UPAYA MENGURANGI PERILAKU MEMBOLOS SISWA DENGAN PENERAPAN TEKNIK KONSELING “SELF MANAGEMENT” PADA KELAS XI SMA NEGERI 5 ACEH BARAT DAYA TAHUN PELAJARAN 2020/2021
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan teknik konseling Self Management dapat mengurangi perilaku membolos peserta didik Kelas XIdi SMA Negeri 5 Aceh Barat Daya Tahun Pelajaran 2020/2021.Hasil penelitian menunjukkan bahwa gambaran umum masalah perilaku membolos muncul pada siswa kelas XI, yaitu: 4 siswa dengan perilaku membolos tinggi dan 9 siswa dengan tingkat perilaku membolos sedang. Pada siklus 1 setelah diberikan perlakuan teknik konseling Self Managementdidapat 9 siswa dengan perilaku membolos sedang dan 5 siswa dengan perilaku membolos rendah. Dan pada siklus 2 setelah dilakukan perbaikan teknik konseling Self Management maka diperoleh 5 siswa dengan perilaku membolos pada tingkat sedang, 8 siswa rendah dan 2 siswa sangat rendah.Dari hasil penelitian yang diperoleh didapat pengurangan tingkat perilaku membolos sehingga penelitian ini dapat memberikan rekomendasi: (1) untuk pihak sekolah perlunya perbaikan dan dukungan terhadap mekanisme pemberian bimbingan dan konseling demi perbaikan siswa, (2) untuk konselor perlunya bersikap inovatif dalam melaksanakan tindakan konseling seperti melalui teknik konseling Self Management.
Kata Kunci : Perilaku Membolos, Teknik Konseling Self Management
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Rita Hastuti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Artikel ini Berlisensi CC Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0