Desain Modul Ajar Berdiferensiasi Menggunakan Model PBL dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik SMP Negeri 3 Peusangan
Keywords:
Modul Ajar, Pembelajaran Berdiferensiasi, Problem Based Learning (PBL), Hasil BelajarAbstract
Dalam mendukung implementasi kurikum merdeka terutama dalam hal pelaksanaan proses pembelajaran yang berdampak pada peserta didik di bidang sains, maka perlu dilaksanakan proses pembelajaran berdiferensiasi dengan memperhatikan kebutuhan dan minat peserta didik. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas desain modul ajar berdiferensiasi menggunakan model PBL dalam mendukung implementasi kurikulum merdeka. Desain dan tahapan penelitian ini menggunakan model ADDIE yang terdiri atas 5 tahap, yaitu Analyze, Design, Develop, Implement, dan Evaluate. Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Peusangan. Sedangkan yang menjadi objek adalah penggunaan modul ajar berbasis model PBL untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi suhu, kalor dan pemuaian. Setelah data hasil tes terkumpul, selanjutnya data dianalisis menggunakan uji t dengan kriteria pengujiannya adalah “Terima H1 jika thitung ≥ ttabel dan tolak H1 jika t mempunyai harga lain. Dari hasil analisis data diperoleh nilai thitung = 8,99 > ttabel = t(1-α) = 2,07 yang diperhatikan berdasarkan derajat kebebasan (db) = 22 dan taraf signifikan 5% dapat disimpulkan bahwa penerapan modul ajar berdiferensiasi dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi suhu, kalor dan pemuaian di SMP Negeri 3 Peusangan.
Downloads
References
G. Ghufron, “Revolusi Industri 4.0: Tantangan, Peluang, Dan Solusi Bagi Dunia Pendidikan,” Semin. Nas. dan Disk. Panel Multidisiplin Has. Penelit. dan Pengabdi. Kpd. Masy. 2018, 2018.
S. B. Dito and H. Pujiastuti, “Dampak Revolusi Industri 4.0 Pada Sektor Pendidikan: Kajian Literatur Mengenai Digital Learning Pada Pendidikan Dasar dan Menengah,” J. Sains dan Edukasi Sains, 2021, doi: 10.24246/juses.v4i2p59-65.
R. Rahma and I. Isralidin, “Implementasi Pendekatan STEAM Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD Negeri 1 Bireuen,” JEMAS J. Edukasi Mat. dan Sains , vol. 3, no. 1, pp. 33–37, 2022, [Online]. Available: http://www.journal.umuslim.ac.id/index.php/jemas/article/view/1290
Pusat Penelitian Kebijakan Balitbang Kemendikbud, Naskah Akademik: Program Sekolah Penggerak. Pusat Penelitian Kebijakan, Balitbang Kemendikbud, 2020.
S. R. Yuliati and I. Lestari, “Higher-Order Thinking Skills (Hots) Analysis Of Students In Solving Hots Question In Higher Education,” Perspekt. Ilmu Pendidik., 2018, doi: 10.21009/pip.322.10.
Pusat Penilaian Pendidikan Balitbang Kemendikbud, Pendidikan di Indonesia: Belajar dari PISA 2018. Pusat Penilaian Pendidikan Badan Penelitian dan Pendidikan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, 2019.
M. A. Sadewa, “Meninjau kurikulum prototipe melalui pendekatan integrasi-interkoneksi Prof M Amin Abdullah,” J. Pendidik. dan Konseling, vol. 4, no. 1, pp. 266–280, 2022.
Kemendikbud, Program Guru dan sekolah Penggerak: Langkah Maju Dukung Transformasi Pendidikan. Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat, Kemendikbud, 2021.
I. S. I. Magableh and A. Abdullah, “On the effectiveness of differentiated instruction in the enhancement of jordanian students’ overall achievement,” Int. J. Instr., 2020, doi: 10.29333/iji.2020.13237a.
R. D. Anazifa and Djukri, “Project- based learning and problem- based learning: Are they effective to improve student’s thinking skills?,” J. Pendidik. IPA Indones., 2017, doi: 10.15294/jpii.v6i2.11100.
Parno, L. Yuliati, F. M. Hermanto, and M. Ali, “A case study on comparison of high school students’ scientific literacy competencies domain in physics with different methods: PBL-stem education, PBL, and conventional learning,” J. Pendidik. IPA Indones., 2020, doi: 10.15294/jpii.v9i2.23894.
N. Lestari, K. I. Basri, S. M. Yusuf, S. Suciati, and M. Masykuri, “Life skill integrated science-PBL module to improve critical thinking skills of secondary school students,” Univers. J. Educ. Res., 2020, doi: 10.13189/ujer.2020.080737.
Y. Kim, “The Effects of PBL-based Data Science Education classes using App Inventor on elementary student Computational Thinking and Creativity improvement,” J. Korean Assoc. Inf. Educ., 2020, doi: 10.14352/jkaie.2020.24.6.551.
