Pengaruh Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Fluida

Authors

  • Nurhasana Siregar Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan

Keywords:

berpikir kritis, fluida, Problem Based Learning, IPA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi fluida. Penelitian ini dilaksanakan di SMA dan subjek penelitian menggunakan dua kelas, yang disebut kelas kontrol (XI IPA-2) yang berjumlah 24 siswa, kelas eksperimen (XI IPA-3) yang berjumlah 24 siswa, sampel ini diambil menggunakan Purpose Sumple Method.  Jenis penelitian ialah quasi experiment dan data dianalisis menggunakan t-test. Data kemampuan berpikir siswa dipeoleh menggunakan test esai yang berjumlah 10 soal. Hasil dari kemampuan berpikir kritis di kelas eksperiment lebih tinggi dibanding kelas kontrol (3,54 > 2,38), dan hasil uji t-test diperoleh signifikasi lebih tinggi dari α 0,05. Hal ini mengindikasikan bahwa adanya pengaruh Problem Based Learning terhadap berpikir ktitis siswa pada siswa SMA kelas XI dengan materi fluida.

Downloads

Download data is not yet available.

References

I. Al-Fikry, Y. Yusrizal, and M. Syukri, “Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Kalor,” J. Pendidik. Sains Indones., vol. 6, no. 1, pp. 17–23, 2018, doi: 10.24815/jpsi.v6i1.10776.

A. Farisi, A. Hamid, and P. Fisika, “| 283 Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Suhu Dan Kalor,” pp. 283–287, 2017.

Yennita, M. Sukmawati, and Zulirfan, “Hambatan Pelaksanaan Praktikum IPA Fisika yang Dihadapi Guru SMP Negeri di Kota Pekanbaru,” J. Pendidik., vol. 3, no. 1, pp. 1–11, 2012.

N. Siregar, “Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Ipa Siswa Dan Pengelolaan Pembelajaran Guru Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Berbasis Masalah,” EKSAKTA J. Penelit. dan Pembelajaran MIPA, vol. 4, no. 1, pp. 60–65, 2019, doi: 10.31604/eksakta.v4i1.60-65.

O. S. Marhamah, I. Nurlaelah, and I. Setiawati, “Meningkatkan Kemampuan Berargumentasi Siswa Pada Konsep Pencemaran Lingkungan Di Kelas X Sma Negeri 1,” vol. 9, 2017, doi: 10.25134/quagga.v9i02.747.Abstrak.

N. Shofiyah and F. E. Wulandari, “Model Problem Based Learning (Pbl) Dalam Melatih Scientific Reasoning Siswa,” J. Penelit. Pendidik. IPA, vol. 3, no. 1, p. 33, 2018, doi: 10.26740/jppipa.v3n1.p33-38.

M. Huda, Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran Isu-Isu Metodis Dan Paradigmatis. 2019.

A. Shoimin, 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013, no. Yogyakarta. 2014.

M. Marnita, R. Rahma, and F. Fatimah, “Impact of E-Learning Media on Students’ Critical Thinking Skills at Physics Education Study Program, Almuslim University,” JIPF (Jurnal Ilmu Pendidik. Fis., vol. 6, no. 2, 2021, doi: 10.26737/jipf.v6i2.1908.

Desmita, “Psikologi Perkembangan Cetakan Ke-IV,” Bandung PT. Remaja Rosdakarya Offset, 2010, doi: 10.1017/CBO9781107415324.004.

Downloads

Published

2022-03-30

How to Cite

Siregar, N. (2022). Pengaruh Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Fluida. JEMAS : Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 3(1), 19–23. Retrieved from http://journal.umuslim.ac.id/index.php/jemas/article/view/1276