Meningkatkan Pemahaman Konsep Ipa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Kelas IVC SDN 18 Bireuen
Keywords:
Pemahaman Konsep, Problem Based Learning, IPA, Pembelajaran Berbasis MasalahAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep IPA melalui model pembelajaran berbasis masalah di kelas IVC SDN 18 Bireuen. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan di kelas IVC SDN 18 Bireuen terhadap 33 siswa dengan menggunakan empat tahapan dalam satu siklus yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan pemahaman konsep IPA siswa. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan pemahaman konsep siswa dari 48,00% pada siklus I menjadi 94,00% pada siklus II. Selain itu, aktivitas guru dan siswa juga ikut meningkat pada setiap siklus. Aktivitas guru meningkat dari 78,75% (siklus I) menjadi 97,50% (siklus II). Sementara persentase data aktivitas siswa meningkat 77,50% (siklus I) menjadi 95,00% (siklus II). Dengan demikian pembelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan pemahaman konsep IPA siswa serta aktivitas guru dan siswa tersebut.
Downloads
References
R. Rahma and N. Safarati, “PENERAPAN METODE EKSPERIMEN PADA MATERI SIFAT-SIFAT CAHAYA DALAM UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA DI KELAS V SD NEGERI 1 MUARA DUA KOTA LHOKSEUMAWE,” Maj. Ilm. Univ. Almuslim, vol. 11, no. 3, 2019.
S. R. Yuliati and I. Lestari, “HIGHER-ORDER THINKING SKILLS (HOTS) ANALYSIS OF STUDENTS IN SOLVING HOTS QUESTION IN HIGHER EDUCATION,” Perspekt. Ilmu Pendidik., 2018, doi: 10.21009/pip.322.10.
E. Supriatna, “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa,” J. Classr. Action Res., 2020, doi: 10.29303/jcar.v2i1.398.
Y. F. Surya, “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 016 Langgini Kabupaten Kampar,” J. Pendidik. Mat., 2017.
Y. I. Sari, Sumarmi, D. H. Utomo, and I. K. Astina, “The Effect of Problem Based Learning on Problem Solving and Scientific Writing Skills,” Int. J. Instr., 2021, doi: 10.29333/iji.2021.1422a.
B. Shandy Narmaditya, D. Wulandari, and S. R. Binti Sakarji, “Does problem-based learning improve critical thinking skills?,” Cakrawala Pendidik., 2018, doi: 10.21831/cp.v38i3.21548.
R. M. Tan, R. T. Yangco, and E. N. Que, “Students’ conceptual understanding and science process skills in an inquiry-based flipped classroom environment,” Malaysian J. Learn. Instr., 2020, doi: 10.32890/mjli2020.17.1.7.
F. Putra, I. Y. Nur Kholifah, B. Subali, and A. Rusilowati, “5E-Learning Cycle Strategy: Increasing Conceptual Understanding and Learning Motivation,” J. Ilm. Pendidik. Fis. Al-Biruni, 2018, doi: 10.24042/jipfalbiruni.v7i2.2898.
Teaching for Conceptual Understanding in Science. 2015.
L. Sahara, N. Nafarudin, S. Fayanto, and B. A. Tairjanovna, “Analysis of Improving Students’ Physics Conceptual Understanding through Discovery Learning Models Supported by Multi-representation: Measurement Topic,” Indones. Rev. Phys., 2020, doi: 10.12928/irip.v3i2.3064.
R. Rahma and F. Fatimah, “PENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP IPA MELALUI MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) BERBASIS MULTIMEDIA,” Relativ. J. Ris. Inov. Pembelajaran Fis., 2019, doi: 10.29103/relativitas.v2i1.2019.
R. H. Ristanto, S. Rahayu, and S. Mutmainah, “Conceptual understanding of excretory system: Implementing cooperative integrated reading and composition based on scientific approach,” Particip. Educ. Res., 2021, doi: 10.17275/per.21.2.8.1.
M. Nuswowati, E. Susilaningsih, Ramlawati, and S. Kadarwati, “Implementation of problem-based learning with green chemistry vision to improve creative thinking skill and students’ creative actions,” J. Pendidik. IPA Indones., 2017, doi: 10.15294/jpii.v6i2.9467.
B. Akçay, “Problem-based learning in science education,” J. Turkish Sci. Educ., 2009.
A. K. Amin, N. S. Degeng, P. Setyosari, and E. T. Djatmika, “The Effectiveness of Mobile Blended Problem Based Learning on Mathematical Problem Solving,” Int. J. Interact. Mob. Technol., 2021, doi: 10.3991/IJIM.V15I01.17437.
Y. Yahdi, S. Hajaroh, and I. Marhamah, “PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS,” SPIN J. Kim. Pendidik. Kim., 2020, doi: 10.20414/spin.v2i1.2012.
E. Purwaningsih, S. P. Sari, A. M. Sari, and A. Suryadi, “The effect of stem-pjbl and discovery learning on improving students’ problem-solving skills of the impulse and momentum topic,” J. Pendidik. IPA Indones., 2020, doi: 10.15294/jpii.v9i4.26432.
U. Cahyaningsih and A. Ghufron, “PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROBLEM-BASED LEARNING TERHADAP KARAKTER KREATIF DAN BERPIKIR KRITIS DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA,” J. Pendidik. Karakter, 2016, doi: 10.21831/jpk.v0i1.10736.
R. Phungsuk, C. Viriyavejakul, and T. Ratanaolarn, “Development of a problem-based learning model via a virtual learning environment,” Kasetsart J. Soc. Sci., 2017, doi: 10.1016/j.kjss.2017.01.001.
F. Fakhriyah, “Penerapan problem based learning dalam upaya mengembangkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa,” J. Pendidik. IPA Indones., 2014, doi: 10.15294/jpii.v3i1.2906.