Penggunaan Model PBL Berbantuan Media Animasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII UPTD SMP Negeri 1 Syamtalira Aron Pada Materi Hukum Newton

Authors

  • Marliah Marliah UPTD SMP Negeri 1 Syamtalira Aron

Keywords:

Problem Based Learning, Media Animasi, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar, aktivitas guru dan peserta didik serta respon peserta didik melalui penggunaan model PBL berbantuan media animasi pada materi hukum Newton. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus yang dilaksanakan pada peserta didik kelas VIII UPTD SMP Negeri 1 Syamtalira Aron yang berjumlah 28 peserta didik. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes, lembar observasi dan angket respon yang dan diolah menggunakan statistik persentase. Hasil analisis data menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar, aktivitas guru dan aktivitas peserta didik. Peningkatan hasil belajar peserta didik ditunjukkan dengan meningkatnya jumlah peserta didik yang tuntas dalam belajar yaitu dari 61% pada siklus I menjadi 86% pada siklus II. Sedangkan peningkatan aktivitas guru dan peserta didik ditunjukkan dengan meningkatnya persentase aktivitas guru dan peserta didik pada setiap siklus yaitu 8% pada siklus I dan 9% pada siklus II untuk aktivitas guru, sedangkan untuk aktivitas peserta didik, 14% pada siklus I dan 5% pada siklus II. Selain itu, respon peserta didik melalui penggunaan model PBL berbantuan media animasi pada materi hukum Newton di kelas VIII UPTD SMP Negeri 1 Syamtalira Aron menunjukkan hasil yang sangat baik yang ditunjukkan dengan tingginya persentase respon peserta didik saat kegiatan pembelajaran berlangsung.

Downloads

Download data is not yet available.

References

R. F. Mustofa and Y. R. Hidayah, “The effect of problem-based learning on lateral thinking skills,” Int. J. Instr., 2020, doi: 10.29333/iji.2020.13130a.

A. Husna, Rahmawati, and M. R. Muamar, “Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning (Pbl) Dipadu Media Animasi Terhadap Aktivitas Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Virus Di SMA Negeri 2 Peusangan,” JESBIO, vol. 10, no. 1, 2021.

S. Hafizah, “Penggunaan Dan Pengembangan Video Dalam Pembelajaran Fisika,” J. Pendidik. Fis., 2020, doi: 10.24127/jpf.v8i2.2656.

A. Nurkhin, Kardoyo, H. Pramusinto, R. Setiyani, and R. Widhiastuti, “Applying blended problem-based learning to accounting studies in higher education; Optimizing the utilization of social media for learning,” Int. J. Emerg. Technol. Learn., 2020, doi: 10.3991/IJET.V15I08.12201.

I. L. P. Rahmawati, “Improvement of Student Learning Outcomes Through The Implementation Of The Problem Based Learning Model For Class IV Elementary School,” Soc. Humanit. Educ. Stud. Conf. Ser., 2020, doi: 10.20961/shes.v3i3.46070.

A. K. Amin, N. S. Degeng, P. Setyosari, and E. T. Djatmika, “The Effectiveness of Mobile Blended Problem Based Learning on Mathematical Problem Solving,” Int. J. Interact. Mob. Technol., 2021, doi: 10.3991/IJIM.V15I01.17437.

T. Mayasari, A. Kadarohman, D. Rusdiana, and I. Kaniawati, “Apakah Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Project Based Learning Mampu Melatihkan Keterampilan Abad 21?,” J. Pendidik. Fis. dan Keilmuan, vol. 2, no. 1, 2016, doi: 10.25273/jpfk.v2i1.24.

T. I. B. Al-Tabany, “Mendesain model pembelajaran inovatif, progresif, dan kontekstual,” in Prenadamedia Group, 2014.

M. Nuswowati, E. Susilaningsih, Ramlawati, and S. Kadarwati, “Implementation of problem-based learning with green chemistry vision to improve creative thinking skill and students’ creative actions,” J. Pendidik. IPA Indones., 2017, doi: 10.15294/jpii.v6i2.9467.

D. R. Putra and M. A. Nugroho, “Pengembangan Game Edukatif Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Akuntansi Pada Materi Jurnal Penyesuaian Perusahan Jasa,” J. Pendidik. Akunt. Indones., 2016, doi: 10.21831/jpai.v14i1.11364.

D. Hamka and N. Effendi, “Pengembangan Media Pembelajaran Blended Learning Berbasis Edmodo Pada Mata Kuliah Fisika Dasar di Program Studi Pendidikan IPA,” J. Nat. Sci. Integr., 2019, doi: 10.24014/jnsi.v2i1.7111.

