Model Pembelajaran Kooperatif Tipe The Power Of Two Untuk Meningkatkan Self Efficacy Siswa Dalam Pembelajaran Matematika
DOI:
https://doi.org/10.51179/asimetris.2.1.1-6Keywords:
Model Pembelajaran Kooperatif, Power of Two, Self EfficacyAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif tipe the power of two dapat meningkatkan self efficacy siswa dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen dengan desain penelitian pretest-postes group. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Ulumul Qur’an dengan sampel kelas IX-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas IX-2 sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 20 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian berupa angket self efficacy. Uji statistik yang digunakan adalah uji-t untuk menganalisis data peningkatan self efficacy siswa. Hasil analisis data diperoleh N-Gain self efficacy dengan nilai t = 1,830 dan Sig. (2-tailed) = 0,075 danSig. (1-tailed) = 0,0375 sehingga nilai Sig. (1-tailed) <taraf Signifikansi (? =0,05). Hal ini menunjukkan bahwa peningkatan self efficacy siswa yang menggunakan mode pembelajan kooperatif tipe the power of two lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional
Downloads
References
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Astriani, L. (2017). Pengaruh pembelajaran reciprocal teaching terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika ditinjau dari kemampuan awal matematika siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 3(1), 77–85.
Jatisunda, M, G. (2017). Hubungan Self Efficacy Siswa SMP Dengan Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Theorems, 1(2), 24-30.
Razi, Z. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Sosial Humaniora Unigha 1 (1), 81-87
Razi, Z. (2019).Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe The Power Of Two Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Sains Riset 8(1), 31-36
Razi, Z & Mirunnisa (2021). Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Software Maple Untuk Meningkatkan Self Efficacy Mahasiswa. Proseding Seminar Nasional Multidisiplin Ilmu(pp.94-99). Sigli: Universitas Jabal Ghafur.
Rohika, D. P. (2017). Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Penerapan Model Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD ) Pada Siswa Kelas IV SD No.2 Beng Gianyar Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(2), 221–228.
Tristanti, L. B. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI Dan Problem Based Learning (PBL) Terhadap Pemahaman Konsep Bangun Ruang Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Univ. Muhammadiyah Metro, 6(3), 338–349.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Zulfa Razi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.