Hubungan self-efficacy dan kemandirian belajar dengan kemampuan numerasi Siswa SMP dalam implementasi Kurikulum Merdeka
DOI:
https://doi.org/10.51179/asimetris.v6i1.3326Kata Kunci:
Kemampuan Numerasi. Kemandirian Belajar. Self-EfficacyAbstrak
Tujuan utama Kurikulum Merdeka adalah untuk meningkatkan pembelajaran, terutama keterampilan numerasi siswa. Beberapa komponen yang mempengaruhi kemampuan numerasi siswa berasal dari dalam mereka sendiri (internal), yang mencakup elemen psikologis seperti kemandirian dan keyakinan diri sendiri. Studi ini bertujuan untuk menunjukkan hubungan antara self-efficacy dan kemandirian belajar dengan kemampuan numerasi dalam implementasi kurikulum Merdeka. Studi ini menggunakan deskriptif kuantitatif dan metode korelasional. Penelitian ini dilakukan pada 166 siswa kelas VIII di SMPN 19 Kota Tangerang. Metode pengambilan sampel acak sederhana digunakan. Data diperoleh melalui ujian dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat korelasi positif yang kuat antara self-efficacy dan kemampuan numerasi siswa SMP dalam pelaksanaan Kurikulum Merdeka; (2) Terdapat korelasi positif yang kuat antara kemandirian belajar dan kemampuan numerasi siswa SMP dalam pelaksanaan Kurikulum Merdeka; dan (3) Terdapat korelasi positif yang kuat self-efficacy dan kemandirian belajar dengan kemampuan numerasi dalam implementasi kurikulum Merdeka, dengan skor korelasi Pearson 0,720 dan 0,697.
Unduhan
Referensi
Abdullah, S. M. (2019). Social Cognitive Theory : A Bandura Thought Review published in 1982-2012. PSIKODIMENSIA, 18(1), 85. https://doi.org/10.24167/psidim.v18i1.1708
Ahmad Budi Sutrisno, & Yusri, A. Y. (2021). Pengaruh Efikasi Diri, Konsep Diri, Aktivitas Belajar, Kemandirian Belajar Terhadap Hasil belajar Matematika Mahasiswa. Indonesian Journal of Learning Education and Counseling, 3(2), 221–229. https://doi.org/10.31960/ijolec.v3i2.580
Amalia, A., Syafitri, L. F., Sari, V. T. A., & Rohaeti, Hj. E. E. (2018). Hubungan Antara Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik dengan Self Efficacy dan Kemandirian Belajar Siswa SMP. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(5), 887–894. https://doi.org/https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i5.p887-894
Arikunto, S. (1983). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik. PT. Bina Aksara.
Bandura, A. (1997). Self-Efficacy: The exercise of control. Macmillan.
Begum, S., Flowers, N., Tan, K., Carpenter, D. M. H., & Moser, K. (2021). Promoting literacy and numeracy among middle school students: Exploring the mediating role of self-efficacy and gender differences. International Journal of Educational Research, 106, 101722. https://doi.org/10.1016/j.ijer.2020.101722
Brisson, B. M., Dicke, A.-L., Gaspard, H., Häfner, I., Flunger, B., Nagengast, B., & Trautwein, U. (2017). Short intervention, sustained effects: Promoting students’ math competence beliefs, effort, and achievement. American Educational Research Journal, 54(6), 1048–1078. https://doi.org/10.3102/0002831217716084
Fakhriyani, L., Subarinah, S., Novitasari, D., & Sridana, N. (2025). Analisis Kemampuan Numerasi Siswa SMP Pada Konten Geometri dan Pengukuran Ditinjau Dari Gaya Kognitif. Journal of Classroom Action, 8(1), 33–40. https://doi.org/https://doi.org/10.29303/jcar.v7i1.10233
Fitriana, S. (2015). Pengaruh Efikasi Diri, Aktivitas, Kemandirian Belajar dan Kemampuan Berpikir Logis Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri. Journal of Educational Science and Technology (EST), 1(2). https://doi.org/10.26858/est.v1i2.1517
Fitriani, R. N., & Pujiastuti, H. (2021). Pengaruh self-efficacy terhadap hasil belajar Matematika. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2793–2801. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.803
Flammer, A. (2015). Self-Efficacy. In International Encyclopedia of the Social & Behavioral Sciences (pp. 504–508). Elsevier. https://doi.org/10.1016/b978-0-08-097086-8.25033-2
Huang, X., Mayer, R. E., & Usher, E. L. (2020). Better together: Effects of four self-efficacy-building strategies on online statistical learning. Contemporary Educational Psychology, 63, 101924. https://doi.org/10.1016/j.cedpsych.2020.101924
Indah, R. P., & Farida, A. (2021). Pengaruh Kemandirian Belajar Siswa Terhadap hasil Belajar Matematika. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 8(1), 41–47. https://doi.org/10.31316/j.derivat.v8i1.1641
Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, W., Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. (2022). Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(2), 3011–3024. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2589
