Implementasi Pendekatan STEAM Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD Negeri 1 Bireuen
Keywords:
STEAM, Hasil Belajar, Berpikir Kritis, IPAAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir siswa dalam Pembelajaran IPA melalui pendekatan STEAM dengan tiga indikator yaitu ketuntasan hasil belajar siswa, aktivitas siswa dalam proses pembelajaran, dan respon siswa terhadap proses pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah pre-eksperimen dan jenis desain penelitian yaitu Pre-Experiment the one group pretest-posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pretest secara individu maupun klasikal 100% tidak ada siswa yang mendapat nilai di atas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) atau tidak tuntas. Sedangkan secara klasikal pada posttest dari 36 siswa, 86,11% yang memenuhi kriteria ketuntasan minimal KKM, serta aktivitas siswa dalam proses pembelajaran ini sesuai dengan yang diharapkan. Respon positif siswa mencapai 88.85%, dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran IPA menggunakan Pendekatan STEAM mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada siswa kelas IV SDN 1 Bireuen.
Downloads
References
Slameto, Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2010.
Trianto, “Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik,” Jakarta PT. Prestasi, 2010, doi: 10.1016/j.matdes.2018.10.014.
R. Rahma and N. Nurhayati, “PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS GAME EDUKASI PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA,” J. Edukasi Mat. dan Sains, vol. 2, no. 1, 2021, Accessed: Sep. 29, 2021. [Online]. Available: http://www.journal.umuslim.ac.id/index.php/jemas/article/view/425.
Z. Abidin, “Penerapan Pemilihan Media Pembelajaran,” Edcomtech, 2016.
A. D. Wijaya, K. Dina, and Amalia, “Implementasi Pembelajaran Berbasis STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, Mathematics) Pada Kurikulum Indonesia,” Semin. Nas. Fis. dan Apl., 2015.
S. Wahyuningsih, A. R. Pudyaningtyas, R. Hafidah, M. M. Syamsuddin, N. E. Nurjanah, and U. E. E. Rasmani, “Efek Metode STEAM pada Kreatifitas Anak Usia 5-6 Tahun,” J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, 2019, doi: 10.31004/obsesi.v4i1.305.
R. N. Stanulis et al., “Korelasi sederhana 10/13/2008 1,” Early Child. Educ. J., vol. 1, no. 1, 2007.
R. Nakayama, M., Yamamoto, H., & Santiago, “Nakayama, M., Yamamoto, H., & Santiago, R. (2007). The Impact of Learner Characteristics on Learning Performance in Hybrid Courses among Japanese Students. Electronic Journal of e-Learning, 5(3), 195-206.,” Electron. J. e-Learning, 2007.
I. Al-Fikry, Y. Yusrizal, and M. Syukri, “Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Kalor,” J. Pendidik. Sains Indones., vol. 6, no. 1, pp. 17–23, 2018, doi: 10.24815/jpsi.v6i1.10776.
Sri Wuryastuti, “Inovasi Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar,” J. Pendidik. Dasar, 2008.
M. Marnita, R. Rahma, and F. Fatimah, “Impact of E-Learning Media on Students’ Critical Thinking Skills at Physics Education Study Program, Almuslim University,” JIPF (Jurnal Ilmu Pendidik. Fis., vol. 6, no. 2, 2021, doi: 10.26737/jipf.v6i2.1908.
N. Hayati, N. Safarati, and M. Marnita, “UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI GERAK HARMONIK SEDERHANA DI KELAS X SMA NEGERI 1 KUALA,” J. Edukasi Mat. dan Sains, vol. 1, no. 1, 2020, [Online]. Available: http://www.journal.umuslim.ac.id/index.php/jemas/article/view/44.
E. D. S. Eliana, Senam, I. Wilujeng, and Jumadi, “The effectiveness of project-based e-learning to improve ICT literacy,” J. Pendidik. IPA Indones., 2016, doi: 10.15294/jpii.v5i1.5789.
R. H. Ennis, “A Logical Basis for Measuring Critical Thinking Skills.,” Educational Leadership. 1985, doi: 10.3102/0034654310376953.
M. Simanjuntak, N. Bukit, Y. D. A. Sagala, R. Khairani putri, laksmitha zaskya Utami, and Motlan, “Desain Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap 4C,” J. Inov. Pembelajaran Fis., 2019.
A. Suharsimi;, “Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan,” Jakarta: Bumi Aksara. 2013.