PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPA 1 MATERI MATRIKS PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN MELAUI MODEL KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS)
Keywords:
Hasil Belajar, Kooperatif, Think Pair Share, Matriks Penjumlahan dan PenguranganAbstract
Penelitian ini bertujuan Untuk Meningkatkan kemampuan Belajar Siswa Kelas XI IPA1 Materi Matriks Penjumlahan dan Matriks Pengurangan Melalui Model Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS) pada SMA Negeri 3 Kabupaten Bireuen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan observasi. Dalam interaksi ini guru berperan sebagai penggerak atau pembimbing, sedangkan siswa berperan sebagai penerima atau yang dibimbing. Proses interaksi ini akan berjalan baik apabila siswa banyak aktif dibandingkan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa dapat ditingkatkan melalui pembelajaran dengan menggunakan model pemblajaran kooperatif Tipe Think – Pair – Share (TPS). Pada pelaksanaan tes awal nilai rata-rata adalah 69,90%, nilai rata-rata pada siklus I adalah 76,59%, sedangkan pada siklus II nilai rata-rata adalah 86,55%. Dengan demikian proses belajar mengajar dengan menggunakan model kooperatif Tipe Think – Pair – Share (TPS) pada materi matriks penjumlahan dan matriks pengurangan sudah berlangsung dengan baik seperti yang telah direncanakan dan sesuai dengan yang diharapkan
Downloads
References
N. Safarati, “Pengaruh Model Scientific Inquiry Menggunakan Media PhET Terhadap Keterampilan Proses Sains Ditinjau dari Keterampilan Berpikir Kritis,” J. Pendidik. Fis., vol. 6, pp. 33–38, 2017.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Petunjuk Pelaksanaan Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Balai Pustaka, 1994.
U. Usman, Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya., 2000.
Trianto, Model-model Pembelajaran Inovatif Berorentasi Konstruktif. Jakarta: Tim Prestasi Pustaka, 20017.
Rusdy, Model Pembelajara Alternatif. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia, 2003.
S. Arikunto, Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta, 2003.