Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Adaptasi Makhluk Hidup Melalui Model Discovery Berbasis Outdoor Di Sekolah Dasar
Keywords:
Hasil Belajar, Adaptasi Makhluk Hidup, Discovery, OutdoorAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Adaptasi Makhluk Hidup Melalui Model Discovery Berbasis Outdoor. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Data penelitian ini dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan tes akhir terhadap. siswa kelas VI SD Negeri 2 Pandrah yang berjumlah 24 orang. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran melalui model discovery berbasis outdoor sangat berdampak positif untuk peningkatan hasil belajar siswa yang terlihat dari peningkatan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah Tindakan, yaitu dari 20,83% menjadi 66,67% pada siklus I dan 91,67% pada siklus II. Model discovery berbasis outdoor juga melatih siswa untuk lebih mandiri, cakap dalam berkomunikasi, berkolaborasi, kreatif dan berpikir kritis yang merupakan cerminan kecakapan hidup abad 21. Selain itu, berdasarkan hasil wawancara rata-rata siswa menyatakan bahwa mereka tertarik dengan model pembelajaran discovery berbasis outdoor sehingga motivasi untuk belajar dapat meningkat
Downloads
References
F. N. Kumala, Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. 2016.
Sri Wuryastuti, “Inovasi Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar,” J. Pendidik. Dasar, 2008.
I. Nur Jannah, “Efektivitas Penggunaan Multimedia dalam Pembelajaran IPA di SD,” J. Ilm. Sekol. Dasar, 2020, doi: 10.23887/jisd.v4i1.24135.
N. Safarati, R. Rahma, F. Fatimah, and S. Sharfina, “PELATIHAN INOVASI PEMBELAJARAN MENGAHADAPI MASA PANDEMIC COVID-19,” Communnity Dev. J., vol. 1, no. 3, pp. 240–245, 2020, doi: https://doi.org/10.31004/cdj.v1i3.937.
Y. Yuliati, “Miskonsepsi Siswa Pada Pembelajaran Ipa Serta Remediasinya,” J. Bio Educ., 2017.
A. Mayub, E. Suryani, and M. Farid, “Implementation of discovery learning model based on calor characteristic bricks mixed by (Durio zibethinus) and coconut (cocos nucifera) skin to improve students’ cognitive learning outcomes,” J. Pendidik. IPA Indones., 2020, doi: 10.15294/jpii.v9i2.23803.
A. A. E. P. Paramita, N. W. Rati, and I. G. W. Sudatha, “Model Discovery Learning Berbasis Outdoor Study Terhadap Hasil Belajar IPA,” J. Pedagog. dan Pembelajaran, 2020, doi: 10.23887/jp2.v3i2.25353.
R. Rahma and N. Nurhayati, “PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS GAME EDUKASI PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA,” J. Edukasi Mat. dan Sains, vol. 2, no. 1, 2021, Accessed: Sep. 29, 2021. [Online]. Available: http://www.journal.umuslim.ac.id/index.php/jemas/article/view/425.
N. Yuliana, “Penggunaan Model Pembelajaran Disovery Learning dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa,” J. Ilm. Pendidik. dan Pembelajaran, 2018.
N. I. Cintia, F. Kristin, and I. Anugraheni, “PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR SISWA,” Perspekt. Ilmu Pendidik., 2018, doi: 10.21009/pip.321.8.
N. Muhamad, “Pengaruh Metode Discovery Learning untuk Meningkatkan Representasi Matematis dan Percaya Diri Siswa,” J. Pendidik. Univ. Garut, 2016.
F. Kristin, “Analisis model pembelajaran discovery learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa SD,” J. Pendidik. Dasar PerKhasa, 2016.
A. Nurahman, W. Widodo, I. Ishafit, and B. O. Saulon, “The Development of Worksheet Based on Guided Discovery Learning Method Helped by PhET Simulations Interactive Media in Newton’s Laws of Motion to Improve Learning Outcomes and Interest of Vocational Education 10th Grade Students,” Indones. Rev. Phys., 2019, doi: 10.12928/irip.v1i2.776.
F. Kristin, “Analisis Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD,” J. Pendidik. Dasar PerKhasa, 2016.
N. Ratnaningsih, “THE ANALYSIS OF MATHEMATICAL CREATIVE THINKING SKILLS AND SELF-EFFICACY OG HIGH STUDENTS BUILT THROUGH IMPLEMENTATION OF PROBLEM BASED LEARNING AND DISCOVERY LEARNING,” JPMI (Jurnal Pendidik. Mat. Indones., 2017, doi: 10.26737/jpmi.v2i2.219.
A. Bakker, “Discovery learning: zombie, phoenix, or elephant?,” Instr. Sci., 2018, doi: 10.1007/s11251-018-9450-8.
S. Salmi, “PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR EKONOMI PESERTA DIDIK KELAS XII IPS.2 SMA NEGERI 13 PALEMBANG,” J. PROFIT Kaji. Pendidik. Ekon. dan Ilmu Ekon., 2019, doi: 10.36706/jp.v6i1.7865.
D. Siskind, D. Conlin, L. Hestenes, S. A. Kim, A. Barnes, and D. Yaya-Bryson, “Balancing technology and outdoor learning: Implications for early childhood teacher educators,” Journal of Early Childhood Teacher Education. 2020, doi: 10.1080/10901027.2020.1859024.
J. E. van Dijk-Wesselius, A. E. van den Berg, J. Maas, and D. Hovinga, “Green Schoolyards as Outdoor Learning Environments: Barriers and Solutions as Experienced by Primary School Teachers,” Front. Psychol., 2020, doi: 10.3389/fpsyg.2019.02919.
R. M. Kurnia, Elan, and R. Giyartini, “Pengaruh Metode Outdoor Learning terhadap Pembentukan Kreativitas siswa dalam pembelajaran SBdP,” Pedadidaktika J. Ilm. Pendidik. Guru Sekol. Dasar, 2018.
F. Harris, “Outdoor learning spaces: The case of forest school,” Area, 2018, doi: 10.1111/area.12360.
E. Kusumawati and R. A. Irwanto, “Penerapan Metode Pembelajaran Drill untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII SMP,” EDU-MAT J. Pendidik. Mat., 2016, doi: 10.20527/edumat.v4i1.2289.
Fatimah, “PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 NISAM PADA KONSEP FLUIDA STATIS,” J. Pendidik. Almuslim, vol. Nomor 3, no. Mei 2017, pp. 38–45, 2017.