PROFIL KREATIVITAS MAHASISWA PADA MATA KULIAH FISIKA DASAR MELALUI PROJECT BASED LEARNING
Keywords:
Project Based Learning, Kreativitas, MediaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kreativitas mahasiswa dalam mata kuliah Fisika Dasar 1 melalui Project Based Learning. Project yang diberikan berupa pembuatan poster fisika dan pemanfaatan alat sederhana yang ada dilingkungan untuk menjelaskan konsep-konsep fisika dasar 1 yang didokumentasikan dalam bentuk video. Pengumpulan data dilakukan dengan angket yang sudah valid dan reliable. Sampel penelitian adalah mahasiswa Prodi Pendidikan Fisika yang mangikuti mata kuliah Fisika Dasar 1 tahun ajaran 2020/2021. Dari hasil penelitian diperoleh persentase untuk masing-masing indikator kreativitas : Kemampuan menginvestigasi ide 78%, kemampuan mengaktualisasikan ide dan konsep dalam desain media yang dikembangkan 84%, ketepatan dalam memilih media sebagai solusi dari permasalahan yang muncul dalam investitasi ide 78%, keterbaruan media yang dikembangkan 60%, dan kemampuan mengelola alat dan bahan dalam mengembangkan media 78%. Rata-rata diperoleh 76% termasuk dalam kategori tinggi. Untuk penguasan konsep dari media/alat peraga yang dikembangka, diperoleh nilai rata-rata 78% termasuk dalam kategori baik.
Downloads
References
N. Safarati and R. Rahma, “Analysis of Students’ Understanding of Concepts on Momentum and Impulse Material Using Research-Based Learning (RBL) Models,” Indones. Rev. Phys., 2020, doi: 10.12928/irip.v3i1.1944.
Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional 2003.
Badan Standar Nasional Pendidikan 2006.
Supriadi, Dedi. 1994. Kreativitas, Kebudayaan dan Perkembangan IPTEK. Bandung : Alfabeta
Cheng, Vivian M.Y. 2019. Developing Individual Creativity For Environmental Sustainability: Using An Everyday Theme In Higher Education. Elsivier : Thinking Skills and Creativity Journal. Volume 33. 1000567.
Alizamar dan Afdal. 2015. Profil Kreativitas Mahasiswa Universitas Negeri Padang. Laporan Penelitian Dosen Madya Universitas Negeri Padang.
Morten,P. Dan Vanessa, K.2007. Creativity in Science Education: Perspectives and Challenges for Developing School Science. United Kingdom : Durhan University.
Djudin, Tomo. 2011. Mendekati Makna Kreativitas dan Model Pembelajaran Synectics. Jurnal Cakrawala Kependidikan Vol. 9. No. 1. (1-10)
Daud, A. M., Omar, J., Turiman, P dan Osman K. 2012. Creativity in Science Education. Procedia - Sosial And Behavioral Science. Vol 59. 467-474
Julianto, Wasis dan Agustini, R. 2018. Profil Sikap Terhadap Sains, Keterampilan Proses Sains, dan Kreativitas Mahasiswa Jurusan PGSD FIP UNESA di Mata Kuliah Konsep Dasar IPA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan. Banjarmasin 24 Maret 2018.
Cheng M.Y.V. 2011. Infusing creativity into Eastern classroom: Evaluations froms students perspectives. Elsevier : Journal of Thinking Skills and Creativity. 6 : 67-87.
Driver, R. 1994. Making sense of secondary science: Research into children’s ideas. London; New York: Routledge.
Hui, A. N. N., & Lau, S. 2010. Formulation of policy and strategy in developing creativity education in four Asian Chinese societies: A policy analysis. Journal of Creative Behavior, 44(4), 215-235.
Ivan, S. 2011. The new paradigm of higher education in the knowledge society. Journal Plus Education, 7(2), 46-59.
Setyawan, Imam. 2006. Pembelajaran Pendidikan Tinggi dan Pengembangan Kreativitas. Jurnal Psikologi Universitas Diponegoro. 3(2).
Chang,Yuan-Cheng & Hsiao, C.-C. 2016. Students’ Aesthetics Experience, Creative SelfEfficacy and Creativity: Is Creativity Instruction Effective? 65–104.
Kristanti, Y.D., Subiki., dan Handayani, R. D. 2016. Model Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Pembelajaran Fisika Disma. Jurnal Pembelajaran Fisika. 5(2) 122-128
Saefudin. A. A. (2012). Pengembangan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). AlBidāyah,4(1), 37-48.
Widiyatmoko, dan Pamelasari. 2012. Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Mengembangkan Alat Peraga IPA Dengan Memanfaatkan Bahan Habis Pakai. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. 1(1).51-56
Sari, R. T., danAngreni, S. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Upaya Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa. Jurnal Varia Pendidikan. 30(1). 79-83
Amirudin, A. dkk. 2015. Pengaruh Model Pembeajaran Berbasis Proyek Terhadap Kemampuan Menulis Karya Ilmiah Geografi Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Geografi. Vol. 20. No.1
Susanty, Sri. 2020. Inovasi Pembelajaran Daring Dalam Merdeka Belajar. Jurnal Ilmiah Hospitality. 9(2).
Saifudin, Akhmad. Penggunaan Manga umor Dalam Pembelajaran Bahasa dan Penelitian Bahasa Jepang. JAPANEDU : Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Bahasa Jepang. 2(2). 99-113