PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH PADA MATERI GELOMBANG BUNYI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA

Authors

  • Jamratna Jamratna Universitas Almuslim
  • Nanda Safarati Universitas Almuslim

Keywords:

Make a match, Kemampuan berpikir kreatif, Gelombang bunyi

Abstract

Rendahnya kemampuan berpikir kreatif siswa karena kurangnya minat siswa mempelajari fisika merupakan permasalahan yang mendasar di SMA Negeri 1 Peusangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran make a match pada materi gelombang bunyi untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Sumber data adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Peusangan tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 26 orang siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes, lembar observasi dan angket. Pelaksanaan dikatakan berhasil bila ≥ 75% dari jumlah siswa sehingga memperoleh skor KKM akhir tindakan ≥ 75. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan: 1) terjadi peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa disetiap siklusnya yaitu  pada siklus I diperoleh 54% dan siklus II diperoleh 96% mengalami peningkatan sebesar 42%; 2) aktivitas guru siklus I memperoleh persentase 76%, kemudian meningkat menjadi 97.3% pada siklus II, dan aktivitas siswa pada siklus I memperoleh persentase 77,3% dan meningkat menjadi 97,3% pada siklus II; 3) respon siswa terhadap model pembelajaran make a match tergolong sangat baik yaitu dengan perolehan persentase sebesar 90,4%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

F. Ahsani, E., L., “Strategi Orang Tua dalam Mengajar dan Mendidik Anak dalam Pembelajaran At The Home Masa Pandemi Covid-19,” J. Al_Athfal, vol. 3, no. 1, 2020.

B. Y. A. Aziizu, “TUJUAN BESAR PENDIDIKAN ADALAH TINDAKAN,” Pros. Penelit. dan Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 2, no. 2, 2015, doi: 10.24198/jppm.v2i2.13540.

Kementerian Pendidikan Nasional, “UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional,” 2003.

R. R. Antika, “Proses Pembelajaran Berbasis Student Centered Learning (Studi Deskriptif di Sekolah Menengah Pertama Islam Baitul ‘Izzah, Nganjuk),” BioKultur, vol. 3, no. 1, 2014.

E. Iswara and R. Sundayana, “Penerapan Model Pembelajaran Problem Posing dan Direct Instruction dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa,” Plus Minus J. Pendidik. Mat., vol. 1, pp. 223–234, 2021.

R. Rahma and H. Husna, “UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ALAT PENCERNAAN MAKANAN PADA MANUSIA MELALUI PENERAPAN METODE MAKE A MATCH UNTUK KELAS V SD NEGERI 2 LHOKSEUMAWE,” vol. 2, no. 1, 2018, Accessed: Oct. 01, 2021. [Online]. Available: http://www.jurnal.umuslim.ac.id/index.php/LTR2/article/view/1011.

P. A. N. Makmur Sirait and putri adilah Noer, “PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA Makmur,” Pengaruh Model Pembelajaran Koop. Tipemake a Match Terhadap Has. Belajar Siswa, vol. 1, no. Oktober, 2013.

N. B. Krishnamuty, “Pengaruh Metode Penugasan Melalui Kelas Virtual Edmodo Terhadap Hasil Belajar SIswa pada Konsep Jaringan Tumbuhan,” 2015.

R. H. Pratiwi, “Metode Pembelajaran ‘Make A Match’ Dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar IPA,” Florea J. Biol. dan Pembelajarannya, vol. 5, no. 1, 2018, doi: 10.25273/florea.v5i1.2291.

M. Huda, Cooperatif Learning. 2013.

M. M. Trianggono, “Analisis Kausalitas Pemahaman Konsep Dengan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Pemecahan Masalah Fisika,” J. Pendidik. Fis. dan Keilmuan, 2017, doi: 10.25273/jpfk.v3i1.874.

Lisliana, A. Hartoyo, and Bistari, “Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Pada Materi Segitiga Di SMP,” J. Pendidik. dan Pembelajaran Untan Pontianak, vol. 5, no. 11, 2016.

H. E. Rudyanto, “MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK BERMUATAN KARAKTER UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF,” Prem. Educ. J. Pendidik. Dasar dan Pembelajaran, vol. 4, no. 01, 2016, doi: 10.25273/pe.v4i01.305.

M. Munawar, F. Roshayanti, and S. Sugiyanti, “IMPLEMENTATION OF STEAM (Science Technology Engineering Art Mathematics) - BASED EARLY CHILDHOOD EDUCATION LEARNING IN SEMARANG CITY,” CERIA (Cerdas Energik Responsif Inov. Adapt., vol. 2, no. 5, p. 276, Sep. 2019, doi: 10.22460/ceria.v2i5.p276-285.

A. Suharsimi, “Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi),” Jakarta: Rineka Cipta, 2013, doi: 10.1017/CBO9781107415324.004.

Downloads

Published

2021-09-29

How to Cite

Jamratna, J., & Safarati, N. (2021). PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH PADA MATERI GELOMBANG BUNYI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA. JEMAS : Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 2(2), 65–70. Retrieved from http://journal.umuslim.ac.id/index.php/jemas/article/view/483