PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN RENCANA PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI AKADEMIK BERKELANJUTAN DI SMPN 2 MEUREUDU

Authors

  • Suryani Suryani Dinas Pendidikan Kab. Pidie Jaya

Keywords:

Kompetensi Guru, Rencana Penbelajaran, Supervisi Akademik

Abstract

Penelitian merupakan penelitian tindakan sekolah yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan kompetensi guru dalam menyusun rencana pembelajaran  melalui supervisi akademik yang berkelanjutan di SMP Negeri 2 Meureudu. Berdasarkan hasil analisi yang dilakukan peneliti terlihat peningkat secara signifikan mulai dari siklus I dengan hasil rata-rata cukup dengan persentase 50 %. Mengalami peningkat menjadi baik pada siklus II dengan persentase 70 %. Sehingga dapat disimpulkan upaya efektif yang dilakukan peneliti dalam meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun rencana kegiatan pembelajaran melalui Supervisi Akademik Berkelanjutan kepada Guru  memberikan masukan positif dan memberikan koreksi perbaikan terhadap kekurangan yang telah dilakukan oleh guru dalam perbaikan kompetensi guru dalam menyusun rencana kegiatan pembelajaran kearah yang lebih baik

References

Permendikbud Nomor 58 Tahun 2014, “KERANGKA DASAR DAN STRUKTUR KURIKULUM SEKOLAH MENENGAH PERTAMA/MADRASAH TSANAWIYAH,” Br. J. Psychiatry, 2014, doi: 10.1192/bjp.205.1.76a.

UU Nomor 20 Tahun 2003, “Sistem pendidikan nasional,” Jakarta Direktorat Pendidik. Menengah Umum, 2003, doi: 10.1016/j.ypmed.2008.01.025.

Syaiful Bahri Djamarah, “Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta,” Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain, 2006.

Kementerian Pendidikan Nasional, “UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional,” 2003.

S. Sagala, Supervisi Pembelajaran dalam Profesi Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2010.

S. Sagala, Konsep dan Makna Pembelajaran: Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. 2012.

R. Rahma and N. Nurhayati, “PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS GAME EDUKASI PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA,” J. Edukasi Mat. dan Sains, vol. 2, no. 1, 2021, Accessed: Sep. 29, 2021. [Online]. Available: http://www.journal.umuslim.ac.id/index.php/jemas/article/view/425.

N. Safarati, R. Rahma, F. Fatimah, and S. Sharfina, “PELATIHAN INOVASI PEMBELAJARAN MENGAHADAPI MASA PANDEMIC COVID-19,” Communnity Dev. J., vol. 1, no. 3, pp. 240–245, 2020, doi: https://doi.org/10.31004/cdj.v1i3.937.

W. Sanjaya, Kurikulum Dan Pembelajaran (Teori & Praktek KTSP). 2008.

T. dan P. T. 2017 Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementeritan Riset, “Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan Profesi Guru,” J. Chem. Inf. Model., 2017, doi: 10.1017/CBO9781107415324.004.

E. Mulyasa, Menjadi guru profesional menciptakan pembelajaran kreatif dan menyenangkan. 2005.

Kunandar, GuruProfesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Persiapan Menghadapi Sertifikasi Guru. 2007.

R. W. Akhdinirwanto, R. Agustini, and B. Jatmiko, “Problem-based learning with argumentation as a hypothetical model to increase the critical thinking skills for junior high school students,” J. Pendidik. IPA Indones., 2020, doi: 10.15294/jpii.v9i3.19282.

A. Harjanto, D. Suprihanto, and K. Kunci, “COMPUTER ASISSTED INSTRUCTION (CAI) UNTUK PEMBELAJARAN ILMU FISIKA SEKOLAH MENENGAH ATAS,” J. Inform. Mulawarman, 2012.

D. M. A. Lexy J. Moleong, “Moleong, Lexi J, 2014. ” Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi”. Bandung : Remaja Rosdakarya.,” PT. Remaja Rosda Karya, 2019.

A. Suharsimi, “Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi),” Jakarta: Rineka Cipta, 2013, doi: 10.1017/CBO9781107415324.004.

Downloads

Published

2021-09-29

How to Cite

Suryani, S. (2021). PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN RENCANA PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI AKADEMIK BERKELANJUTAN DI SMPN 2 MEUREUDU . JEMAS : Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 2(2), 75–79. Retrieved from http://journal.umuslim.ac.id/index.php/jemas/article/view/657