F. Fatimah, “Pengaruh Media Animasi Sparkol Videoscribe Dalam Pembelajaran Daring Terhadap Penguasaan Konsep Mahasiswa,” Phydagogic J. Fis. dan Pembelajarannya, vol. 3, no. 2, 2021, doi: 10.31605/phy.v3i2.1136.

A. Asyhari and H. Silvia, “Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Buletin dalam Bentuk Buku Saku untuk Pembelajran IPA Terpadu,” J. Ilm. Pendidik. Fis. Al-Biruni, 2016, doi: 10.24042/jpifalbiruni.v5i1.100.

R. Rahma and F. Fatimah, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Computer Assisted Instruction (CAI) Pada Materi Hukum Newton,” JEMAS J. Edukasi Mat. dan Sains , vol. 1, no. 1, pp. 14–18, 2020, [Online]. Available: http://www.journal.umuslim.ac.id/index.php/jemas/article/view/46

R. Rahma and I. Isralidin, “Implementasi Pendekatan STEAM Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD Negeri 1 Bireuen,” JEMAS J. Edukasi Mat. dan Sains , vol. 3, no. 1, pp. 33–37, 2022, [Online]. Available: http://www.journal.umuslim.ac.id/index.php/jemas/article/view/1290

R. A. Mashami and G. Gunawan, “The Influence of Sub-Microscopic Media Animation on Students’ Critical Thinking Skills Based on Gender,” 2018. doi: 10.1088/1742-6596/1108/1/012106.

C. J. Daly, J. M. Bulloch, M. Ma, and D. Aidulis, “A comparison of animated versus static images in an instructional multimedia presentation,” Adv. Physiol. Educ., 2016, doi: 10.1152/advan.00053.2015.

Rahmatina, A. K. Kenedi, R. Eliyasni, and R. Fransyaigu, “Jigsaw using animation media for elementary school,” 2019. doi: 10.1088/1742-6596/1424/1/012027.

R. Rahma and N. Nurhayati, “Pengembangan Media Interaktif Berbasis Game Edukasi Pada Pembelajaran Matematika,” J. Edukasi Mat. dan Sains, vol. 2, no. 1, 2021, Accessed: Sep. 29, 2021. [Online]. Available: http://www.journal.umuslim.ac.id/index.php/jemas/article/view/425

Khailiani, M. Taufik, and Fatimah, “Pengaruh Keigiatan Belajar Dari Rumah (Study From Home) Berbasis E-Learning Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa MAN 3 Bireuen Pada Mata Pelajaran Fisika,” J. Edukasi Mat. Dan Sains, vol. 1, no. 2, 2020.

Fatimah, “Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Nisam Pada Konsep Fluida Statis,” J. Pendidik. Almuslim, vol. Nomor 3, no. Mei 2017, pp. 38–45, 2017.

O. Hamalik, Psikologi Belajar dan Mengajar. 2002.

B. Akçay, “Problem-based learning in science education,” J. Turkish Sci. Educ., 2009.

R. F. Mustofa and Y. R. Hidayah, “The effect of problem-based learning on lateral thinking skills,” Int. J. Instr., 2020, doi: 10.29333/iji.2020.13130a.

A. Husna, Rahmawati, and M. R. Muamar, “Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Dipadu Media Animasi Terhadap Aktivitas Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Virus Di SMA Negeri 2 Peusangan,” JESBIO, vol. 10, no. 1, 2021.

S. Hafizah, “Penggunaan Dan Pengembangan Video Dalam Pembelajaran Fisika,” J. Pendidik. Fis., 2020, doi: 10.24127/jpf.v8i2.2656.

A. Nurkhin, Kardoyo, H. Pramusinto, R. Setiyani, and R. Widhiastuti, “Applying blended problem-based learning to accounting studies in higher education; Optimizing the utilization of social media for learning,” Int. J. Emerg. Technol. Learn., 2020, doi: 10.3991/IJET.V15I08.12201.

I. L. P. Rahmawati, “Improvement of Student Learning Outcomes Through The Implementation Of The Problem Based Learning Model For Class IV Elementary School,” Soc. Humanit. Educ. Stud. Conf. Ser., 2020, doi: 10.20961/shes.v3i3.46070.

A. K. Amin, N. S. Degeng, P. Setyosari, and E. T. Djatmika, “The Effectiveness of Mobile Blended Problem Based Learning on Mathematical Problem Solving,” Int. J. Interact. Mob. Technol., 2021, doi: 10.3991/IJIM.V15I01.17437.

