PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI SISWA KELAS X TKJ SMK NEGERI 1 JEUMPA

Authors

  • husna usman SMKN_1_JEUMPA_BIREUEN

DOI:

https://doi.org/10.51179/asimetris.v2i2.643

Keywords:

Learning Together, Prestasi siswa, Trigonometri

Abstract

. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan Prestasi siswa kelas X TKJ materi Trigonometri pelajaran matematika dengan menggunakan Model Learning Together. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan desain Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X TKJ Tahun Pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 25 orang siswa, untuk memperoleh data penulis menggunakan teknik tes dan non tes. Berdasarkan hasil analisis data dengan cara membandingkan hasil observasi dan tes pada siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan dari siklus I ke siklus II sebanyak 28,48 % . Dimana pada siklus I ketuntasan yang diperoleh 62 % dengan jumlah siswa 13 orang, sedangkan pada siklus II jumlah persentase ketuntasan adalah 90,48% dengan jumlah siswa menngkat mejadi 19 orang yang tuntas dalam belajar. Jadi, dari hasil siklus I dan siklus II, penelitian sudah selesai, karena ketidak tuntasan pada siklus I sudah diperbaiki pada siklus II.  Oleh karena itu, penerapan model pembelajaran Kooperatif Learning model Learning Together dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran matematika khususnya kompetensi dasar Hubungan Fungsi Trigonometri dan Identitas Trigonometri bagi siswa kelas X TKJ Semester 2 SMK Negeri 1 Jeumpa Tahun Pelajaran 2020/2021.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurrahman, M. (2012). Anak Berkesulitan Belajar: Teori. In Diagnosis, dan Remediasinya, Rineka Cipta, Jakarta.

Bahri, A. (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Universitas Muhammadiyah Makasar.

Huda, M. (2015). Cooperative Learning Metode, Teknik, Struktur, dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Year.

Istarani, & Pulungan, I. (2017). Ensiklopeda Pendidikan. Media Persada.

Khuloqo. I E. (2017). Belajar dan Pembelajaran. https://pustakapelajar.co.id/buku/belajar-dan-pembelajaran/

Rosyid, M., Mansyur, M., & Abdullah, A. (2019). Prestasi Belajar. Literasi Nusantara.

Rusman. (2018). Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru (Edisi Kedu). Rajawali Pers.

Sary, Y. (2015). Buku Ajar Psikologi Pendidikan Untuk Mahasiswa Umum dan Kesehatan. https://library.unismuh.ac.id/opac/detail-opac?id=102651

Susanti, L. (2019). Prestasi Belajar Akademik & Non Akademik. Literasi Nusantara Abadi.

Downloads

Published

2022-01-15