Meningkatkan Kemampuan Mendeskripsikan Sistem Tata Surya Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Pada Siswa Kelas VI SD Negeri 12 Bireuen
Keywords:
pembelajaran Kooperative Jigsaw, Hasil Belajar, IPA, Sistem Tata SuryaAbstract
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa kelas VI SD Negeri 12 Bireuen mampu mendeskripsikan Sistem Tata Surya dengan model pembelajaran Kooperative Jigsaw. Berdasarkan analisis hasil tes siklus I memperlihatkan siswa memperoleh nilai rata-rata 81,25%. Meningkat pada siklus II siswa memperoleh nilai rata-rata 100%. Hasil observasi terhadap kegiatan guru pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 76,66%, pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 88,88%. Hasil observasi terhadap kegiatan siswa pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 77,77% dan siklus II diperoleh nilai rata-rata 87,77% dapat disimpulkan Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa kelas VI SD Negeri 12 Bireuen mampu mendeskripsikan Sistem Tata Surya melalui pembelajaran model Kooperative Jigsaw.
Downloads
References
M. Huda, Cooperatif Learning. 2013.
R. Purwanto, “Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Kompetensi Sistem Koordinasi Melalui Metode Pembelajaran Teaching Game Team Terhadap Siswa Kelas XI IPA SMA SMART EKSELENSIA Indonesia Tahun Ajaran 2010-2011,” J. Pendidik. Dompet Dhuafa, 2011.
S. Zubaidah et al., Ilmu Pengetahuan Alam, SMP/MTs Kelas VIII Semester 2. 2017.
H. M. M. Agnes Pendy, “Pengembangan Buku Ajar Berbasis Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa Theresia,” J. Basicedu, vol. 5, no. 3, 2021.
R. Effendi, “KONSEP REVISI TAKSONOMI BLOOM DAN IMPLEMENTASINYA PADA PELAJARAN MATEMATIKA SMP,” JIPMat, 2017, doi: 10.26877/jipmat.v2i1.1483.
Risnawati, “PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DI KELAS V SD NEGERI 2 JELAPAT KECAMATAN DUSUN SELATAN TAHUN AJARAN 2020/2021,” J. Mitra Pendidik. (JMP Online), vol. 6, no. 1, 2022.
H. Arrasyid, A. Wapa, and D. M. D. Pratiw, “Pengaruh model pembelajaran kooperstif tipe jigsaw terhadap hasil belajar matematika di kelas IV SD gugus V Tegaldlimo,” Cons. Educ. Couns. J., vol. 2, no. 1, 2022, doi: 10.36841/consilium.v2i1.1612.
R. Rahma and N. Nurhayati, “PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS GAME EDUKASI PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA,” J. Edukasi Mat. dan Sains, vol. 2, no. 1, 2021, Accessed: Sep. 29, 2021. [Online]. Available: http://www.journal.umuslim.ac.id/index.php/jemas/article/view/425.
A. Suharsimi, “Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi),” Jakarta: Rineka Cipta, 2013, doi: 10.1017/CBO9781107415324.004.
A. Suharsimi;, “Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan,” Jakarta: Bumi Aksara. 2013.