PENGARUH MEDIA LEAFLET DALAM PENDIDIKAN KESEHATAN TERHADAP PENGETAHUAN IBU HAMIL TENTANG ANEMIA

Authors

  • Dessy Hidayati Fajrin Politeknik Kesehatan Pontianak

Keywords:

anemia, ibu hamil, media leafleat

Abstract

Salah satu faktor masih tingginya angka kejadian anemia kurangnya pengetahuan ibu hamil tentang anemia, kurangnya pengetahuan tentang tanda dan gejala dan dampak yang akan disebabkan oleh anemia, sehingga pengetahuan ibu hamil tentang anemia akan berpengaruh terhadap pencegahan anemia di Puskesmas Saigon Potianak Kalimantan Barat.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian quasi eksperimen dengan sampel yang berjumlah 30 responden. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder menggunakan lembar kuisioner. Analisa data yang digunakan adalah paired T-Test. Hasil uji statistic menggunakan Paired Sample Statistics diperoleh nilai p value 0,000 (p< 0,05) ada pengaruh Pendidikan Kesehatan dengan media leaflet terhadap pengetahuan ibu hamil tentang anemia di Puskesmas Saigon. Terdapat perubahan tingkat pengetahuan ibu hamil sesudah diberikan Pendidikan Kesehatan dengan media leaflet dengan nilai p 0,000 < 0,05. Sehingga dapat ditarik kesimpulan ada pengaruh pemberian media leaflet dalam Pendidikan Kesehatan terhadap pengetahuan ibu hamil temtang anemia di Puskesmas Saigon Pontianak.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Dessy Hidayati Fajrin, Politeknik Kesehatan Pontianak

Jurusan Kebidanan

Downloads

Published

2022-02-26

How to Cite

Fajrin, D. H. (2022). PENGARUH MEDIA LEAFLET DALAM PENDIDIKAN KESEHATAN TERHADAP PENGETAHUAN IBU HAMIL TENTANG ANEMIA . Jurnal Ilmiah Kesehatan Ibu Dan Anak, 1(1), 19–25. Retrieved from http://journal.umuslim.ac.id/index.php/jikia/article/view/736