PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) MELALUI METODE PENEMUAN TERBIMBING DI KELAS VIII PADA SMP NEGERI 1 MAKMUR

Penulis

  • Rasnawati Rasnawati SMP Negeri 1 Makmur

Kata Kunci:

Persamaan Linear Dua Variabel, Penemuan Terbimbing, Pemahaman Konsep

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman konsep siswa dengan metode penemuan terbimbing pada pokok bahasan  sistem persamaan dua variabel (SPLDV) yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Makmur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan menggunakan pendekatan Penelitian tindakan kelas (PTK). Yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Makmur yang berjumlah 35 siswa. 5 siswa diambil dengan kriteria berkemampuan rendah dan dijadikan subjek wawancara. Penelitian dilakukan dengan dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Dengan demikian pelaksanaan pembelaaran dengan metode penemuan terbimbing dapat memberikan hasil yang baik dan dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa terhadap materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV). Hal ini terlihat dari segi hasil maupun dari segi proses yang terjadi pada diri siswa itu sendiri.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

,2,3] Hudojo, Herman 1990. Strategi Mengajar Belajar Matematika. IKIP Malang.

Lewin, Kurt N. 1992. Intrusctional Design Theory and Models : An Overview of Their Current Status, Charles M. Regeluth (ed), Lawrence Erlbaum Associates, London.

Moleong, H Lexy. 1996. Teknik Triangulasi, Jakarta: Erlangga.

Kurikulum 2004. Pedoman khusus pengembangan sistem penilaian berbasis kompetensi Sekolah Menengah Pertama (SMP). Jakarta.

Diterbitkan

2020-03-25

Cara Mengutip

Rasnawati, R. (2020). PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) MELALUI METODE PENEMUAN TERBIMBING DI KELAS VIII PADA SMP NEGERI 1 MAKMUR . JEMAS : Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains , 1(1), 19–22. Diambil dari http://journal.umuslim.ac.id/index.php/jemas/article/view/47