PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING BERBASIS MEDIA POWER POINT UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK KELAS IX SMP NEGERI 2 JEUNIEB PADA POKOK BAHASAN LISTRIK STATIS
Keywords:
Listrik Statis, Keterampilan Proses Sains, Media Power point, Quantum TeachingAbstract
Observasi awal di SMP Negeri 2 Jeunieb ditemukan masih banyak peserta didik yang mengalami kesulitan dalam memahami materi fisika. Selain itu, keterampilan-keterampilan peserta didik dalam bidang fisika seperti keterampilan proses sains peserta didik juga tidak berkembang dan meningkat. Oleh karena itu, perlu dilakukan perbaikan dengan menerapkan model pembelajaran Quantum Teaching berbasis media power point dalam meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian tindakan kelas. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 2 Jeunieb. Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IX SMP Negeri 2 Jeunieb. Data yang telah dikumpulkan selanjutnya dianalisis dengan menggunakan statistik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik, aktivitas guru dan peserta didik, serta respon peserta didik kelas IX SMP Negeri 2 Jeunieb pada pokok bahasan listrik statis.
Downloads
References
G. Rumapea, E. Syahputra, and E. Surya, “Application of Quantum Teaching Learning Model to Improve Student Learning Outcomes,” Int. J. Nov. Res. Educ. Learn., 2017.
B. Yosefa and E. Nurjanah, “PENGARUH METODE PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING DENGAN MENGGUNAKANMIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS PADA SISWA SMP KELAS VIII,” J. Pengajaran Mat. dan Ilmu Pengetah. Alam, 2014, doi: 10.18269/jpmipa.v18i2.2.
R. Rachmawati, “The Implementaton Quantum Teaching Method of Graduate Through Up-Grade Hard Skill and Soft Skill: (Case study on Management Accounting Class),” Procedia - Soc. Behav. Sci., 2012.
N. Elpira and A. Ghufron, “PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA POWERPOINT TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD,” J. Inov. Teknol. Pendidik., 2015, doi: 10.21831/tp.v2i1.5207.
S. S.-N. Bobbi DePorter, Mark Reardon, Quantum Teaching: Mempraktikkan Quantum Learning Di Ruang-Ruang Kelas, Cetakan II. Boston: Kaifa, 2010.
D. A. Sulistyaningrum, “Pengembangan Quantum Teaching Berbasis Video Pembelajaran Camtasia Pada Materi Permukaan Bumi Dan Cuaca,” Profesi Pendidik. Dasar, 2017.
M. Muthoharoh, “Media PowerPoint dalam Pembelajaran,” vol. 2, no. April, pp. 21–32, 2019.
I. A. Amalia, “Power Point Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Masa Kini,” J. Edueksos, 2014.
Nurhidayati, “Media Power Point dan Pemanfaatannya dalam Proses Pembelajaran Bahasa Arab,” Pros. Konf. Nas. Bhs. Arab V, 2019.
D. Misbahudin, C. Rochman, D. Nasrudin, and I. Solihati, “PENGGUNAAN POWER POINT SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN: EFEKTIFKAH?,” WaPFi (Wahana Pendidik. Fis., 2018, doi: 10.17509/wapfi.v3i1.10939.
A. Elvanisi, S. Hidayat, and E. N. Fadillah, “Analisis keterampilan proses sains siswa sekolah menengah atas Skills analysis of science process of high school students,” J. Inov. Pendidik. IPA, 2018.
Darmaji, D. A. Kurniawan, Astalini, and Heldalia, “Analisis keterampilan proses sains siswa pada materi cermin datar,” J. Prndidikan, 2020.
M. Y. Lestari and N. Diana, “Keterampilan proses sains (KPS) pada pelaksanaan praktikum Fisika Dasar I,” Indones. J. Sci. Math. Educ., 2018.
J. B. Kelana, A. Muftianti, and A. Samsudin, “Pemanfaatan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Motivasi Belajar,” J. Ilm. P2M STKIP Siliwangi P2M STKIP Siliwangi, 2020.
M. Susiwi and A. Hinduan, “ANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMA PADA ‘MODEL PEMBELAJARAN PRAKTIKUM D-E-H,’” J. Pengajaran Mat. dan Ilmu Pengetah. Alam, 2015, doi: 10.18269/jpmipa.v14i2.320.