Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Visual Berbentuk Permainan Monopoli Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa
DOI:
https://doi.org/10.51179/asimetris.2.1.31-35Keywords:
Kemampuan Pemahaman Matematis, Media Pembelajaran Visual, Permainan MonopoliAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis visual berbentuk permainan monopoli pada materi aritmatika sosial terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa SMP kelas VII. Hasil wawancara dengan guru matematika menyatakan bahwa kemampuan pemahaman matematis siswa kurang. Selain itu, kurang adanya minat dan motivasi terhadap pembelajaran matematika. Media pembelajaran yang dikembangkan merupakan media pembelajaran visual yang berbentuk permainan monopoli. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan atau r&d. Desain pengembangan yang digunakan adalah model addie (analysis, design, development, implementation, and evaluation). Data validitas media pembelajaran dikumpulkan melalui angket menggunakan lembar validasi. Media pembelajaran yang dikembangkan divalidasi oleh tiga validator ahli materi dan media. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis visual yang dikembangkan dinyatakan sangat valid dengan skor keseluruhan 4,22. Tetapi media pembelajaran berbasis visual yang dikembangkan harus melalui proses perbaikan untuk menyempurnakan media pembelajaran yang dikembangkan.
Downloads
References
Asyhar, R. (2011). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Gaung Persada Press.
Dananjaya, U. (2013). Media Pembelajaran Aktif. Nuansa Cendikia.
Deviana, D. R., & Prihatnani, E. (2018). Pengembangan Media Monopoli Matematika pada Materi Peluang untuk Siswa SMP. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 3(2), 114–131. https://doi.org/10.15642/jrpm.2018.3.2.114-131
Esterlita, P. (2013). Pengembangan Alat Peraga Montessori Untuk Keterampilan Berhitung Matematika Kelas IV SDN Tamanan 1 Yogyakarta. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952.
Fahrudin, F., Netriwati, N., & Putra, R. W. Y. (2018). Pembelajaran Problem Solving Modifikasi untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), 181. https://doi.org/10.24042/djm.v1i2.2556
Hendriana, Heris., & Soemarmo, U. (2014). Penilaian Pembelajaran Matematika. Refika Aditama.
Herdian. (2010). Kemampuan Pemahaman Matematika. https://herdy07.wordpress.com/2010/05/27/kemampuan-pemahaman-matematis/
Nurhayati, N. (2019). Pengaruh Strategi Pembelajaran Plantet Questions Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Trigonometri Di Kelas X Sman 1 Bireuen. Jurnal Pendidikan Almuslim, VII (1), 45–49.
Nurhayati, N. (2020). Pengaruh Peer Teaching Berbantuan Aplikasi SPSS terhadap Kemampuan Penguasaan Konsep pada Materi Statistika. Jurnal Gammath, 5(2), 72–78.
Sugiman., Sumardyono., & M. (2016). karakteristik siswa SD. In Pembelajaran Seni Budaya Berbasis Kearifan Lokal Dalam Upaya Membangun Pendidikan Karakter Siswa Di Sekolah Dasar (Vol. 2).
Supriatna, R., & Afriansyah, E. A. (2018). Kemampuan Pemahaman Matematis Peserta Didik Melalui Cooperative Learning Tipe Pair Checks Vs Problem Based Learning. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 3(1), 1. https://doi.org/10.26737/jpmi.v3i1.450
Susanto, A., Raharjo, & Prastiwi, M. S. (2012). Permainan Monopoli sebagai Media Pembelajaran Sub Materi Sel pada Siswa SMA Kelas XI IPA. BioEdu, 1(1), 1–6.
Yumarlin MZ. (2013). Pengembangan Permainan Ular Tangga Untuk Kuis Mata Pelajaran Sains Sekolah Dasar. Teknik, 3(1), 75–84.
Downloads
Published
Versions
- 2021-07-03 (2)
- 2021-07-02 (1)
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Sapti Handayani, Aritsya Imswatama, Nur Agustiani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.