M. P. . Rozandy and Y. P. Koten, “Scratch Sebagai Problem Solving Computational Thinking Dalam Kurikulum Prototipe,” J. Creat., vol. 8, pp. 11–17, 2021.
D. Dugas, “Group Dynamics and Individual Roles: A Differentiated Approach to Social-Emotional Learning,” Clear. House A J. Educ. Strateg. Issues Ideas, 2017, doi: 10.1080/00098655.2016.1256156.
Mardiyah, R. Johar, and Mailizar, “The Development of Trigonometry E-Modules for Senior High School Using Differentiated Instruction (DI) Approach,” 2020. doi: 10.1088/1742-6596/1462/1/012017.
R. M. Logan, C. E. Johnson, and J. W. Worsham, “Development of an e-learning module to facilitate student learning and outcomes,” Teach. Learn. Nurs., 2021, doi: 10.1016/j.teln.2020.10.007.
N. P. Sintawati and I. G. Margunayasa, “Interactive E-Module for Science Learning Content: Validity and Feasibility,” Int. J. Elem. Educ., 2021, doi: 10.23887/ijee.v5i1.34281.
M. W. Syahroni, N. R. Dewi, and Kasmui, “The effect of using digimon (Science digital module) with scientific approach at the visualization of students’ independence and learning results,” J. Pendidik. IPA Indones., vol. 5, no. 1, pp. 116–122, 2016, doi: 10.15294/jpii.v5i1.5800.
Y. Kowitlawakul, M. F. Chan, S. S. L. Tan, A. S. K. Soong, and S. W. C. Chan, “Development of an e-Learning research module using multimedia instruction approach,” CIN - Comput. Informatics Nurs., 2017, doi: 10.1097/CIN.0000000000000306.
M. N. Suprayogi, M. Valcke, and R. Godwin, “Teachers and their implementation of differentiated instruction in the classroom,” Teach. Teach. Educ., 2017, doi: 10.1016/j.tate.2017.06.020.
K. Sharp, J. M. Jarvis, and J. M. McMillan, “Leadership for differentiated instruction: teachers’ engagement with on-site professional learning at an Australian secondary school,” International Journal of Inclusive Education. 2020. doi: 10.1080/13603116.2018.1492639.
N. Safarati and R. Rahma, “The Effectiveness of Online Learning Using Quizizz Education Game Media During the Covid-19 Pandemic in Applied Physics Courses,” Indones. Rev. Phys., vol. 3, no. 2, 2020, doi: 10.12928/irip.v3i2.3049.
E. Supriatna, “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa,” J. Classr. Action Res., 2020, doi: 10.29303/jcar.v2i1.398.
Y. Yahdi, S. Hajaroh, and I. Marhamah, “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis,” SPIN J. Kim. Pendidik. Kim., 2020, doi: 10.20414/spin.v2i1.2012.
R. Rahma and F. Fatimah, “Peningkatkan Pemahaman Konsep IPA Melalui Model Numbered Head Together (NHT) Berbasis Multimedia,” Relativ. J. Ris. Inov. Pembelajaran Fis., 2019, doi: 10.29103/relativitas.v2i1.2019.
Fatimah, “Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Smk Negeri 1 Nisam Pada Konsep Fluida StatiS,” J. Pendidik. Almuslim, vol. Nomor 3, no. Mei 2017, pp. 38–45, 2017.
N. Yuliana, “Penggunaan Model Pembelajaran Disovery Learning dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa,” J. Ilm. Pendidik. dan Pembelajaran, 2018.
O. Hamalik, Psikologi Belajar dan Mengajar. 2002.
N. Akmal, Fatimah, and Sharfina, “Peningkatan Keterampilan Proses Sains Di Kelas X SMA Negeri 1 Kutablang Melalui Model Pembelajaran CTL Berbasis Video Pembelajaran Pada Materi Usaha Dan Energi,” vol. 3, no. 2, 2022.
F. Fatimah, “Pengaruh Media Animasi Sparkol Videoscribe Dalam Pembelajaran Daring Terhadap Penguasaan Konsep Mahasiswa,” Phydagogic J. Fis. dan Pembelajarannya, vol. 3, no. 2, 2021, doi: 10.31605/phy.v3i2.1136.
R. Rahma and H. Husna, “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Alat Pencernaan Makanan Pada Manusia Melalui Penerapan Metode Make A Match Untuk Kelas V SD Negeri 2 Lhokseumawe,” Lentera, vol. 2, no. 1, 2018, Accessed: Oct. 01, 2021. [Online]. Available: http://www.jurnal.umuslim.ac.id/index.php/LTR2/article/view/1011
D. W. Andini, “Differentiated INSTRuction: Solusi Pembelajaran Dalam Keberagaman Siswa Di Kelas Inklusif,” Trihayu J. Pendidik. Ke-SD-an, vol. 2, no. 3, 2022, doi: 10.30738/trihayu.v2i3.725.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Fitriani Fitriani, Rizatul Iza, Maulana Fikri, Fatimah Fatimah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.