PENGGUNAAN MODEL DIRECT INTRUCTION BERBANTUAN MEDIA POWER POINT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI MIPA.2 SMA NEGERI 2 DEWANTARA PADA MATERI PERSAMAAN TRINONOMETRI

Authors

  • Nur Ismah SMA Negeri 2 Dewantara

Keywords:

Media Power point, Direct Instruction, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian tindakan kelas. Penelitian dilakukan pada peserta didik kelas XI MIPA.2 SMA Negeri 2 Dewantara sebanyak 27 orang. Instrumen pengumpul data dalam penelitian ini adalah tes, lembar observasi dan angket yang diolah dengan statistik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model Direct Instruction berbantuan media power point dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI MIPA.2 SMA Negeri 2 Dewantara. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya jumlah peserta didik yang tuntas dalam belajar yaitu dari 59% pada siklus pertama menjadi 89% pada siklus kedua. Selain itu, penggunaan model Direct Instruction berbantuan media power point dapat meningkatkan aktivitas guru dan peserta didik kelas XI MIPA.2 SMA Negeri 2 Dewantara. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya persentase aktivitas guru dan peserta didik pada setiap siklus. Selanjutnya, respon peserta didik kelas XI MIPA.2 SMA Negeri 2 Dewantara sangat baik terhadap pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model Direct Instruction terlihat dari tingginya rata-rata persentase respon positif peserta didik.

References

R. C. Hastari, Y. E. Zuhroh, P. Purwanto, and A. Susiana, “Kesalahan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika pada Penerapan Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction),” J. Tadris Mat., 2020, doi: 10.21274/jtm.2020.3.1.21-30.

N. K. Bengkulu, I. Sakti, Y. M. Puspasari, and E. Risdianto, “Pengaruh model pembalajaran langsung,” PENGARUH Model PEMBALAJARAN LANGSUNG (Direct Instr. MELALUI MEDIA ANIMASI Berbas. MACROMEDIA FLASH TERHADAP MINAT BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP Fis. SISWA DI SMA PLUS NEGERI 7 KOTA BENGKULU Indra, vol. X, no. 1, pp. 1–10, 2012.

dan E. R. Indra Sakti, Yuniar Mega Puspasari, “PENGARUH MODEL PEMBALAJARAN LANGSUNG (Direct Instruction) MELALUI MEDIA ANIMASI BERBASIS MACROMEDIA FLASH TERHADAP MINAT BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA SISWA DI SMA PLUS NEGERI 7 KOTA BENGKULU,” J. Exacta, vol. Vol. X, no. No. 1 Juni 2012, pp. 1–10, 2012.

L. A. Pramestika, “EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA POWER POINT TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR DAN BANGUN RUANG SD,” J. Pendidik. dan Konseling, 2021, doi: 10.31004/jpdk.v1i2.610.

Nurhidayati, “Media Power Point dan Pemanfaatannya dalam Proses Pembelajaran Bahasa Arab,” Pros. Konf. Nas. Bhs. Arab V, 2019.

T. I. B. Al-Tabany, “Mendesain model pembelajaran inovatif, progresif, dan kontekstual,” in Prenadamedia Group, 2014.

E. Iswara and R. Sundayana, “Penerapan Model Pembelajaran Problem Posing dan Direct Instruction dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa,” Plus Minus J. Pendidik. Mat., vol. 1, pp. 223–234, 2021.

N. P. Risma Handayani and I. B. G. Surya Abadi, “Pengaruh Model Pembelajaran Langsung Berbantuan Media Gambar Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika Siswa Kelas IV SD,” Mimb. Ilmu, 2020, doi: 10.23887/mi.v25i1.24767.

Rusman, Pembelajaran Tematik Terpadu : Teori, Praktik dan Penilaian. 2016.

D. Misbahudin, C. Rochman, D. Nasrudin, and I. Solihati, “PENGGUNAAN POWER POINT SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN: EFEKTIFKAH?,” WaPFi (Wahana Pendidik. Fis., 2018, doi: 10.17509/wapfi.v3i1.10939.

I. A. Amalia, “Power Point Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Masa Kini,” J. Edueksos, 2014.

N. Nursyaida and A. Hardiyanti, “EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA POWER POINT TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS V SD 128 TURUNGAN BERU KECAMATAN HERLANG KABUPATEN BULUKUMBA,” JRPD (Jurnal Ris. Pendidik. Dasar), 2020, doi: 10.26618/jrpd.v3i1.3092.

C. S. Dewi, P. K. Suprapto, and L. Badriah, “Peranan Media Sparkol Videoscribe Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Lintas Minat Biologi,” JPBIO (Jurnal Pendidik. Biol., 2019, doi: 10.31932/jpbio.v4i2.456.

’ N., “Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sd Negeri 24 Pekanbaru,” Prim. J. Pendidik. Guru Sekol. Dasar, vol. 4, no. 2, p. 176, 2015, doi: 10.33578/jpfkip.v4i2.2951.

M. Pardosi, “PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRI DENGAN MASYARAKAT BELAJAR DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA,” J. Teknol. Pendidik., 2020, doi: 10.24114/jtp.v13i1.17997.

W. Sanjaya, “Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran - Dr. Wina Sanjaya, M.Pd - Google Books,” Kencana,Prenadamedia Group, 2015. .

M. S. Hanafy, “KONSEP BELAJAR DAN PEMBELAJARAN,” Lentera Pendidik. J. Ilmu Tarb. dan Kegur., 2014, doi: 10.24252/lp.2014v17n1a5.

Sri Wuryastuti, “Inovasi Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar,” J. Pendidik. Dasar, 2008.

N. Handayani, “EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY (TSTS) DITINJAU DARI HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA,” Int. J. Elem. Educ., 2018, doi: 10.23887/ijee.v2i1.13904.

W. Sarah, M. Marnita, and R. Rahma, “PENGARUH WABAH COVID-19 TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA SMP DI PEUREULAK BARAT,” JEMAS J. Edukasi Mat. dan Sains, vol. 1, no. 2, pp. 35–38, 2020, [Online]. Available: http://www.journal.umuslim.ac.id/index.php/jemas/article/view/52.

C. Maesari, R. Marta, and Y. Yusnira, “Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar,” J. Pendidik. dan Konseling, 2020, doi: 10.31004/jpdk.v1i2.531.

F. Kristin and D. Rahayu, “PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS 4 SD,” Sch. J. Pendidik. dan Kebud., 2016, doi: 10.24246/j.scholaria.2016.v6.i1.p84-92.

Downloads

Published

2021-09-29

How to Cite

Ismah , N. . (2021). PENGGUNAAN MODEL DIRECT INTRUCTION BERBANTUAN MEDIA POWER POINT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI MIPA.2 SMA NEGERI 2 DEWANTARA PADA MATERI PERSAMAAN TRINONOMETRI. JEMAS : Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 2(2), 59–64. Retrieved from http://journal.umuslim.ac.id/index.php/jemas/article/view/651