T. Mayasari, A. Kadarohman, D. Rusdiana, and I. Kaniawati, “Apakah Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Project Based Learning Mampu Melatihkan Keterampilan Abad 21?,” J. Pendidik. Fis. dan Keilmuan, vol. 2, no. 1, 2016, doi: 10.25273/jpfk.v2i1.24.

T. I. B. Al-Tabany, “Mendesain model pembelajaran inovatif, progresif, dan kontekstual,” in Prenadamedia Group, 2014.

M. Nuswowati, E. Susilaningsih, Ramlawati, and S. Kadarwati, “Implementation of problem-based learning with green chemistry vision to improve creative thinking skill and students’ creative actions,” J. Pendidik. IPA Indones., 2017, doi: 10.15294/jpii.v6i2.9467.

D. R. Putra and M. A. Nugroho, “Pengembangan Game Edukatif Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Akuntansi Pada Materi Jurnal Penyesuaian Perusahan Jasa,” J. Pendidik. Akunt. Indones., 2016, doi: 10.21831/jpai.v14i1.11364.

D. Hamka and N. Effendi, “Pengembangan Media Pembelajaran Blended Learning Berbasis Edmodo Pada Mata Kuliah Fisika Dasar di Program Studi Pendidikan IPA,” J. Nat. Sci. Integr., 2019, doi: 10.24014/jnsi.v2i1.7111.

F. Fatimah, “Pengaruh Media Animasi Sparkol Videoscribe Dalam Pembelajaran Daring Terhadap Penguasaan Konsep Mahasiswa,” Phydagogic J. Fis. dan Pembelajarannya, vol. 3, no. 2, 2021, doi: 10.31605/phy.v3i2.1136.

A. Asyhari and H. Silvia, “Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Buletin dalam Bentuk Buku Saku untuk Pembelajran IPA Terpadu,” J. Ilm. Pendidik. Fis. Al-Biruni, 2016, doi: 10.24042/jpifalbiruni.v5i1.100.

R. Rahma and F. Fatimah, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Computer Assisted Instruction (CAI) Pada Materi Hukum Newton,” JEMAS J. Edukasi Mat. dan Sains , vol. 1, no. 1, pp. 14–18, 2020, [Online]. Available: http://www.journal.umuslim.ac.id/index.php/jemas/article/view/46

R. Rahma and I. Isralidin, “Implementasi Pendekatan STEAM Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD Negeri 1 Bireuen,” JEMAS J. Edukasi Mat. dan Sains , vol. 3, no. 1, pp. 33–37, 2022, [Online]. Available: http://www.journal.umuslim.ac.id/index.php/jemas/article/view/1290

R. A. Mashami and G. Gunawan, “The Influence of Sub-Microscopic Media Animation on Students’ Critical Thinking Skills Based on Gender,” 2018. doi: 10.1088/1742-6596/1108/1/012106.

C. J. Daly, J. M. Bulloch, M. Ma, and D. Aidulis, “A comparison of animated versus static images in an instructional multimedia presentation,” Adv. Physiol. Educ., 2016, doi: 10.1152/advan.00053.2015.

Rahmatina, A. K. Kenedi, R. Eliyasni, and R. Fransyaigu, “Jigsaw using animation media for elementary school,” 2019. doi: 10.1088/1742-6596/1424/1/012027.

R. Rahma and N. Nurhayati, “Pengembangan Media Interaktif Berbasis Game Edukasi Pada Pembelajaran Matematika,” J. Edukasi Mat. dan Sains, vol. 2, no. 1, 2021, Accessed: Sep. 29, 2021. [Online]. Available: http://www.journal.umuslim.ac.id/index.php/jemas/article/view/425

Khailiani, M. Taufik, and Fatimah, “Pengaruh Keigiatan Belajar Dari Rumah (Study From Home) Berbasis E-Learning Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa MAN 3 Bireuen Pada Mata Pelajaran Fisika,” J. Edukasi Mat. Dan Sains, vol. 1, no. 2, 2020.

Fatimah, “Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Nisam Pada Konsep Fluida Statis,” J. Pendidik. Almuslim, vol. Nomor 3, no. Mei 2017, pp. 38–45, 2017.

O. Hamalik, Psikologi Belajar dan Mengajar. 2002.

B. Akçay, “Problem-based learning in science education,” J. Turkish Sci. Educ., 2009.

Downloads

Published

2023-09-30

How to Cite

Marliah, M. (2023). Penggunaan Model PBL Berbantuan Media Animasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII UPTD SMP Negeri 1 Syamtalira Aron Pada Materi Hukum Newton . JEMAS : Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 4(2), 63–70. Retrieved from http://journal.umuslim.ac.id/index.php/jemas/article/view/2291