Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Canva Dalam Meningkatkan Kemampuan Berfikir Ilmiah

Authors

  • Novi Sari Liani Universitas Almuslim
  • Muhammad Iqbal Min 3 Kota Lhokseumawe
  • Desy Sary Ayunda Universitas Malikussaleh
  • Rahmatilauly Rahmatilauly Min 11 Kota Banda Aceh

Keywords:

Viedo Animasi, Canva, Kemampuan Berfikir Ilmiah, Media pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran video animasi berbasis Canva untuk meningkatkan kemampuan berfikir ilmiah. Jenis penelitian yang digunakan dalam peneltian ini adalah jenis penelitian kuantitatif dengan metode penelitian Research and Development (R&D). Dengan model pengembangan ADDIE yang digunakan analisa, perancangan, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Hasil penelitian ahli media jelas terlihat bahwa pada aspek media, mutu teknis video animasi dan ukuran media disimpulkan sangat baik. Analisis ahli bahasa jelas terlihat bahwa pada kelugasan bahasa, kesesuaian dengan perkembangan mahasiswa,  ukuran Kesesuaian dengan kaidah bahasa disimpulkan sangat baik. Hasil analisis ahli materi jelas terlihat bahwa pada cakupan materi, akurasi materi, kemutakiran dan merangsang keinginan, penyajian media disimpulkan sangat baik. Analisis kelayakan jelas terlihat bahwa pada pada aspek cakupan kaidah bahasa, penyajian materi, dan cakupan kesesuaian kemampuan berfikir ilmiah mahasiswa calon guru SD dengan kategori tinggi. Hal ini disebabkan video  animasi berbasis Canva  membantu pendidik dalam memberikan materi, dapat membangun daya imajinasi mahasiswa, memotivasi mahasiswa untuk lebih semangat belajar, dan memudahkan mahasiswa mengingat materi karena disampaikan dengan animasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

C. Zimmerman, “The development of scientific thinking skills in elementary and middle school,” Dev. Rev., vol. 27, no. 2, pp. 172–223, Jun. 2007, doi: doi: DOI: 10.1016/j.dr.2006.12.001.

A. Arsyad, “Media pembelajaran.” Jakarta: PT Raja grafindo persada, 2011.

R. Rahma and F. Fatimah, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Computer Assisted Instruction (CAI) Pada Materi Hukum Newton,” JEMAS J. Edukasi Mat. dan Sains , vol. 1, no. 1, pp. 14–18, 2020, [Online]. Available: http://www.journal.umuslim.ac.id/index.php/jemas/article/view/46

R. Jennah, “Media pembelajaran.” Antasari Press, 2009.

N. Safarati and R. Rahma, “The Effectiveness of Online Learning Using Quizizz Education Game Media During the Covid-19 Pandemic in Applied Physics Courses,” Indones. Rev. Phys., vol. 3, no. 2, 2020, doi: 10.12928/irip.v3i2.3049.

H. N. Alifah, U. Virgianti, M. I. Z. Sarin, D. A. Hasan, F. Fakhriyah, and E. A. Ismaya, “Systematic Literature Review: Pengaruh Media Pembelajaran Digital pada Pembelajaran Tematik Terhadap Hasil Belajar Siswa SD,” J. Ilm. Dan Karya Mhs., vol. 1, no. 3, pp. 103–115, 2023.

S. N. Sumoked, F. I. Sangkop, and P. V. Togas, “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Online Terhadap Hasil Belajar Simulasi Dan Komunikasi Digital Siswa Smk,” Edutik J. Pendidik. Teknol. Inf. dan Komun., vol. 1, no. 4, pp. 332–334, 2021.

A. Nursyam, “Peningkatan minat belajar siswa melalui media pembelajaran berbasis teknologi informasi,” Ekspose J. Penelit. Huk. dan Pendidik., vol. 18, no. 1, pp. 811–819, 2019.

R. E. Tanjung and D. Faiza, “Canva sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran dasar listrik dan elektronika,” Voteteknika (Vocational Tek. Elektron. Dan Inform., vol. 7, no. 2, pp. 79–85, 2019.

L. S. Sari and S. Fatonah, “Pengaruh media pembelajaran berbasis aplikasi Canva terhadap motivasi dan hasil belajar IPA siswa kelas IV,” J. Pendidik. Tambusai, vol. 6, no. 1, pp. 1699–1703, 2022.

