Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Materi Cahaya

Authors

  • Jailani Jailani SMP Negeri 2 Samalanga

Keywords:

Problem Based Learning, Hasil Belajar, Cahaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar pada materi cahaya terhadap penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan di kelas VIII SMP Negeri 2 Samalanga terhadap 25 siswa dengan menggunakan empat tahap dalam satu siklus. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian yaitu lembar soal tes, lembar aktivitas guru dan siswa serta lembar respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran PBL terbukti untuk meningkatan hasil belajar siswa yang terlihat dari peningkatan hasil belajar siswa. Pada siklus I yaitu 48% dan 96% pada siklus II. Adanya peningkatan aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran, respon siswa juga positif terhadap penerapan model pembelajaran PBL. Dapat disimpulkan bahawa penerapan model pembelajaran PBL dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi cahaya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

F. Fembriani, “Model Jigsaw Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matakuliah Konsep Dasar IPA SD,” J. Ilm. Kontekst., vol. 1, no. 02, 2022, doi: 10.46772/kontekstual.v1i02.154.

A. M. Burns and C. Herring, “Project-based learning,” in Using Technology with Elementary Music Approaches, 2020. doi: 10.1093/oso/9780190055653.003.0009.

A. Supraktiknya, Penilaian Hasil Belajar dengan Teknik Nontes. Yogyakarta: Universitas Sanata Darma, 2012.

S. Soparat, S. R. Arnold, and S. Klaysom, “The development of thai learners’ key competencies by project-based learning using ICT,” Int. J. Res. Educ. Sci., 2015, doi: 10.21890/ijres.01778.

Y. F. Surya, “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 016 Langgini Kabupaten Kampar,” J. Pendidik. Mat., 2017.

J. T. Prasetya and A. Ahmadi, “Strategi belajar mengajar,” Bandung CV, 2005.

M. Marnita, R. Rahma, and F. Fatimah, “Impact of E-Learning Media on Students’ Critical Thinking Skills at Physics Education Study Program, Almuslim University,” JIPF (Jurnal Ilmu Pendidik. Fis., vol. 6, no. 2, 2021, doi: 10.26737/jipf.v6i2.1908.

R. Rahma and N. Safarati, “PENERAPAN METODE EKSPERIMEN PADA MATERI SIFAT-SIFAT CAHAYA DALAM UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA DI KELAS V SD NEGERI 1 MUARA DUA KOTA LHOKSEUMAWE,” Maj. Ilm. Univ. Almuslim, vol. 11, no. 3, 2019.

R. Effendi, “KONSEP REVISI TAKSONOMI BLOOM DAN IMPLEMENTASINYA PADA PELAJARAN MATEMATIKA SMP,” JIPMat, 2017, doi: 10.26877/jipmat.v2i1.1483.

E. Supriatna, “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa,” J. Classr. Action Res., 2020, doi: 10.29303/jcar.v2i1.398.

S. Slameto, “PENYUSUNAN PROPOSAL PENELITIAN TINDAKAN KELAS,” Sch. J. Pendidik. dan Kebud., 2015, doi: 10.24246/j.scholaria.2015.v5.i2.p60-69.

A. Suharsimi, “Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi),” Jakarta: Rineka Cipta, 2013, doi: 10.1017/CBO9781107415324.004.

Downloads

Published

2022-09-30

How to Cite

Jailani, J. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Materi Cahaya . JEMAS : Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 3(2), 57–60. Retrieved from http://journal.umuslim.ac.id/index.php/jemas/article/view/1378