EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA/ALAT PERAGA SEDERHANA DITENGAH PANDEMI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SMA DI DESA KUBU RAYA
Keywords:
Media/Alat Peraga, Motivasi Belajar, Dampak Covid, Siswa SMAAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Dampak Pandemi Corona Terhadap Kualitas Belajar Siswa SMA di Desa Kuburaya Kecamatan Peusangan Siblah Krueng, peningkatan motivasi belajar dengan menggunakan media alat peraga sederhana di desa Kubu Raya, penelitian telah dilakukan pada tanggal 16 Agustus 2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan uji pengaruh antar variabel-variabel yang akan diteliti. Hasil dari penelitian ini adalah ditengah pandemi ini efektifitas dengan menggunakan media alat peraga sederhana sangat berpengaruh terhadap siswa SMA di Desa Kubu Raya. Data yang diperoleh melalui pengisian angket tentang efektifitas penggunaan media alat peraga siswa rata-rata sangat baik. Dengan adanya media pembelajaran menarik dapat memotivasi siswa dalam mempelajari sebuah mata pelajaran yang disampaikan, maka juga akan meningkatkan prestasi belajar siswa.
Downloads
References
J. M. Asmani, Tips Efektif Cooperative Learning: Pembelajaran Aktif, Kreatif, dan Tidak Membosankan. Yogyakarta: Diva Perss, 2016.
R. Rahma and N. Safarati, “Implementation of Science Story Media Etnosains Based to Boost Students Concept and Scientific Attitudes,” J. Pembelajaran Fis., vol. 8, no. 1, 2019, doi: 10.23960/jpf.v8.n1.202005.
O. Hamalik, Media Pendidikan. Bandung: Alumni, 1986.
E. T. Ruseffendi, Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan. Bandung: CBSA, 2001.
M. Kasiram, Metodologi Penelitian. Malang: UIN-Malang Pers, 2008.