Juz Indrianti, Muh Daud, & Novita Maulidya Djalal. (2022). Hubungan antara efikasi diri dengan kemandirian belajar siswa di SMKN 3 pangkep. PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Humaniora, 2(1), 154–166. https://doi.org/10.56799/peshum.v2i1.1104
Karmila, N., & Raudhoh, S. (2020). PENGARUH EFIKASI DIRI TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA. Pedagonal : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 4(2), 108–111. https://doi.org/10.33751/pedagonal.v4i2.2692
Khaerudin, H., Imswatama, A., & Setiani, A. (2021). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal pada pokok bahasan persamaan linear satu variabel. Asimetris: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 2(1), 36–43. https://doi.org/10.51179/asimetris.2.1.36-43
Lestari, U. P., Wijayanto, A. T., & Mardiyah, S. U. (2021). Penerapan model discovery learning untuk Meningkatkan kemandirian belajar pada siswa kelas IIIB SDN jogosimo Tahun Ajaran 2020/2021. Educatif Journal of Education Research, 5(1), 197–201. https://doi.org/10.36654/educatif.v5i1.164
Lestari, W. (2017). Pengaruh Kemampuan Awal Matematika dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Analisa, 3(1), 76–84. https://doi.org/10.15575/ja.v3i1.1499
Lusiani, L., Utami, C., & Mariyam, M. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Probing Prompting dan Kemandirian Belajar terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Asimetris: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 5(1), 22–32. https://doi.org/10.51179/asimetris.v5i1.2297
Ningsih, E. F. (2023). Teori sosial kognitif dan relevansinya bagi pendidikan di Indonesia. Humanika, 23(1), 21–26. https://doi.org/10.21831/hum.v23i1.29307
Nuraina, N., Rohantizani, R., & Suryani Hawa, M. (2023). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika dengan Menggunakan Metode Newman. Asimetris: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 4(2), 117–127. https://doi.org/10.51179/asimetris.v4i2.2265
Nurhayati, E. (2018). Psikologi Pendidikan Inovatif (2nd ed.). Pustaka Belajar. (2018)
Putri, F. K. E., Azrai, E. P., & Suryanda, A. (2022). Independent Learning from Home Based on Self-Efficacy. Jurnal Pendidikan Biologi, 11(1), 1–8. https://doi.org/https://doi.org/https://doi.org/10.24114/jpb.v11i1.24201
Safitri, F., Nuri, B., & Novianti, N. (2024). Pengembangan Soal Hots berbasis literasi matematika pada materi transformasi geometri. Asimetris: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 5(2), 130–136. https://doi.org/10.51179/asimetris.v5i2.3037
Salsabilah, A. P., & Kurniasih, M. D. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Ditinjau dari Efikasi Diri pada Peserta Didik SMP. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 12(02), 138–149. https://doi.org/10.22437/edumatica.v12i02.18429
Septantiningtyas, N., & Nisa’, A. K. (2022). Intensive self-efficacy dengan kemandirian belajar siswa di era pandemi covid-19. MANAZHIM, 4(1), 18–30. https://doi.org/10.36088/manazhim.v4i1.1595
Setianingsih, W. L., Ekayanti, A., & Jumadi, J. (2022). Analisis Kemampuan Numerasi Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Tipe ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM (AKM). AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(4), 3262. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i4.5915
Sugiyono. (2007). Statistika untuk Penelitian (E. Mulyatiningsih, Ed.; 2nd ed.). CV. Alfabeta. (2007)
Vernelli, R. A. (2023). Pengaruh Efikasi Diri dan Kemandirian Belajar Peserta Didik SMP Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Edukasi Dan Penelitian Matematika, 12(1). https://doi.org/10.24036/pmat.v12i1.14302
Winata, A., Widiyanti, I. S. R., & Sri Cacik. (2021). Analisis Kemampuan Numerasi dalam Pengembangan Soal Asesmen Kemampuan Minimal pada Siswa Kelas XI SMA untuk Menyelesaikan Permasalahan Science. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(2), 498–508. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.1090
Winata, R., Sugiharto, S., & Nurhana Friantini, R. (2024). PENGARUH SELF EFFICACY TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH. Asimetris: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 5(2), 92–99. https://doi.org/10.51179/asimetris.v5i2.3002
Wwidya, S. nurlita, Setiyowati, A. J., & Atmoko, A. (2023). Correlation of Self Efficacy, Parental Involvement, And Self Determination with Student Learning Independence. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 8(2), 111–119. https://doi.org/10.26740/jp.v8n2.p111-119
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Tiara Lutfiatuzahra, Abdul Fatah, Yani Setiani

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
