PENERAPAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG KELAS V SD NEGERI 1 MEUREUDU

Penulis

  • Misbahul Jannah Universitas Almuslim
  • Asrul Karim Universitas Almuslim
  • Husnidar Husnidar Universitas Almuslim

DOI:

https://doi.org/10.51179/asimetris.v6i1.3324

Kata Kunci:

Berpikir Kritis, Bangun Ruang, Realistic Mathematics Education.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SD Negeri 1 Meureudu pada materi bangun ruang melalui penerapan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME). Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa yang tercermin dari hasil belajar yang belum mencapai ketuntasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 17 siswa. Data dikumpulkan melalui tes kemampuan berpikir kritis, observasi aktivitas guru dan siswa, serta wawancara terhadap respon siswa. Penelitian dilakukan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dari siklus I ke siklus II, di mana ketuntasan belajar meningkat dari 58,82% menjadi 88,24%. Aktivitas guru dan siswa juga mengalami peningkatan signifikan dari kategori cukup menjadi baik. Respon siswa terhadap penerapan pendekatan Realistic Mathematics Education positif, dengan pembelajaran yang lebih menyenangkan dan mudah dipahami. Kesimpulannya, pendekatan Realistic Mathematics Education sebagai suatu pendekatan pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi bangun ruang di SD Negeri 1 Meureudu.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Arikunto, S. (2021). Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal UNY, Jurnal Pendidikan Akuntasi Indonesia Vol. VI No. 1 – Tahun 2008, 229.

Budiwati, R., & Fathoni, A. (2022). ANALISIS STRATEGI PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP PENINGKATAN KEMANDIRIAN PESERTA DIDIK KELAS 5 SD. Jurnal Elementary, 5(2). https://doi.org/10.31764/elementary.v5i2.8790

Christina, L. V., & Kristin, F. (2016). EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) DAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS 4. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(3). https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i3.p217-230

Dewi, N. S. R. (2020). Penerapan model pembelajaran RME untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis matematika siswa kelas V sekolah dasar. Didaktika Dwija Indria, 8(3). https://doi.org/10.20961/ddi.v8i03.39847

Febriana, R. (2017). EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPETENSI DENGAN PENDEKATAN DUNIA KERJA PADA PROGRAM D3 TATA BOGA. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 36(1). https://doi.org/10.21831/cp.v36i1.8891

Hayati, R., Marzuki, M., Fachrurazi, F., Karim, A., Pratiwi, S. H., & Dewi, R. (2023). Penerapan Filsafat Pendidikan Oleh Tenaga Pendidik Di Sekolah Dasar. Pedagogik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh; Vol 10, No 1, April (2023); 35-48 ; 2622-9005 ; 2337-7364, 12(1).

Hayati, R., Surya, E., Kartika, Y., Karim, A., & Fachrurazi, F. (2023). PENGGUNAAN LANGKAH POLYA UNTUK MENGANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DI SEKOLAH DASAR. Kadikma, 14(1). https://doi.org/10.19184/kdma.v14i1.39033

Jannah, F., Karnalim, O., Permadi, A., Murad, D. F., Aditya, B. R., Andrisyah, & Nurhas, I. (2022). Pelatihan Desain Kuis Hots Interaktif Dengan Aplikasi Kahoot! Dan Quizziz Di Masa Pandemi: Studi Kasus Guru Sekolah Dasar Gugus Pangeran Antasari Kota Banjarbaru. JCES (Journal of Character Education Society), 5(1).

Legono, Y. C., Sanjaya, M. A., Pranayama, A., & ... (2021). Perancangan Website Animasi Untuk Pembelajaran Matematika Anak Kelas Enam Sekolah Dasar. Jurnal DKV ….

Novianti, N., Khaulah, S., & Husnidar, H. (2024). Computational Thinking Dalam Menyelesaikan Masalah Literasi Matematika PISA. Asimetris: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 5(2), 146–152.

Novianti, N., Khaulah, S., Rahmi, R., Marnita, M., & Nuri, B. (2023). Pelatihan Penyusunan Instrumen PTK dalam Mengembangkan Profesionalisme Guru SD Kabupaten Bireuen. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2). https://doi.org/10.53624/kontribusi.v3i2.208

Nurhalisa, S., Ma’rufi, M., & Baharuddin, M. R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Asesmen Kompetensi Minimum dan Pemecahan Masalah. Jurnal Literasi Digital, 1(3). https://doi.org/10.54065/jld.1.3.2021.63

Pratini, H. S., & Prihatini, E. Y. R. (2020). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BANGUN RUANG SISI DATAR BERBASIS ADOBE FLASH PROFESSIONAL CS5. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(1). https://doi.org/10.31941/delta.v8i1.971

Rosfarianti, R., Rohantizani, R., & Muliana, M. (2021). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DI KELAS VIII MTsN 2 ACEH UTARA. Jurnal Pendidikan Matematika Malikussaleh, 1(2). https://doi.org/10.29103/jpmm.v1i2.6492

Zuhra, F., Nurhayati, Jasmaniah, & Karim, A. (2023). Integrated Metaphorming Learning Model of 21st Century Skills to Increase Student Creativity. MIMBAR PGSD Undiksha, 11(3). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v11i3.65285

Diterbitkan

2025-05-31