Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Model Snowball Throwing di Kelas Xi SMA Negeri 1 Juli Kabupaten Bireuen
Keywords:
Hasil Belajar, Snowball ThrowingAbstract
Penelitian ini berjudul penerapan model pembelajaran Snowball Throwing dalam
meningkatkan hasil belajar siswa pada KD Menganalisis posisi strategis indonesia
sebagai poros maritim Dunia di kelas XI SMA Negeri 1 Juli Kabupaten Bireuen.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana bentuk peningkatan hasil
belajar siswa melalui model pembelajaran Snowball Throwing pada KD Menganalisis
posisi strategis indonesia sebagai poros maritim Dunia di kelas XI SMA Negeri 1 Juli
Kabupaten Bireuen. Metode penelitian, pendekatan yang peneliti gunakan yaitu
pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan
data yang digunakan yaitu menggunakan tes, observasi, dan catatan lapangan. Data
dianalisis dengan menghitung daya serap siswa, persentase aktivitas guru maupun
siswa, dan persentase respon siswa terhadap pembelajaran yang berlangsung. Hasil
penelitian, penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dimana siklus pertama banyak siswa yang belum tuntas dan harus dilanjutkan ke siklus II. Hal ini, dapat dilihat dari segi hasil pada pelaksanaan tes siklus I 60% siswa tuntas dan meningkat pada siklus II menjadi 85% siswa mendapat nilai ≥ 75 dengan persentase peningkatan mencapai sebesar 25%. Dengan demikian, pelaksanaan siklus II telah berhasil. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Juli pada KD Menganalisis posisi strategis indonesia sebagai poros maritim Dunia.