MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA DENGAN PENDEKATAN PROBLEM POSING
DOI:
https://doi.org/10.51179/asimetris.v2i2.753Keywords:
Problem Posing, Berpikir Kreatif MatematisAbstract
Ada beberapa tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa menggunakan model pembelajaran Problem Posing dengan pembelajaran secara konvensional, untuk mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa berdasarkan pengetahuan awal matematika dengan model pembelajaran Problem Posing, dan intuk mengetahui interaksi antara pengetahuan awal matematika siswa dengan pembelajaran yang digunakan terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Jenis penelitian yang digunakan menggunakan quasi eksperimen dengan desain penelitian non-equivalen control group design. Populasinya adalah semua siswa kelas XII SMKN 1 Bireuen, dan sampelnya adalah kelas XII TKJ1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XII TKJ2 sebagai kelas kontrol. Pengambilan kelas eksperimen dan kelas kontrol dilakukan dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang memperoleh pembelajaran Problem Posing lebih baik dari pembelajaran konvensional terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis. Terjadi perbedaan nilai pengetahuan awal matematika terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa, sedangkan berdasarkan jenis kelamin siswa tidak terjadi perbedaan. Terjadi interaksi antara pengetahuan awal matematika siswa dengan pembelajaran yang digunakan. terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa.
Downloads
References
Darwanto, D. (2019). Kemampuan Berfikir Kreatif Matematis. Jurnal Eksponen, Volume 9, 20–26. https://media.neliti.com/media/publications/338969-kemampuan-berpikir-kreatif-matematis-pen-7c99dfe1.pdf
Irawan, I. (2013). Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Problem Posing untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMA. Universitas Syiah Kuala.
Nenden, F., & Isrok’atun, A. N. (2016). Pendekatan Open-Ended untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Kepercayaan Diri Siswa. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 1062–1063.
Subhan, A., & Pamungkas, S. Y. (2017). Peranan Pengetahuan Awal dan Self Esteem Matematis Terhadap Kemampuan Berpikir Logis Mahasiswa. Jurnal Matematika Kreatif - Inovatif.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Feri Irawan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.