Pengaruh Kecemasan Matematika terhadap Kemampuan Numerasi Siswa

Penulis

  • Friantiani Safitri Universitas Almuslim
  • Novianti Novianti Universitas Almuslim
  • Bulan Nuri
  • Siti Khaulah Universitas Almuslim

DOI:

https://doi.org/10.51179/asimetris.v6i1.3311

Kata Kunci:

Kecemasan Matematika, Kemampuan Numerasi, Pembelajaran matematika Konstektual

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecemasan matematika terhadap kemampuan numerasi siswa kelas IV di MITA Almuslimun, Aceh Utara. Menggunakan pendekatan kuantitatif asosiatif, data diperoleh dari 23 siswa melalui teknik simple random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket kecemasan matematika dan tes kemampuan numerasi.. Berdasarkan hasil penelitian uji regresi linear sederhana menunjukkan nilai signifikansi 0,007 (Sig. < 0,05) H0 ditolak dan H1 diterima, artinya terdapat pengaruh yang siginifikan antara variabel kecemasan matematika terhadap kemampuan numerasi siswa. Koefisien regresi bernilai negatif sebesar -0,623 maka, semakin tinggi kecemasan matematika, semakin rendah kemampuan numerasi siswa dan sebaliknya. Nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0,299 menunjukkan bahwa 29,9% variabel kecemasan matematika mempengaruhi variabel kemampuan numerasi, sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Penelitian ini menunjukkan pentingnya menyadari kecemasan siswa sebagai upaya meningkatkan kemampuan numerasi siswa sekolah dasar.siswa sekolah dasar.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Anditya, R., & Murtiyasa, B. (2016). FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB KECEMASAN MATEMATIKA Rifin. Seminar Nasional Pendidikan Matematika 2016, 1–7.

Ashcraft, M., & Krause, J. (2007). What is a question? Crowdsourcing tweet categorization. Psychonomic Bulleting & Review, 14(2), 243–248. http://personal.psu.edu/users/s/a/sap246/spaul_HCOMPworkshop_CHI11.pdf%5Cnpapers3://publication/uuid/32ECD18C-4D33-42EB-802D-D2EAEA9FEA2E

Cooke, A., Cavanagh, R., Hurst, C., & Sparrow, L. (2011). Situational Effects Of Mathematics Anxiety In Pre-service Teacher Education. AARE 2011 Conference Proceedings, 1–14. http://aare.edu.au/11pap/papers_pdf/aarefinal00501.pdf

Dzulfikar, A. (2016). Kecemasan Matematika Pada Mahasiswa Calon Guru Matematika. JMPM: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(1), 34. https://doi.org/10.26594/jmpm.v1i1.508

Gafoor, K., & Kurukkan, A. (2015). Why High School Students Feel Mathematics Difficult? UGC Sponsored National Seminar on Pedagogy of Teacher Education Trends and Challenges, August, 1–6. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.18880.128

Idris, N., & Khaulah, S. (2020). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AMORA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi, 4(2). https://doi.org/10.32505/qalasadi.v4i2.2198

Muhsana, N., & Diana, H. A. (2022). Pengaruh Kecemasan Matematika Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Berbasis Soal Pisa. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 10(1), 41–52. https://doi.org/10.23960/mtk/v10i1.pp41-52

Mulyana, A., Senajaya, A. J., & Ismunandar, D. (2021). Indikator-Indikator Kecemasan Belajar Matematika Daring Di Era Pandemik Covid- 19 Menurut Perspektif Siswa Sma Kelas X. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1), 14–22. https://doi.org/10.30605/proximal.v4i1.501

Novianti, N., Astuti, N., Rafli, T., Amanda, Z., Khairunnisah, K., & Auliana, H. (2025). Home / Archives / Vol. 6 No. 1 (2025): Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M) / Articles Inovasi pembelajaran: Penguatan modul ajar berdifferensiasi dan komik matematika digital berbasis kearifan lokal bahasa daerah untuk guru. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M, 6(1), 117–125.

Novianti, N., Astuti, N., & Sriwinar, S. (2023). Komik matematika digital untuk meningkatkan literasi numerasi kajian etnomatematika (I). Deepublish.

Novianti, N., Khaulah, S., & Husnidar, H. (2024). Computational Thinking Dalam Menyelesaikan Masalah Literasi Matematika PISA. Asimetris: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 5(2), 146–152. https://doi.org/10.51179/asimetris.v5i2.3048

Nuraina., M., . R., Zulmaulida, R., & . N. (2024). Assessing Student Skills: Research on Algebraic Complex Number Mastery Through Learning Experience. International Journal of Religion, 5(12), 1459–1468. https://doi.org/10.61707/v60j2245

Rizki, F., Rafianti, I., & Marethi, I. (2019). Pengaruh Kecemasan Matematika terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa di SMA. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 11. https://doi.org/10.30656/gauss.v2i2.1750

Sholichah, F. M., & Aini, N. A. (2022). Math Anxiety Siswa: Level Dan Aspek Kecemasan. Journal of Mathematics Learning Innovation (Jmli), 1(2), 125–134.

Sugiyono. (2016). Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif dan R&D. In Bandung: Alfabeta.

Zakaria, E., Zain, N. M., Ahmad, N. A., & Erlina, A. (2012). Mathematics anxiety and achievement among secondary school students. American Journal of Applied Sciences, 9(11), 1828–1832. https://doi.org/10.3844/ajassp.2012.1828.1832

Zhang, J., Zhao, N., & Kong, Q. P. (2019). The relationship between math anxiety and math performance: a meta-analytic investigation. Frontiers in Psychology, 10(AUG), 1–17. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2019.01613

Diterbitkan

2025-05-31