PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA MATERI SISTEN PENCERNAAN MAKANAN PADA MANUSIA
Keywords:
Hasil Belajar, Discovery Learning, Pembelajaran BiologiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan pembelajaran discovery learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi system pencernaan pada manusia. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Peusangan Kabupaten Bireuen. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Peusangan yang berjumlah 22 orang siswa, Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus 1 pada observasi pengajar, observasi siswa dan hasil belajar belum mencapai keberhasilan. Masing-masing persentase tingkat keberhasilan hanya mencapai 54%. Pada hasil belajar sedangkan aktivitas pengajar dan siswa mencapai 71,25% Sedangkan kegiatan siswa siklus I adalah 67,5%., sedangkan pada siklus II hasil belajar mencapai 86% dan hasil observasi pengajar dan siswa masing-masing mencapai adalah 96,25%. Sedangkan kegiatan siswa siklus adalah 86,25%, criteria tersebut sudah mencapai tingkat keberhasilan. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP negeri I Peusangan pada materi system pencernaan manusia.
Downloads
References
F. Putra, I. Y. Nur Kholifah, B. Subali, and A. Rusilowati, “5E-Learning Cycle Strategy: Increasing Conceptual Understanding and Learning Motivation,” J. Ilm. Pendidik. Fis. Al-Biruni, 2018, doi: 10.24042/jipfalbiruni.v7i2.2898.
N. Muhamad, “Pengaruh Metode Discovery Learning untuk Meningkatkan Representasi Matematis dan Percaya Diri Siswa,” J. Pendidik. Univ. Garut, 2016.
J. Susilaningrum, Dian Fajarwati; Santosa, Slamet; Ariyanto, “Comparative Study Between the Application of Learning Cycle 5E and Discovery Learning Models to the Science Process Skill and Cognitive Outcomes in Student Class X SMA Negeri 3 Boyolali,” Proceeding Biol. Educ. Conf., vol. 14, no. 1, pp. 331–339, 2017.
F. Kristin and D. Rahayu, “PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS 4 SD,” Sch. J. Pendidik. dan Kebud., 2016, doi: 10.24246/j.scholaria.2016.v6.i1.p84-92.
M. Musdalifa, R. Ramdani, and M. Danial, “Pengaruh Blended Learning Berbasis Jejaring Sosial Edmodo pada Model Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Peserta Didik (Studi pada Materi Pokok Larutan Penyangga),” Chem. J. Ilm. Kim. dan Pendidik. Kim., 2020, doi: 10.35580/chemica.v21i1.14839.
N. Ratnaningsih, “THE ANALYSIS OF MATHEMATICAL CREATIVE THINKING SKILLS AND SELF-EFFICACY OG HIGH STUDENTS BUILT THROUGH IMPLEMENTATION OF PROBLEM BASED LEARNING AND DISCOVERY LEARNING,” JPMI (Jurnal Pendidik. Mat. Indones., 2017, doi: 10.26737/jpmi.v2i2.219.
I. N. L. Ihdi Shabrona Putri, Rita Juliani, “Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa dan Aktivitas Siswa,” J. Pendidik. Fis., 2017.
D. K. Warnita, “Mengoptimalkan Penggunaan Model Inquiri Learning Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Pendidikan Agama Hindu Peserta Didik Kelas IV Semester Satu Tahun Pelajaran 2019/2020 Di SD Negeri 34 Cakranegara,” JISIP (Jurnal Ilmu Sos. dan Pendidikan), 2020, doi: 10.36312/jisip.v4i2.1067.
S. Sagala, Konsep dan Makna Pembelajaran: Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. 2012.
O. Hamalik, Psikologi Belajar dan Mengajar. 2002.
W. O. L. Arisanti, W. Sopandi, and A. Widodo, “ANALISIS PENGUASAAN KONSEP DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA SD MELALUI PROJECT BASED LEARNING,” EduHumaniora | J. Pendidik. Dasar Kampus Cibiru, 2017, doi: 10.17509/eh.v8i1.5125.
Fatimah, “PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 NISAM PADA KONSEP FLUIDA STATIS,” J. Pendidik. Almuslim, vol. Nomor 3, no. Mei 2017, pp. 38–45, 2017.
Dimyanti & Mudjiono, Belajar&Pembelajaran. 2013.
N. Safarati and R. Rahma, “Analysis of Students’ Understanding of Concepts on Momentum and Impulse Material Using Research-Based Learning (RBL) Models,” Indones. Rev. Phys., 2020, doi: 10.12928/irip.v3i1.1944.
R. Rahma and F. Fatimah, “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION (CAI) PADA MATERI HUKUM NEWTON,” JEMAS J. Edukasi Mat. dan Sains , vol. 1, no. 1, pp. 14–18, 2020, [Online]. Available: http://www.journal.umuslim.ac.id/index.php/jemas/article/view/46.
“PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA,” J. Pena Ilm., 2016, doi: 10.17509/jpi.v1i1.3043.