PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR SISWA
Keywords:
Minat dan Prestasi Belajar, STM (Sains Teknologi Masyarakat), Momentum dan ImpulsAbstract
Rendahnya minat dan prestasi belajar siswa merupakan permasalahan yang mendasar di SMA Negeri 2 Peusangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) peningkatan minat dan prestasi belajar siswa; 2) aktivitas guru dan siswa, 3) respons siswa terhadap model pembelajaran STM (Sains Teknologi Masyarakat). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 2 Peusangan yang berjumlah 30 orang siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes, lembar observasi dan angket. Teknik analisis data menggunakan rumus persentase. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan: 1) terjadi peningkatan minat dan prestasi belajar siswa disetiap siklusnya, minat belajar siswa memperoleh persentase sebesar 89,3% dan prestasi belajar siswa memperoleh persentase sebesar 90%, ketuntasan belajar siswa siklus I memperoleh persentase 30% kemudian meningkat menjadi 90% pada siklus II; 2) aktivitas guru siklus I memperoleh persentase 81,7%, kemudian meningkat menjadi 97.6% pada siklus II, dan aktivitas siswa pada siklus I memperoleh persentase 80,8% dan meningkat menjadi 99.2% pada siklus II; 3) respon siswa terhadap model pembelajaran STM (Sains Teknologi Masyarakat) tergolong sangat baik.
Downloads
References
Trianto, “Model Pembelajaran Terpadu,” Konsep Strateg. dan Implementasinya dalam KTSP, 2014.
T. I. B. Al-Tabany, “Mendesain model pembelajaran inovatif, progresif, dan kontekstual,” in Prenadamedia Group, 2014.
F. Erviani, S. Sutarto, and I. Indrawati, “Model Pembelajaran Instruction, Doing, Dan Evaluating (Mpide) Disertai Resume Dan Video Fenomena Alam Dalam Pembelajaran Fisika Di SMA,” J. Pembelajaran Fis. Univ. Jember, vol. 5, no. 1, 2016.
Dimyanti & Mudjiono, Belajar&Pembelajaran. 2013.
R. Rahma and F. Fatimah, “PENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP IPA MELALUI MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) BERBASIS MULTIMEDIA,” Relativ. J. Ris. Inov. Pembelajaran Fis., vol. 2, no. 1, p. 40, 2019, doi: 10.29103/relativitas.v2i1.2019.
W. Sarah, M. Marnita, and R. Rahma, “PENGARUH WABAH COVID-19 TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA SMP DI PEUREULAK BARAT,” JEMAS J. Edukasi Mat. dan Sains, vol. 1, no. 2, pp. 35–38, 2020, [Online]. Available: http://www.journal.umuslim.ac.id/index.php/jemas/article/view/52.
Slameto, Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2010.
N. L. P. Ekayani, “Pentingnya Penggunaan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa,” 2017.
Slameto, “Prestasi Belajar,” J. Educ., 2003, doi: 10.1016/j.jfineco.2008.10.007.
I. Smarabawa, I. B. Arnyana, and I. Setiawan, “Masyarakat Terhadap Pemahaman Konsep Biologi Dan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Sma,” J. Progr. Pascasarj. Univ. Pendidik. Ganesha Progr. Stud. IPA, 2013.
N. F. Insani and T. Sunarti, “Keterlaksanaan Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat Untuk Meningkatkan Literasi Sains Dalam Pembelajaran Fisika,” Inov. Pendidik. Fis., vol. 7, no. 2, 2018.
N. Lika, “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM) Terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa Pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit,” J. Res. Educ. Chem., vol. 3, no. 1, 2021, doi: 10.25299/jrec.2021.vol3(1).6473.
S. Slameto, “PENYUSUNAN PROPOSAL PENELITIAN TINDAKAN KELAS,” Sch. J. Pendidik. dan Kebud., 2015, doi: 10.24246/j.scholaria.2015.v5.i2.p60-69.
S. Arikunto, “Prosedur Penelitian Tindakan Kelas,” Bumi Aksara, 2006.
A. Sadikin and A. Hamidah, “Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19 ( Online Learning in the Middle of the Covid-19 Pandemic ),” BIODIK J. Ilm. Pendidik. Biol., 2020.
H. Lestari, S. Ayub, and H. Hikmawati, “Penerapan Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas VIII SMPN 3 Mataram,” J. Pendidik. Fis. dan Teknol., vol. 2, no. 3, 2017, doi: 10.29303/jpft.v2i3.297.