-mata mengajarkan pengetahuan Islam secara teoritik sehingga hanya menghasilkan seorang Islamolog, tetapi pendidikan Islam juga menekankan pada pembentukan sikap dan perilaku yang Islami.
Kata Kunci: Dikotomi, Pendidikan Islam
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Muhammad Iqbal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Artikel ini Berlisensi CC Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0