Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Termbimbing Pada Materi Bilangan Cacah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar
Keywords:
Inkuiri Terbimbing, Hasil Belajar, Bilangan CacahAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar pada materi bilangan cacah terhadap penerapan model inkuiri terbimbing. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan di kelas III SDN 8 Nisam terhadap 29 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian yaitu lembar soal tes, lembar aktivitas guru dan siswa, serta lembar angket tanggapan siswa yang ketiganya dianalisis menggunakan uji persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran melalui model pembelajaran inkuiri terbimbing terbukti untuk meningkatan hasil belajar siswa yang terlihat dari peningkatan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah Tindakan, yaitu 52% pada siklus I dan 97% pada siklus II. Adanya peningkatan aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran, selain itu respon siswa juga cenderung positif terhadap penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Dapat disimpulkan bahawa penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi bilangan cacah.
Downloads
References
S. E. Atmojo, “Profil keterampilan proses sains dan apresiasi siswa terhadap profesi pengrajin tempe dalam pembelajaran ipa berpendekatan etnosains,” J. Pendidik. IPA Indones., 2012, doi: 10.15294/jpii.v1i2.2128.
Tursinawati, “penguasaan konsep hakikat sains siswa pada pembelajaran IPA di SDN Kota Banda Aceh,” J. Pesona Dasar, 2017.
N. K. Bengkulu, I. Sakti, Y. M. Puspasari, and E. Risdianto, “Pengaruh model pembalajaran langsung,” PENGARUH Model PEMBALAJARAN LANGSUNG (Direct Instr. MELALUI MEDIA ANIMASI Berbas. MACROMEDIA FLASH TERHADAP MINAT BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP Fis. SISWA DI SMA PLUS NEGERI 7 KOTA BENGKULU Indra, vol. X, no. 1, pp. 1–10, 2012.
Y. Yuliati, “LITERASI SAINS DALAM PEMBELAJARAN IPA,” J. Cakrawala Pendas, 2017, doi: 10.31949/jcp.v3i2.592.
E. Dwi Pratiwi, S. Latifah, and M. Mustari, “Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Sparkol Videoscribe,” Indones. J. Sci. Math. Educ., vol. 2, no. 3, pp. 303–309, 2019.
B. Warsita, “TEORI BELAJAR ROBERT M. GAGNE DAN IMPLIKASINYA PADA PENTINGNYA PUSAT SUMBER BELAJAR,” J. Teknodik, 2018, doi: 10.32550/teknodik.v12i1.421.
N. Nurhadijah, R. Rahma, and S. Salpina, “Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Dalam Mengenal Kosa Kata Melalui Cerita Bergambar Pada Kelompok B (5-6 Tahun),” J. Pendidik. Guru Anak Usia Dini, vol. 2, no. 2, pp. 59–64, Sep. 2021, [Online]. Available: http://www.journal.umuslim.ac.id/index.php/jpg/article/view/1156
R. Rahma and N. Safarati, “PENERAPAN METODE EKSPERIMEN PADA MATERI SIFAT-SIFAT CAHAYA DALAM UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA DI KELAS V SD NEGERI 1 MUARA DUA KOTA LHOKSEUMAWE,” Maj. Ilm. Univ. Almuslim, vol. 11, no. 3, 2019.
I. SUTAMA, M. Arnyana, and M. Swasta, “PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP KETRAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN KETRAMPILAN PROSES SAINS PADA PELAJARAN BIOLOGI KELAS XI IPA SMA NEGERI 2 AMLAPURA,” J. Pendidik. dan Pembelajaran IPA Indones., 2014.
F. Rahmawati, Soegimin;, and S. Kardi, “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Model Inkuiri Terbimbing Berbantuan Videoscribe Pada Materi Kalor Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMAN 1 KEDUNGWARU,” Pendidik. Sains Pascasarj. Univ. Negeri Surabaya, vol. 5, no. 2, pp. 1039–1047, 2016.
S. Slameto, “PENYUSUNAN PROPOSAL PENELITIAN TINDAKAN KELAS,” Sch. J. Pendidik. dan Kebud., 2015, doi: 10.24246/j.scholaria.2015.v5.i2.p60-69.