Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik SMP Negeri 4 Sawang
Keywords:
Pembelajaran Berbasis Proyek, Berpikir Kreatif, Penelitian Tindakan Kelas, Open-EndedAbstract
Rendahnya kemampuan berpikir kreatif serta aktivitas peserta didik dan guru merupakan suatu masalah yang mendasar di SMP Negeri 4 Sawang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) peningkatan kemampuan berpikir kreatif, 2) aktivitas peserta didik dan guru dan 3) respon peserta didik melalui penerapan model pembelajaran berbasis proyek pada materi kalor dan perpindahannya di SMP Negeri 4 Sawang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas yang berhasil dilakukan dalam tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 4 Sawang yaitu 23 peserta didik. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui tes akhir siklus, observasi dan pemberian angket. Pengolahan data penelitian ini menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) model pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik, 2) aktivitas guru dan peserta didik tergolong baik dan 3) hasil angket respon menunjukkan bahwa sebagian besar peserta didik sangat setuju dengan penerapan model pembelajaran berbasis proyek
Downloads
References
A. F. Repko, R. Szostak, and M. P. Buchberger, Introduction to Interdisciplinary Studies. 2017.
P. Guo, N. Saab, L. S. Post, and W. Admiraal, “A review of project-based learning in higher education: Student outcomes and measures,” Int. J. Educ. Res., 2020, doi: 10.1016/j.ijer.2020.101586.
W. Sarah, M. Marnita, and R. Rahma, “PENGARUH WABAH COVID-19 TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA SMP DI PEUREULAK BARAT,” JEMAS J. Edukasi Mat. dan Sains, vol. 1, no. 2, pp. 35–38, 2020, [Online]. Available: http://www.journal.umuslim.ac.id/index.php/jemas/article/view/52.
E. D. S. Eliana, Senam, I. Wilujeng, and Jumadi, “The effectiveness of project-based e-learning to improve ICT literacy,” J. Pendidik. IPA Indones., 2016, doi: 10.15294/jpii.v5i1.5789.
A. Aninda, A. Permanasari, and D. Ardianto, “IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN LITERASI STEM SISWA SMA,” J. Sci. Educ. Pract., 2020, doi: 10.33751/jsep.v3i2.1719.
A. M. Burns and C. Herring, “Project-based learning,” in Using Technology with Elementary Music Approaches, 2020.
E. Indrawan and S. Jalinus, Nizwardi, “Review Project Based Learning,” Int. J. Sci. Res., 2018.
M. Maros, M. Korenkova, M. Fila, M. Levicky, and M. Schoberova, “Project-based learning and its effectiveness: evidence from Slovakia,” Interact. Learn. Environ., 2021, doi: 10.1080/10494820.2021.1954036.
T. Taryono, D. Saepuzaman, M. A. Dhina, and N. Fitriyanti, “Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek dan Pembelajaran Berbasis Masalah pada Mata Pelajaran Fisika untuk Meningkatkan Keterampilan Abad 21 (4Cs) Siswa SMP,” WaPFi (Wahana Pendidik. Fis., 2019, doi: 10.17509/wapfi.v4i1.15825.
M. Simanjuntak, N. Bukit, Y. D. A. Sagala, R. Khairani putri, laksmitha zaskya Utami, and Motlan, “Desain Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap 4C,” J. Inov. Pembelajaran Fis., 2019.
S. Nawawi, A. Amilda, and M. P. Sari, “Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Keterampilan Proses Sains Pada,” J. Pena Sains Vol., 2017.
R. D. Anazifa and Djukri, “Project- based learning and problem- based learning: Are they effective to improve student’s thinking skills?,” J. Pendidik. IPA Indones., 2017, doi: 10.15294/jpii.v6i2.11100.
K. J. Kim, “Project-based learning approach to increase medical student empathy,” Med. Educ. Online, 2020, doi: 10.1080/10872981.2020.1742965.
A. Nakada, M. Kobayashi, Y. Okada, A. Namiki, and N. Hiroi, “Project-based learning,” J. Med. Soc. Toho Univ., 2018, doi: 10.14994/tohoigaku.2017-010.
P. R. Nasution, “Perbedaan Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Dan Kemandirian Belajar Siswa Pada Pembelajaran Berbasis Masalah Dan Pembelajaran Konvensional Di Smpn 4 Padangsidimpuan Puspa,” Peidagogeo, 2017.
S. R. Yuliati and I. Lestari, “HIGHER-ORDER THINKING SKILLS (HOTS) ANALYSIS OF STUDENTS IN SOLVING HOTS QUESTION IN HIGHER EDUCATION,” Perspekt. Ilmu Pendidik., 2018, doi: 10.21009/pip.322.10.
A. Nurkhin, Kardoyo, H. Pramusinto, R. Setiyani, and R. Widhiastuti, “Applying blended problem-based learning to accounting studies in higher education; Optimizing the utilization of social media for learning,” Int. J. Emerg. Technol. Learn., 2020, doi: 10.3991/IJET.V15I08.12201.
F. Fatimah, “Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMA Negeri 2 Bireuen pada Materi Kalor melalui Penerapan Model Pembelajaran Open-Ended Problem (Masalah Terbuka),” J. Pendidik. Almuslim, vol. 5, no. 2, pp. 85–90, 2017.
R. Ms., T. Herman, and J. A. Dahlan, “The Enhancement of Students’ Critical Thinking Skills in Mathematics through The 5E Learning Cycle with Metacognitive Technique,” 2017, doi: 10.2991/icmsed-16.2017.23.
N. Ratnaningsih, “THE ANALYSIS OF MATHEMATICAL CREATIVE THINKING SKILLS AND SELF-EFFICACY OG HIGH STUDENTS BUILT THROUGH IMPLEMENTATION OF PROBLEM BASED LEARNING AND DISCOVERY LEARNING,” JPMI (Jurnal Pendidik. Mat. Indones., 2017, doi: 10.26737/jpmi.v2i2.219.
T. I. B. Al-Tabany, “Mendesain model pembelajaran inovatif, progresif, dan kontekstual,” in Prenadamedia Group, 2014.
M. MacLeod and J. T. van der Veen, “Scaffolding interdisciplinary project-based learning: a case study,” Eur. J. Eng. Educ., 2020, doi: 10.1080/03043797.2019.1646210.