Pengaruh Penerapan Pendekatan STEAM Pada Materi Fluida Statis Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Jangka
Keywords:
Pendekatan STEAM, Fluida Statis, Pemahaman Konsep SiswaAbstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui penerapan pendekatan STEAM pada Materi fluida statis Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Jangka. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan kuantitatif. Sedangkan jenis penelitian adalah eksperimental. Pengelompokkan kelas pada penelitian dilakukan secara acak (A) kemudian mendapat Pretes postes control group desain. Tempat dilakukan penelitian ini yaitu di SMA Negeri 1 Jangka dan pelaksanaannya pada semester ganjil tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini untuk menguji hipotesis penelitian atau uji t. sampel adalah sebagian atau wakil populasi yang diteliti, yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas yang berjumlah 15 siswa, yang berjumlah 15 siswa, yang berjumlah 15 siswa. Hasil penelitian yang telah dilaksanakan diperoleh bahwa thitung> ttabel yaitu 3,154 > 2,021 maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis kerja (H1) diterima. Hal ini berarti terdapat pengaruh Pembelajaran STEAM terhadap pemahaman konsep siswa pada materi fluida statis di kelas XI SMA Negeri 1 Jangka.
Downloads
References
M. Simanjuntak, N. Bukit, Y. D. A. Sagala, R. Khairani putri, laksmitha zaskya Utami, and Motlan, “Desain Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap 4C,” J. Inov. Pembelajaran Fis., 2019.
I. D. Kurniawati and S.- Nita, “MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MAHASISWA,” DOUBLECLICK J. Comput. Inf. Technol., 2018, doi: 10.25273/doubleclick.v1i2.1540.
R. Rahma and I. Isralidin, “Implementasi Pendekatan STEAM Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD Negeri 1 Bireuen,” vol. 3, no. 1, pp. 33–37, 2022, [Online]. Available: http://www.journal.umuslim.ac.id/index.php/jemas/article/view/1290
S. Efwinda, R. Qadar, N. Rananda, F. F. Mabrurah, and R. Setiyawan, “Pelatihan Pembelajaran STEAM bagi Guru IPA SMP di Kalimantan Timur,” Bubungan Tinggi J. Pengabdi. Masy., vol. 3, no. 4, 2021, doi: 10.20527/btjpm.v3i4.4074.
R. Rahma and F. Fatimah, “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION (CAI) PADA MATERI HUKUM NEWTON,” JEMAS J. Edukasi Mat. dan Sains , vol. 1, no. 1, pp. 14–18, 2020, [Online]. Available: http://www.journal.umuslim.ac.id/index.php/jemas/article/view/46
A. D. Wijaya, K. Dina, and Amalia, “Implementasi Pembelajaran Berbasis STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, Mathematics) Pada Kurikulum Indonesia,” Semin. Nas. Fis. dan Apl., 2015.
M. Munawar, F. Roshayanti, and S. Sugiyanti, “IMPLEMENTATION OF STEAM (Science Technology Engineering Art Mathematics) - BASED EARLY CHILDHOOD EDUCATION LEARNING IN SEMARANG CITY,” CERIA (Cerdas Energik Responsif Inov. Adapt., vol. 2, no. 5, p. 276, Sep. 2019, doi: 10.22460/ceria.v2i5.p276-285.
S. Wahyuningsih, A. R. Pudyaningtyas, R. Hafidah, M. M. Syamsuddin, N. E. Nurjanah, and U. E. E. Rasmani, “Efek Metode STEAM pada Kreatifitas Anak Usia 5-6 Tahun,” J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, 2019, doi: 10.31004/obsesi.v4i1.305.