PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING BERBASIS MEDIA ANIMASI MACROMEDIA FLASH DALAM UPAYA HASIL BELAJAR SISWA

Authors

  • Sharfina Sharfina Universitas Almuslim
  • M Taufiq Universitas Almuslim
  • Jejem Lestari Universitas Almuslim

Keywords:

quantum learning, Macromedia Flash, Media Animasi

Abstract

Rendahnya hasil belajar dan aktivitas guru dan siswa merupakan suatu masalah yang mendasar di MAN Peusangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MAN Peusangan yang berjumlah 20 orang siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes, observasi dan angket. Teknik pengolahan data menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) penerapan model pembelajaran quantum learning menggunakan media animasi Macromedia Flash dapat meningkatkan hasil belajar siswa, dengan persentase ketuntasan siklus I yang berkategorikan sangat kurang baik (40%) dan siklus II yang berkategorikan baik (85%); 2) aktivitas guru dan siswa, dengan persentase siklus I yang berkategorikan kurang (60%), dan siklus II yang berkategorikan cukup baik (80%) untuk aktivitas guru. Sedangkan untuk aktivitas siswa siklus I yang berkategorikan kurang baik (62%) dan siklus II yang berkategorikan baik (81%); dan 3) respon siswa melalui penerapan model pembelajaran quantum learning menggunakan media animasi Macromedia Flash menunjukkan kriterian sangat setuju dengan persentase rata-rata yang berkategorikan sangat baik (91%).

Downloads

Download data is not yet available.

References

N. Safarati, R. Rahma, F. Fatimah, and S. Sharfina, “PELATIHAN INOVASI PEMBELAJARAN MENGAHADAPI MASA PANDEMIC COVID-19,” Communnity Dev. J., vol. 1, no. 3, pp. 240–245, 2020, doi: https://doi.org/10.31004/cdj.v1i3.937.

“IMPLEMENTASI BERMAIN SAMBIL BELAJAR SAINS UNTUK MENGEMBANGKAN MINAT DAN KARAKTER SISWA TAMAN KANAK-KANAK (TK) KARTINI 1 MUSUK BOYOLALI,” UPEJ (Unnes Phys. Educ. Journal), 2013, doi: 10.15294/upej.v2i1.1623.

F. D. Widayanti, “PENTINGNYA MENGETAHUI GAYA BELAJAR SISWA DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN DI KELAS,” Erud. J. Educ. Innov., 2013, doi: 10.18551/erudio.2-1.2.

A. Azhar, “Media Pembelajaran,” Meedia Pembelajaran, 2008, doi: media pembelajaran.

R. Rahma and F. Fatimah, “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION (CAI) PADA MATERI HUKUM NEWTON,” JEMAS J. Edukasi Mat. dan Sains , vol. 1, no. 1, pp. 14–18, 2020, [Online]. Available: http://www.journal.umuslim.ac.id/index.php/jemas/article/view/46.

Mudjiono & Dimyati, “Hakikat Belajar dan Pembelajaran,” Belajar dan Pembelajaran, 2009.

Dimyanti & Mudjiono, Belajar&Pembelajaran. 2013.

S. E. Atmojo, “PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA TERPADU BERPENDEKATAN ETNOSAINS,” J. Pendidik. SAINS, 2018, doi: 10.26714/jps.6.1.2018.5-13.

A. Suharsimi, “Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi),” Jakarta: Rineka Cipta, 2013, doi: 10.1017/CBO9781107415324.004.

Downloads

Published

2021-09-29

How to Cite

Sharfina, S., Taufiq , M. ., & Lestari, J. . (2021). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING BERBASIS MEDIA ANIMASI MACROMEDIA FLASH DALAM UPAYA HASIL BELAJAR SISWA . JEMAS : Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 2(2), 71–74. Retrieved from http://journal.umuslim.ac.id/index.php/jemas/article/view/652