Model Pembelajaran STEAM Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Peusangan
Keywords:
Berpikir Tingkat Tinggi, Model STEAM, Gerak Lurus Berubah BeraturanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa dengan menggunakan metode STEAM pada materi Gerak Lurus Berubah Beraturan kelas X SMA Negeri 2 Peusangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA5 berjumlah 25 orang siswa, semester ganjil tahun 2022/2023. Dari hasil tes siklus 1 diperoleh data siswa yang mendapatkan skor ≥ 65 adalah 64%, sedangkan pada siklus II diperoleh 92 %. Dari hasil tersebut terjadi peningkatan sebesar 28%. Hasil observasi aktivitas guru pada siklus I adalah 82,25% meningkat menjadi 95,3% pada siklus II. Sedangkan hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I adalah 77,65% meningkat menjadi 93,8% pada siklus II termasuk ke dalam kategori sangat baik. Dengan demikian kriteria keberhasilan belajar dan proses pembelajaran siklus II sudah berhasil menggunakan model pembelajaran STEAM. Hal ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran STEAM yang telah dilaksanakan dapat meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa pada materi Gerak Lurus Berubah Beraturan kelas X IPA5 SMA Negeri 2 Peusangan.
Downloads
References
Y. Yuliati, “LITERASI SAINS DALAM PEMBELAJARAN IPA,” J. Cakrawala Pendas, 2017, doi: 10.31949/jcp.v3i2.592.
M. M. Trianggono, “Analisis Kausalitas Pemahaman Konsep Dengan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Pemecahan Masalah Fisika,” J. Pendidik. Fis. dan Keilmuan, 2017, doi: 10.25273/jpfk.v3i1.874.
S. Efwinda, R. Qadar, N. Rananda, F. F. Mabrurah, and R. Setiyawan, “Pelatihan Pembelajaran STEAM bagi Guru IPA SMP di Kalimantan Timur,” Bubungan Tinggi J. Pengabdi. Masy., vol. 3, no. 4, 2021, doi: 10.20527/btjpm.v3i4.4074.
A. D. Wijaya, K. Dina, and Amalia, “Implementasi Pembelajaran Berbasis STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, Mathematics) Pada Kurikulum Indonesia,” Semin. Nas. Fis. dan Apl., 2015.
S. Wahyuningsih, A. R. Pudyaningtyas, R. Hafidah, M. M. Syamsuddin, N. E. Nurjanah, and U. E. E. Rasmani, “Efek Metode STEAM pada Kreatifitas Anak Usia 5-6 Tahun,” J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, 2019, doi: 10.31004/obsesi.v4i1.305.
M. Simanjuntak, N. Bukit, Y. D. A. Sagala, R. Khairani putri, laksmitha zaskya Utami, and Motlan, “Desain Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap 4C,” J. Inov. Pembelajaran Fis., 2019.
M. Marnita, R. Rahma, and F. Fatimah, “Impact of E-Learning Media on Students’ Critical Thinking Skills at Physics Education Study Program, Almuslim University,” JIPF (Jurnal Ilmu Pendidik. Fis., vol. 6, no. 2, 2021, doi: 10.26737/jipf.v6i2.1908.
R. Rahma and I. Isralidin, “Implementasi Pendekatan STEAM Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD Negeri 1 Bireuen,” vol. 3, no. 1, pp. 33–37, 2022, [Online]. Available: http://www.journal.umuslim.ac.id/index.php/jemas/article/view/1290
“(Krathwohl dan Anderson (2001)).”
F. Fatimah, “Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMA Negeri 2 Bireuen pada Materi Kalor melalui Penerapan Model Pembelajaran Open-Ended Problem (Masalah Terbuka),” J. Pendidik. Almuslim, vol. 5, no. 2, pp. 85–90, 2017.
A. S. Auliya and T. Y. E. Siswono, “PENGARUH PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING BERBASIS APLIKASI MAPLE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA,” J. Penelit. Pendidik. Mat. DAN SAINS, vol. 5, no. 1, 2021, doi: 10.26740/jppms.v5n1.p10-18.
S. Slameto, “PENYUSUNAN PROPOSAL PENELITIAN TINDAKAN KELAS,” Sch. J. Pendidik. dan Kebud., 2015, doi: 10.24246/j.scholaria.2015.v5.i2.p60-69.