Pemanfaatan Media Simulasi PhET Dalam Pembalajaran Sains
Keywords:
Media, Simulasi PhET, Pembelajaran SainsAbstract
Tujuan penelitian ini untuk mengkaji pemanfaat media PhET dalam pembelajaran sains. Metode yang digunakan adalah kajian literatur. Tahapan penelitian meliputi memilih artikel, persamaan fokus penelitian, dan pengkajian artikel. Artikel yang dikaji merupakan artikel dari jurnal nasional yang dilakukan selama lima tahun terakhir. Melalui kajian literatur yang diperoleh bahwa terdapat banyak pemanfaatan media tersebut dalam proses pembelajaran. Pemanfaatan media simulasi PhET sangat berguna bagi guru dan peserta didik dalam mempelajari konsep sains yang bersifat abstrak. Media simulasi PhET dimanfaatkan sebagai penunjang pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19 dan sampai sekarang media simulasi PhET masih dimanfaatkan oleh guru dalam proses pembelajaran.
Downloads
References
Y. M. Jamun. Dampak Teknologi Terhadap Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio, vol. 10(1), 2018, pp. 48-52.
F. Mulyani dan N. Haliza. Analisis Perkembangan Ilmu Pengatuan dan Teknologi (IPTEK) Dalam Pendidikan, Jurnal Pendidikan dan Konseling, vol. 3(1), 2021, pp. 101-109.
F, Verdian, M. A. Jadid, dan M. N. Rahmani. Studi Penggunaan Media Simulasi PhET Dalam Pembelajaran Fisika, Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika, vol. 1(2), 2021, pp. 39-44.
I. K. Surata, I. M. Sudiana, dan I. G. Sudirgayasa. Meta-analisis Media Pembelajaran Biologi, Journal of Education Technology, vol. 4(1), 2020, pp.22-27.
P. Razi. Pengembangan Virtual Laboratory Berbasis ICT Untuk Pencapaian Kompetensi Kerja Ilmiah Siswa Dalam Pembelajaran Fisika SMAN Kota Padang, Eksakra: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran MIPA, vol. 1(13), 2012, pp. 61-69.
I. Khoiriyah, U. Rosidin, dan W. Sunan. Perbandingan Hasil Belajar Menggunakan PhET silumation dan KIT Optika Melalui Inkuiri Terbimbing, Jurnal Pembelajaran Fisika, vol 3(5), 2015, pp. 97-107.
D. R. Rizaldi, A. W. Jufri, dan Jamaluddin. PhET: Simulasi Interaktif Dalam Proses Pembelajaran Fisika, Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, vol. 5(1), 2020, pp. 10-14.
B. U. Frans dan Wasis. Penerapan LKS Berbasis PhET untuk Mereduksi Miskonsepsi Siswa Pada Materi Arus Listrik Bolak Balik, Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, vol. 11(2), 2022, pp. 31-40.
S. I. Masita, P. B. Donuata, A. A. Ete, dan M. E. Rusdin. Penggunaan PhET Simulation Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Peserta Didik, Junral Penelitian Pendidikan Fisika, vol. 5(2), 2020, pp. 136-141.
Suhardiman, N. Asni, A. I. P. Abrar, dan U. Hasanah. Meta Analisis Pengaruh Media Simulasi E-Learning PhET Terhadap Hasil Belajar Dalam Pembelajaran Fisika, Jurnal Pendidikan MIPA, vol. 12(3), 2022, pp. 779-791.
K, Novita, Muharram, dan Nuraeni. Aplikasi PhET Simulation Online Sebagai Alternatif Kegiatan Praktikum Dalam Pembelajaran IPA Kelas IX Di SMP Kristen Terang Bangsa Semarang Selama Masa Pandemi, Global Journal Pendidikan IPA, vol. 1(4), 2022, pp. 351-357.
H. Mas’ud dan M. Maemunah. Pemanfaatan Produk Google Serta Situs PhET (Physics Education Technology) Sebagai Media Pembelajaran Fisika, Jurnal Pendidikan Islam, vol. 20(2), 2022, pp. 170-178.
S. Fatimah dan K. C. Suryandari. Pembelajaran Fisika Melalui Virtual Laboratory Berbasis PhET Simulation Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Mahasiswa, Kappa Journal, vol. 6(1), 2022, pp. 82-89.
Subiki, A. N. Hamidy, E. T. Istighfarini, F. Y. H. Suharsono., dan S. F. D. Putri. Pengaruh Media Pembelajaran PhET Simulations Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Negeri Plus Sukowono Materi Usaha Dan Energi Tahun Ajaran 2021/2022, Jurnal Hasil Kajian, Inovasi, dan Aplikasi Pendidikan Fisika, vol. 8(2), 2022, pp. 200-204.
A. K. Muna, E. Tandililing, dan E. Oktavianty. Penerapan Model Pembelajaran Menggunakan PhET Simulation Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Hukum Newton, Jurnal Inovasi Penelitian dan Pembelajaran Fisika, vol. 4(1), 2023, pp. 15-23.
Q. Aina dan E. Hariyono. Penerapan PhET Simulations Pada Pembelajaran Fisika Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik SMA Kelas X, Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pembelajaran, vol. 1(2), 2023, pp. 56-65.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Lissa Zikriana, Marnita Marnita
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.