PENGARUH WABAH COVID-19 TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA SMP DI PEUREULAK BARAT

Authors

Keywords:

Covid-19, Aktivitas Belajar Siswa., Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh suatu penyakit yang disebabkan oleh sebuah virus yang bernama corona atau dikenal dengan istilah Covid-19. Social Distancing menjadi pilihan berat bagi setiap negara dalam menerapkan kebijakan untuk pencegahan Covid-19. Kebijakan Social Distancing berakibat fatal terhadap roda kehidupan manusia, tak terkecuali bidang pendidikan ikut juga terdampak kebijakan ini. Penelitian dilakukan untuk mengetahui pengaruh Wabah Covid-19 terhadap aktivitas belajar siswa SMP di Kecamatan Peureulak Barat Kabupaten Aceh Timur. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi mendapatkan informasi kendala proses belajar mengajar secara online di rumah akibat dari adanya pandemic Covid-19. Dalam teknik penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, sedangkan metode yang digunakan adalah deskriptif dengan menggunakan teknik survei. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh murid SMP dan Orang Tua Murid yang ada di Kecamatan Peureulak Barat Kabupaten Aceh Timur. Sampel yang ambil dalam penelitian hanya 10 desa di Kecamatan Peureulak Barat Kabupaten Aceh Timur dengan jumlah peserta 100 Murid SMP dan 100 Orang Tua Murid. Hasil penelitian yang telah diteliti oleh peneliti  bahwa selama adanya wabah Covid-19 tidak ada aktivitas belajar, hal ini disebabkan memang guru tidak pernah memberi materi selama aktivitas belajar selama wabah Covid-19 berlangsung dan siswa tidak ada aktivitas belajar siswa selama Covid-19 dan siswa kurang berkesempatan dalam mengembangkan diri selama wabah Covid-19.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. Susilo et al., “Coronavirus Disease 2019 : Tinjauan Literatur Terkini Coronavirus Disease 2019 : Review of Current Literatures,” J. Penyakit Dalam Indones., 2020.

R. H. Syah, “Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran,” SALAM J. Sos. dan Budaya Syar-i, 2020, doi: 10.15408/sjsbs.v7i5.15314.

A. Purwanto et al., “Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar,” EduPsyCouns J. Educ. Psychol. Couns., 2020.

A. R. Setiawan, “Lembar Kegiatan Literasi Saintifik untuk Pembelajaran Jarak Jauh Topik Penyakit Coronavirus 2019 (COVID-19),” EDUKATIF J. ILMU Pendidik., 2020, doi: 10.31004/edukatif.v2i1.80.

N. Safarati, P. Studi Pendidikan Fisika, and F. Keguruan dan Ilmu Pendidikan, “Pelatihan Inovasi Pembelajaran Menghadapi Masa Pandemic COVID-19,” Communnity Dev. J., 2020.

W. A. F. Dewi, “Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar,” EDUKATIF J. ILMU Pendidik., 2020, doi: 10.31004/edukatif.v2i1.89.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan. Bandung. 2015.

Riduwan, Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. 2007.

Downloads

Published

2020-09-25

How to Cite

Sarah, W. ., Marnita, M., & Rahma, R. (2020). PENGARUH WABAH COVID-19 TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA SMP DI PEUREULAK BARAT . JEMAS : Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 1(2), 35–38. Retrieved from http://journal.umuslim.ac.id/index.php/jemas/article/view/52