Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Menggunakan Pendekatan Problem Posing

Authors

  • Oswaldus Dadi Pendidikan Matematika-FKIP-Universitas Musamus
  • Desi Rahmasari Pendidikan Matematika-FKIP-Universitas Musamus
  • Dessy Rizki Suryani Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan – Universitas Musamus

DOI:

https://doi.org/10.51179/asimetris.2.1.16-22

Keywords:

Matematika, Prestasi Belajar; Pendekatan Problem Posing

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar matematika menggunakan pendekatan problem posing. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus dengan setiap siklus terdapat empat pertemuan, yaitu tiga pertemuan untuk proses pembelajaran dan satu pertemuan untuk tes akhir siklus. Subjek penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah siswa kelas VII G SMP Negeri 2 Merauke tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 35 siswa yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 22 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yaitu tes dan observasi. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa nilai rata-rata tes prestasi belajar matematika siswa meningkat dari tahap pra siklus yaitu 67,21 menjadi 78,21 pada siklus 1, dan pada siklus 2 meningkat lagi mencapai 80,21. Persentase prestasi belajar pada pra siklus mencapai 42,85% menjadi 74,29% pada siklus 1, dan meningkat pada siklus 2 mencapai 82,86% terdapat dalam kategori baik dan sangat baik. Dari hasil tersebut disimpulkan bahwa dengan pendekatan problem posing dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ardiyaningrum, M. (2013). Upaya Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas Vii Smp Muhammadiyah 9 Yogyakarta Melalui Penerapan Pendekatan Pembelajaran Problem Posing. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 4(1), 53–70. https://doi.org/10.21927/literasi.2013.4(1).53-70

Chrissanti, M. I., & Widjajanti, D. B. (2015). Keefektifan Pendekatan Metakognitif Ditinjau Dari Prestasi Belajar, Kemampuan Berpikir Kritis, Dan Minat Belajar Matematika. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(1), 51–62. https://doi.org/10.21831/jrpm.v2i1.7150

Jaba, I., Datu Palittin, I., & Saparuddin Nur, A. (2018). Hubungan Minat Belajar dengan Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Merauke. Jurnal Magistra, 5(1), 62–72.

Jabar, A. (2015). Penerapan Pendekatan Problem Posing untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah pada Materi Sistem Persamaan Linear. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 80–87. https://doi.org/10.33654/math.v1i2.4

Mahmuzah, R. (2015). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematik Siswa Smp Melalui Pendekatan Problem Posing. Peluang, 4(1), 64–72. https://doi.org/10.35194/jp.v6i2.123

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. (2006). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 22.

Ompusunggu, V. D. K. (2014). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematika dan Sikap Positif terhadap Matematika Siswa SMP Nasrani 2 Medan melalui Pendekatan Problem Posing. Saintech, 06(04), 93–105.

Syamarro, N., Winarso, W., & Saluky, S. (2015). Pengaruh Motivasi Dan Persepsi Siswa Pada Matematika Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII Di Mts Al-Hidayah Dukupuntang Kabupaten Cirebon (Pokok Bahasan Kubus Dan Balok). Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching, 4(2), 105–111. https://doi.org/10.24235/eduma.v4i2.32

Wulandari, E. (2011). Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Melalui Pendekatan Problem Posing Di Kelas VIII A SMP Negeri 2 Yogyakarta. In Pendidikan

Downloads

Published

2021-07-02