MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA MADRASAH ALIYAH MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARGUMENT DRIVEN INQUIRY (ADI)
Keywords:
Gerak Lurus, Kreativitas, ArgumentasiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kreativitas siswa melalui model pembelajaran ADI dengan menerapkan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus yang dilaksanakan pada kelas X Madrasyah Aliyah berjumlah 23 orang. Teknik analisis data dilakukan dengan statistic deskriptif, dari data yang diperoleh baik tes kreativitas siswa dan lembar observasi kegiatan siswa pada materi gerak lurus. Hasil rata-rata kreativitas siswa diperoleh adanya peningkatan 80,93 dan 85,30 pada siklus I dan II. Perolehan presentasi kreativitas siswa secara klasikal pada siklus I dan II yaitu 73, 09 dan 91, 30. Demikian hasil observasi kreativitas siswa adanya peningkatan yang signifikan pada tiap indicator kreativitas, yakni kelancaran, keluwesan, keaslian dan keelaborasian. Hasil penelitian tersebut dapat dikatakan bahwa ADI dapat meningkatkan kreativitas siswa Madrasyah Aliyah.
Downloads
References
H. Nufus, U. Rosidin, K. Herlina, and N. Hasnunidah, “PENGARUH PENERAPAN MODEL ARGUMENT-DRIVEN INQUIRY TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR Pendidikan Fisika , Universitas Lampung Pendidikan Biologi , Universitas Lampung email : hayatun.nufus2030@gmail.com INFLUENCE OF IMPLEMENTATION ARGUMENT-DRIVEN INQUIRY MODEL,” J. Pendidik. Fis., vol. 7, no. 2, pp. 110–117, 2018.
Y. Yulianti and D. Saputra Suhandi, “Instrumen Penilaian Berpikir Kreatif Pada Pendidikan Abad 21,” J. Cakrawala Pendas, vol. 5, no. 2, pp. 40–44, 2019.
Y. O. Jagom, “Kreativitas Siswa SMP dalam Menyelesaikan Masalah Geometri Berdasarkan Gaya Belajar Visual-Spatial dan Auditory-Sequential,” Math Didact. J. Pendidik. Mat., vol. 1, no. 3, pp. 176–190, 2015, doi: 10.33654/math.v1i3.18.
Y. Oktavia, “Usaha Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kreativitas Guru dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar,” J. Adm. Pendidik., vol. 2, no. 1, pp. 808–831, 2014.
N. Siregar and R. A. Pakpahan, “Kemampuan Argumentasi Ipa Siswa Melalui Pembelajaran Argumentasi Driven Inquiry (Adi),” LENSA (Lentera Sains) J. Pendidik. IPA, vol. 10, no. 2, pp. 94–103, 2020, doi: 10.24929/lensa.v10i2.113.
V. Sampson, J. Grooms, and J. P. Walker, “Argument-Driven Inquiry as a way to help students learn how to participate in scientific argumentation and craft written arguments: An exploratory study,” Sci. Educ., vol. 95, no. 2, pp. 217–257, 2011, doi: 10.1002/sce.20421.
W. S. Ginanjar, S. Utari, and D. Muslim, “Penerapan Model Argument-Driven Inquiry Dalam Pembelajaran Ipa Untuk Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Ilmiah Siswa Smp,” J. Pengajaran Mat. dan Ilmu Pengetah. Alam, vol. 20, no. 1, p. 32, 2015, doi: 10.18269/jpmipa.v20i1.559.
L. Farida, U. Rosidin, K. Herlina, and N. Hasnunidah, “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Argument- Driven Inquiry ( ADI ) Terhadap Keterampilan Argumentasi Siswa Smp Berdasarkan Perbedaan Jenis Kelamin,” J. Phys. Sci. Learn., vol. 02, no. 2, pp. 15–26, 2018.
T. Demircioğlu and S. Uçar, “The Effect of Argument-Driven Inquiry on Pre-Service Science Teachers’ Attitudes and Argumentation Skills,” Procedia - Soc. Behav. Sci., vol. 46, pp. 5035–5039, 2012, doi: 10.1016/j.sbspro.2012.06.382.
A. Nurrahman, N. Kadaritna, and L. Tania, “Efektivitas Model Pembelajaran ADI dalam Meningkatkan Keterampilan Argumentasi Siswa Berdasarkan Kemampuan Akademik,” J. Pendidik. dan Pembelajaran Kim., vol. 7, no. 2, pp. 1–14, 2018.
N. Siregar, “Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Ipa Siswa Dan Pengelolaan Pembelajaran Guru Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Berbasis Masalah,” EKSAKTA J. Penelit. dan Pembelajaran MIPA, vol. 4, no. 1, pp. 60–65, 2019, doi: 10.31604/eksakta.v4i1.60-65.