Pengaruh Kecemasan Matematika terhadap Kemampuan Numerasi Siswa
DOI:
https://doi.org/10.51179/asimetris.v6i1.3311Kata Kunci:
Kecemasan Matematika, Kemampuan Numerasi, Pembelajaran matematika KonstektualAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecemasan matematika terhadap kemampuan numerasi siswa kelas IV di MITA Almuslimun, Aceh Utara. Menggunakan pendekatan kuantitatif asosiatif, data diperoleh dari 23 siswa melalui teknik simple random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket kecemasan matematika dan tes kemampuan numerasi.. Berdasarkan hasil penelitian uji regresi linear sederhana menunjukkan nilai signifikansi 0,007 (Sig. < 0,05) H0 ditolak dan H1 diterima, artinya terdapat pengaruh yang siginifikan antara variabel kecemasan matematika terhadap kemampuan numerasi siswa. Koefisien regresi bernilai negatif sebesar -0,623 maka, semakin tinggi kecemasan matematika, semakin rendah kemampuan numerasi siswa dan sebaliknya. Nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0,299 menunjukkan bahwa 29,9% variabel kecemasan matematika mempengaruhi variabel kemampuan numerasi, sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Penelitian ini menunjukkan pentingnya menyadari kecemasan siswa sebagai upaya meningkatkan kemampuan numerasi siswa sekolah dasar.siswa sekolah dasar.
Unduhan
Referensi
Anditya, R., & Murtiyasa, B. (2016). FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB KECEMASAN MATEMATIKA Rifin. Seminar Nasional Pendidikan Matematika 2016, 1–7.
Ashcraft, M., & Krause, J. (2007). What is a question? Crowdsourcing tweet categorization. Psychonomic Bulleting & Review, 14(2), 243–248. http://personal.psu.edu/users/s/a/sap246/spaul_HCOMPworkshop_CHI11.pdf%5Cnpapers3://publication/uuid/32ECD18C-4D33-42EB-802D-D2EAEA9FEA2E
Cooke, A., Cavanagh, R., Hurst, C., & Sparrow, L. (2011). Situational Effects Of Mathematics Anxiety In Pre-service Teacher Education. AARE 2011 Conference Proceedings, 1–14. http://aare.edu.au/11pap/papers_pdf/aarefinal00501.pdf
Dzulfikar, A. (2016). Kecemasan Matematika Pada Mahasiswa Calon Guru Matematika. JMPM: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(1), 34. https://doi.org/10.26594/jmpm.v1i1.508
Gafoor, K., & Kurukkan, A. (2015). Why High School Students Feel Mathematics Difficult? UGC Sponsored National Seminar on Pedagogy of Teacher Education Trends and Challenges, August, 1–6. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.18880.128
Idris, N., & Khaulah, S. (2020). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AMORA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi, 4(2). https://doi.org/10.32505/qalasadi.v4i2.2198
Muhsana, N., & Diana, H. A. (2022). Pengaruh Kecemasan Matematika Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Berbasis Soal Pisa. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 10(1), 41–52. https://doi.org/10.23960/mtk/v10i1.pp41-52
Mulyana, A., Senajaya, A. J., & Ismunandar, D. (2021). Indikator-Indikator Kecemasan Belajar Matematika Daring Di Era Pandemik Covid- 19 Menurut Perspektif Siswa Sma Kelas X. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1), 14–22. https://doi.org/10.30605/proximal.v4i1.501
Novianti, N., Astuti, N., Rafli, T., Amanda, Z., Khairunnisah, K., & Auliana, H. (2025). Home / Archives / Vol. 6 No. 1 (2025): Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M) / Articles Inovasi pembelajaran: Penguatan modul ajar berdifferensiasi dan komik matematika digital berbasis kearifan lokal bahasa daerah untuk guru. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M, 6(1), 117–125.
Novianti, N., Astuti, N., & Sriwinar, S. (2023). Komik matematika digital untuk meningkatkan literasi numerasi kajian etnomatematika (I). Deepublish.
Novianti, N., Khaulah, S., & Husnidar, H. (2024). Computational Thinking Dalam Menyelesaikan Masalah Literasi Matematika PISA. Asimetris: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 5(2), 146–152. https://doi.org/10.51179/asimetris.v5i2.3048
Nuraina., M., . R., Zulmaulida, R., & . N. (2024). Assessing Student Skills: Research on Algebraic Complex Number Mastery Through Learning Experience. International Journal of Religion, 5(12), 1459–1468. https://doi.org/10.61707/v60j2245
Rizki, F., Rafianti, I., & Marethi, I. (2019). Pengaruh Kecemasan Matematika terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa di SMA. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 11. https://doi.org/10.30656/gauss.v2i2.1750
Sholichah, F. M., & Aini, N. A. (2022). Math Anxiety Siswa: Level Dan Aspek Kecemasan. Journal of Mathematics Learning Innovation (Jmli), 1(2), 125–134.
Sugiyono. (2016). Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif dan R&D. In Bandung: Alfabeta.
Zakaria, E., Zain, N. M., Ahmad, N. A., & Erlina, A. (2012). Mathematics anxiety and achievement among secondary school students. American Journal of Applied Sciences, 9(11), 1828–1832. https://doi.org/10.3844/ajassp.2012.1828.1832
Zhang, J., Zhao, N., & Kong, Q. P. (2019). The relationship between math anxiety and math performance: a meta-analytic investigation. Frontiers in Psychology, 10(AUG), 1–17. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2019.01613
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Friantiani Safitri, Novianti Novianti, Bulan Nuri, Siti Khaulah

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
