PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROUND CLUB PADA MATERI MATRIKS

Authors

  • Rizka Rizka Universitas Almuslim
  • Siti Khaulah Universitas Almuslim

DOI:

https://doi.org/10.51179/asimetris.v2i2.879

Keywords:

Matriks, Round Club

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Round Club Pada Materi Matriks di Kelas XI SMA Negeri 1 Peusangan Siblah Krueng. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA 1 yang terdirri dari 30 orang siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Desain penelitian yang tepat untuk dilaksanakan dalam penelitian ini yaitu One Group Pretest Postest  Desain. Data dianalisis dengan data korelasi Product Moment. Hasil analisis diperoleh rhitung > rtabel yaitu 0,980 >0,361. Hal ini berarti terdapat korelasi yang positif antara sebelum dan sesudah dilaksanakan model pembelajaran Round Club sesuai dengan interpretasi koefisian korelasi menunjukkan interpretasi yang sangat kuat, serta diperoleh thitung > ttabel yaitu 8,240 > 2,048. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Round Club terhadap hasil belajar siswa pada materi matriks di kelas XI SMA Negeri 1 Peusangan Siblah Kueng. Hasil pengamatan aktivitas proses belajar mengajar yaitu aktivitas guru dan aktivitas siswa pada pembelajaran Round Club menunjukkan bahwa ketaraf yang lebih baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anita, L. (2010). Cooperative Learning. PT Grasindo.

Mulyasa, E. (2007). Menjadi Guru Profesional, Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan (Rosda Kary).

Rahman, R. (2010). Pengaruh Pembelajaran Berbantuan Geogebra Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Self-Concept Siswa. Universitas Pendidikan Indonesia.

Ramadhani, Fitri ; yanti, O. ; (2017). Penerapan Model Pembelajaran Round Club Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. 2(2).

Sugiyono. (2017). MetodePenelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet. In Sugiyono. (2017). MetodePenelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Downloads

Published

2022-01-15