Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Menggunakan Pendekatan Problem Posing
DOI:
https://doi.org/10.51179/asimetris.2.1.16-22Keywords:
Matematika, Prestasi Belajar; Pendekatan Problem PosingAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar matematika menggunakan pendekatan problem posing. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus dengan setiap siklus terdapat empat pertemuan, yaitu tiga pertemuan untuk proses pembelajaran dan satu pertemuan untuk tes akhir siklus. Subjek penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah siswa kelas VII G SMP Negeri 2 Merauke tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 35 siswa yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 22 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yaitu tes dan observasi. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa nilai rata-rata tes prestasi belajar matematika siswa meningkat dari tahap pra siklus yaitu 67,21 menjadi 78,21 pada siklus 1, dan pada siklus 2 meningkat lagi mencapai 80,21. Persentase prestasi belajar pada pra siklus mencapai 42,85% menjadi 74,29% pada siklus 1, dan meningkat pada siklus 2 mencapai 82,86% terdapat dalam kategori baik dan sangat baik. Dari hasil tersebut disimpulkan bahwa dengan pendekatan problem posing dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa
Downloads
References
Ardiyaningrum, M. (2013). Upaya Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas Vii Smp Muhammadiyah 9 Yogyakarta Melalui Penerapan Pendekatan Pembelajaran Problem Posing. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 4(1), 53–70. https://doi.org/10.21927/literasi.2013.4(1).53-70
Chrissanti, M. I., & Widjajanti, D. B. (2015). Keefektifan Pendekatan Metakognitif Ditinjau Dari Prestasi Belajar, Kemampuan Berpikir Kritis, Dan Minat Belajar Matematika. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(1), 51–62. https://doi.org/10.21831/jrpm.v2i1.7150
Jaba, I., Datu Palittin, I., & Saparuddin Nur, A. (2018). Hubungan Minat Belajar dengan Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Merauke. Jurnal Magistra, 5(1), 62–72.
Jabar, A. (2015). Penerapan Pendekatan Problem Posing untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah pada Materi Sistem Persamaan Linear. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 80–87. https://doi.org/10.33654/math.v1i2.4
Mahmuzah, R. (2015). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematik Siswa Smp Melalui Pendekatan Problem Posing. Peluang, 4(1), 64–72. https://doi.org/10.35194/jp.v6i2.123
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. (2006). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 22.
Ompusunggu, V. D. K. (2014). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematika dan Sikap Positif terhadap Matematika Siswa SMP Nasrani 2 Medan melalui Pendekatan Problem Posing. Saintech, 06(04), 93–105.
Syamarro, N., Winarso, W., & Saluky, S. (2015). Pengaruh Motivasi Dan Persepsi Siswa Pada Matematika Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII Di Mts Al-Hidayah Dukupuntang Kabupaten Cirebon (Pokok Bahasan Kubus Dan Balok). Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching, 4(2), 105–111. https://doi.org/10.24235/eduma.v4i2.32
Wulandari, E. (2011). Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Melalui Pendekatan Problem Posing Di Kelas VIII A SMP Negeri 2 Yogyakarta. In Pendidikan
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Oswaldus Dadi, Desi Rahmasari, Dessy Rizki Suryani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.