PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR SISWA X SMA PADA KONSEP HUKUM NEWTON MELALUI PENERAPAN KOOPERATIF TIPE TGT BERBASIS ULAR TANGGA

Authors

  • Zakiatun Nufus MTsS Almuslim Bireuen

Keywords:

Kooperatif Tipe TGT, Media Ular Tangga, Prestasi belajar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar siswa X SMA pada konsep hukum Newton sesudah menerapkan model kooperatif tipe TGT berbasis ular tangga dengan model kooperatif tipe TGT. Jenis penelitian eksperimen murni dengan subjek penelitian 25 orang siswa. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas X SMA dengan sampel siswa kelas X PM SMA Negeri 1 Peusangan, yaitu kelas X PM 1 dan kelas X PM 2 yang diambil secara acak. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah RPP, tes dan dokumentasi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes awal dan tes akhir. Statistik yang digunakan dalam pengolahan data adalah statistik uji-t. Dari hasil pengolahan data diperoleh bahwa nilai thitung > ttabel   =  2.98 > 2.06, maka (Ho) ditolak, dan (Ha) diterima pada taraf signifikan α = 0,05 dengan uji dua pihak (1-1/2). Perbedaan hasil tersebut dapat dilihat pada nilai rata-rata yang diperoleh siswa kelas X PM 1 sebelum dan sesudah penerapan model kooperatif tipe TGT berbasis ular tangga ( 50,35  dan 81,74) dan siswa kelas X PM 2 sebelum dan sesudah penerapan model kooperatif tipe TGT ( 48,36 dan 78,62). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan kedua model pembelajaran tersebut sangat efektif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Supardi, “Arah Pendidikan Di Indonesia,” Arah Pendidik. di Indones. dalam Tataran Kebijak. dan Implementasi, 2012.

Harminingsih. 2008. Faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar. (online) (http://harminingsih.blogspot.com/2008_08_01_archive.html) diakses 12 Juni 2014.

Darminto, Priyo, dkk. 2012. Penerapan Model TGT dengan Permainan Ular Tangga pada Materi Pecahan Kelas IV SD. Jurnal. 1:8.

Anjani, Pratiwi. 2012. Media Permainan Ular Tangga(Online), (http://id.wikipedia.org/wiki/Ular_tangga), diakses 15 Januari 2014.

Sugiyono, 2011. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Wajdi, Badrul. 2011. Metode Penelitian Eksperimen Murni. (Online) (badrulwajdi.blogspot.com),diakses 12 Juni 2014.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktek). Jakarta: Rineka Cipta.

Riduwan, 2008. Dasar-dasar Statistik. Bandung: Alfabeta.

Nugroho, Prasetyo, dkk. 2013. Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Permainan Ular Tangga Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII Materi Gaya. Jurnal Pendidikan. 2:8.

Mawarni, 2011. Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments (TGT) untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Konsep Fluida Statis Siswa Kelas XI di SMA Muhammadiyah 3 Lhoksemawe. Bireuen : Skripsi.

Downloads

Published

2020-03-25

How to Cite

Nufus , Z. . (2020). PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR SISWA X SMA PADA KONSEP HUKUM NEWTON MELALUI PENERAPAN KOOPERATIF TIPE TGT BERBASIS ULAR TANGGA . JEMAS : Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 1(1), 10–13. Retrieved from http://journal.umuslim.ac.id/index.php/jemas/article/view/45