Penggunaan Model Problem Based Learning Dalam Meningkatan Ketuntasan Belajar Siswa Pada Materi Sistem Ekskresi Manusia Di SMP Negeri 2 Tanah Luas
Keywords:
Ketuntasan Belajar Siswa, Model Problem Based Learning, Sistem Ekskresi Pada ManusiaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji sejauh mana Model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan Ketuntasan Belajar Siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 30 siswa. Penelitian ini berlangsung dalam 3 siklus yang masing-masing siklus terdiri atas tahap perencanaan, tindakan,observasi, dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi: kemampuan berpikir kritis siswa yang diambil dari pemberian soal tes pada setiap akhir siklus. Indikator keberhasilan pada penelitian ini adalah apabila ≥ 85% dari jumlah siswa berkategori tuntas dengan kriteria tuntas belajar apabila nilai hasil evaluasi pada siklus I, II dan III ≥ 65. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan rata-rata hasil belajar siswa sebesar 68 dan persentase ketuntasan belajar sebesar 56.7%. Pada siklus II menunjukkan rata-rata hasil belajar siswa sebesar 77.3 dan persentase ketuntasan belajar sebesar 80%. Hasil penelitian pada siklus III menunjukkan rata-rata hasil belajar siswa sebesar 83 dan persentase ketuntasan belajar sebesar 96.7% Dari penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa dengan menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan ketuntasan belajar siswa kelas VIII pada materi Sistem Ekskresi Pada Manusia.
Downloads
References
U. Setyorini, S. E. Sukiswo, and B. Subali, “Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Smp,” J. Pendidik. Fis. Indones., 2011, doi: 10.15294/jpfi.v7i1.1070.
R. Rahma and N. Nurhayati, “PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS GAME EDUKASI PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA,” J. Edukasi Mat. dan Sains, vol. 2, no. 1, 2021, Accessed: Sep. 29, 2021. [Online]. Available: http://www.journal.umuslim.ac.id/index.php/jemas/article/view/425
“PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS HANDS ON ACTIVITIES UNTUK MENUMBUHKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMP,” J. Pendidik. Fis. Indones., 2012, doi: 10.15294/jpfi.v7i1.1064.
R. Thakur and A. Natale, “Peraturan Kementrian Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 58 Tahun 2009 Tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini,” Cardiol. Clin., 2009.
R. Rahma and I. Isralidin, “Implementasi Pendekatan STEAM Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD Negeri 1 Bireuen,” vol. 3, no. 1, pp. 33–37, 2022, [Online]. Available: http://www.journal.umuslim.ac.id/index.php/jemas/article/view/1290
A. Nakada, M. Kobayashi, Y. Okada, A. Namiki, and N. Hiroi, “Project-based learning,” J. Med. Soc. Toho Univ., 2018, doi: 10.14994/tohoigaku.2017-010.
A. M. Burns and C. Herring, “Project-based learning,” in Using Technology with Elementary Music Approaches, 2020. doi: 10.1093/oso/9780190055653.003.0009.
W. Sanjaya, “Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran - Dr. Wina Sanjaya, M.Pd - Google Books,” Kencana,Prenadamedia Group, 2015.
B. Y. A. Aziizu, “TUJUAN BESAR PENDIDIKAN ADALAH TINDAKAN,” Pros. Penelit. dan Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 2, no. 2, 2015, doi: 10.24198/jppm.v2i2.13540.
I. Wardhani and K. ; Wihardit, Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka, 2008.
S. Arikunto, Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara, 2012.