C. Zimmerman, “The development of scienti W c thinking skills in elementary and middle school ଝ,” vol. 27, pp. 172–223, 2007, doi: 10.1016/j.dr.2006.12.001.

R. Rahma and I. Isralidin, “Implementasi Pendekatan STEAM Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD Negeri 1 Bireuen,” JEMAS J. Edukasi Mat. dan Sains , vol. 3, no. 1, pp. 33–37, 2022, [Online]. Available: http://www.journal.umuslim.ac.id/index.php/jemas/article/view/1290

N. Safarati, R. Rahma, F. Fatimah, and S. Sharfina, “Pelatihan Inovasi Pembelajaran Mengahadapi Masa Pandemic Covid-19,” Communnity Dev. J., vol. 1, no. 3, pp. 240–245, 2020, doi: https://doi.org/10.31004/cdj.v1i3.937.

R. Wahyuni, “Pengembangan Media Pembelajaran Aplikasi Canva Pada Pembelajaran Tematik Tema Kayanya Negeriku Kelas IV SD,” EduGlobal J. Penelit. Pendidik., vol. 1, no. 4, pp. 333–349, 2022.

R. Rahma and N. Nurhayati, “Pengembangan Media Interaktif Berbasis Game Edukasi Pada Pembelajaran Matematika,” J. Edukasi Mat. dan Sains, vol. 2, no. 1, 2021, Accessed: Sep. 29, 2021. [Online]. Available: http://www.journal.umuslim.ac.id/index.php/jemas/article/view/425

J. Julia and D. K. Kawan, Pengembangan Media Pembelajaran Musik Berbasis Digital untuk Sekolah Dasar. CV. Caraka Khatulistiwa, 2021.

A. Hamzah, Metode penelitian & pengembangan (research & development) uji produk kuantitatif dan kualitatif proses dan hasil dilengkapi contoh proposal pengembangan desain uji kualitatif dan kuantitatif. CV Literasi Nusantara Abadi, 2021.

A. Yudianto, “Penerapan video sebagai media pembelajaran,” 2017.

S. Hutriannur, “Penerapan Video Sebagai Media Pembelajaran Teks Laporan Hasil Observasi Kelas X SMA,” Sitasi Ilm., vol. 1, no. 2, pp. 53–65, 2023.

M. Cholik and S. T. Umaroh, “Pemanfaatan Video Animasi Sebagai Media Pembelajaran Di Era Digital,” JIPI (Jurnal Ilm. Penelit. dan Pembelajaran Inform., vol. 8, no. 2, pp. 704–709, 2023.

A. S. Hidayati, E. P. Adi, and H. Praherdhiono, “Pengembangan media video pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman materi gaya kelas IV di SDN Sukoiber 1 Jombang,” JINOTEP (Jurnal Inov. Dan Teknol. Pembelajaran) Kaji. Dan Ris. Dalam Teknol. Pembelajaran, vol. 6, no. 1, pp. 45–50, 2019.

G. P. P. Hapsari and Z. Zulherman, “Pengembangan media video animasi berbasis aplikasi canva untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa,” J. Basicedu, vol. 5, no. 4, pp. 2384–2394, 2021.

N. I. Anugrah, “Meningkatkan Minat Belajar Melalui Media Video Animasi Canva Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS 6,” Kompetensi, vol. 15, no. 1, pp. 49–58, 2022.

A. G. Nafsi, “Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Canva Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sd/Mi Pada Pelajaran Ipa Materi Sistem Pencernaan Manusia.” UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten, 2023.

M. A. Putri and H. Jusra, “Pengembangan Media Audio Visual Dengan Animasi Berbasis Canva Pada Peserta Didik Kelas VI SD,” J. Pendidik. Dasar, vol. 13, no. 01, pp. 164–174, 2022.

R. Restuningsiah, I. D. Hastuti, Y. Maryati, H. Haifaturrahmah, and S. Muhdar, “Pengembangan Video Animasi Pembelajaran Matematika Materi FPB untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa,” in Seminar Nasional Paedagoria, 2023, vol. 3, pp. 358–366.

Downloads

Published

2023-09-30

How to Cite

Novi Sari Liani, Iqbal, M., Ayunda, D. S., & Rahmatilauly, R. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Canva Dalam Meningkatkan Kemampuan Berfikir Ilmiah. JEMAS : Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 4(2), 77 –. Retrieved from http://journal.umuslim.ac.id/index.php/jemas/article/view/2279