PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA POKOK MATERI FUNGSI KOMPOSISI
DOI:
https://doi.org/10.51179/asimetris.v2i2.640Keywords:
Fungsi Komposisi, Kemampuan Berfikir Kritis, Pendekatan SaintifikAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh pendekatan saintifik terhadap kemampuan berfikir kritis siswa lebih akan lebih baik dari pada menggunakan pembelajaran konvensional di SMA Negeri 1 Bireuen. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu (quasi experimental). Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah pretest posttes control group design. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah siswa X IPA SMA Negeri 1 Bireuen. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling, kelas yang terambil yaitu kelas X IPA E sebagai kelas ekaperimen yang berjumlah 30 orang siswa dan X IPA F sebagai kelas kontrol yang berjumlah 30 orang siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa tes dengan bentuk soal essay yang terdiri dari tes awal dan tes akhir. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan, pengaruh pendekatan saintifik terhadap kemampuan berfikir kritis siswa pada materi pokok fungsi komposisi lebih baik dari pada peningkatan pembelajaran materi pokok fungsi komposisi melalui pembelajaran konvensional di SMA Negeri 1 Bireuen.
Downloads
References
Arikunto, S. (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara.
Khaulah, S., & Novianti, N. (2019). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) BERBASIS E-Khaulah, S., & Novianti, N. (2019). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) BERBASIS E-LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika A. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi. https://doi.org/10.32505/qalasadi.v3i2.1366
Misbahuddin, M., & Hasan, I. (2013). Analisis data penelitian dengan statistik (Kedua). Bumi Aksara.
Pratiwi, F. ., Hairida, H., & Rasmawan, R. (2014). Pengaruh Model Discovery Learning Dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, Vol 3(N0 7 (2014)). https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/6488
Riadi, E., & Prabawati, T. . (2016). Statistika Penelitian: (analisis manual dan IBM SPSS). Andi Offset.
Riduwan. (2009). Dasar dasar statistika (P. Iswara (ed.); Edisi revi). Alfabeta.
Siregar, S. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Dilengkapi Dengan Perhitungan Manual dan SPSS. In Metode Penelitian Kuantitatif Dilengkapi Dengan Perhitungan Manual dan SPSS.
Sugiyono. (2011). Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta. Bandung:Alfabeta.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. In METODE PENELITIAN ILMIAH.
Syaodih, N. (2014). Penelitian Deskriptif Kualitatif. Tripven.
Trihendradi, C. (2010). Step by step SPSS 18 (S. Arikunto, S. (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara.
Khaulah, S., & Novianti, N. (2019). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) BERBASIS E-Khaulah, S., & Novianti, N. (2019). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) BERBASIS E-LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika A. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi. https://doi.org/10.32505/qalasadi.v3i2.1366
Misbahuddin, M., & Hasan, I. (2013). Analisis data penelitian dengan statistik (Kedua). Bumi Aksara.
Pratiwi, F. ., Hairida, H., & Rasmawan, R. (2014). Pengaruh Model Discovery Learning Dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, Vol 3(N0 7 (2014)). https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/6488
Riadi, E., & Prabawati, T. . (2016). Statistika Penelitian: (analisis manual dan IBM SPSS). Andi Offset.
Riduwan. (2009). Dasar dasar statistika (P. Iswara (ed.); Edisi revi). Alfabeta.
Siregar, S. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Dilengkapi Dengan Perhitungan Manual dan SPSS. In Metode Penelitian Kuantitatif Dilengkapi Dengan Perhitungan Manual dan SPSS.
Sugiyono. (2011). Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta. Bandung:Alfabeta.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. In METODE PENELITIAN ILMIAH.
Syaodih, N. (2014). Penelitian Deskriptif Kualitatif. Tripven.
Trihendradi, C. (2010). Step by step SPSS 18 (S. Suyantoro (ed.); I). Andi.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 icut mawarni, Yessi Kartika, Rahmi Hayati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.