PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI TEAMS GAMES TOURNAMENT SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 NISAM
Keywords:
Model Teams Games Tournament , Hasil Belajar, Konsep TekananAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model Teams Games Tournament dalam pembelajaran konsep tekanan dan peningkatan hasil belajar siswa pada konsep tekanan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Setting penelitian terdiri dari tempat,waktu penelitian dan siklus PTK, yang menjadi subjek penelitian ialah siswa kelas VIII yang berjumlah 32 siswa. Untuk mengetahui pengaruh penerapan model Teams Games Tournament pada konsep tekanan dilakukan observasi terhadap keaktifan siswa, kemampuan guru dan tanggapan siswa dari angket. Data yang diperoleh dari hasil pengamatan terhadap keaktifan siswa dan guru mencapai katagori baik dan sangat baik berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan. Hasil belajar IPA siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Nisam, khususnya konsep tekanan, dengan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT) mengalami peningkatan dari siklus pertama 47% pada siklus kedua ketuntasan 88%. 3) Aktivitas guru dan aktivitas siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Nisam mengalami peningkatan untuk siklus pertama 73 % dan 40 % sedangkan untuk siklus kedua sebesar 88 % dan 65%. Siswa yang memberikan tanggapan positif terhadap penerapan model Teams Games Tournament. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Teams Games Tournament pada konsep tekanan di kelas VIII SMP Negeri 4 Nisam dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran konsep tekanan dan tanggapan siswa sangat baik.
Downloads
References
Slameto, “Prestasi Belajar,” J. Educ., 2003, doi: 10.1016/j.jfineco.2008.10.007.
N. Sudjana, Dasar-dasar proses mengajar. 2002.
E. Mulyasa, Menjadi guru profesional menciptakan pembelajaran kreatif dan menyenangkan. 2005.
R. E. Slavin, “Research on cooperative learning and achievement: What we know, what we need to know,” Contemp. Educ. Psychol., 1996, doi: 10.1006/ceps.1996.0004.