Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning berbantu Media Realia
DOI:
https://doi.org/10.51179/asimetris.v6i1.3297Kata Kunci:
Hasil Belajar, Problem Based Learning, Media RealiaAbstrak
Dalam ranah pendidikan, matematika menjadi bidang yang mendapatkan perhatian utama. Ini disebabkan karena matematika diajarkan dari tingkat sekolah dasar hingga sekolah menengah, bahkan sampai ke perguruan tinggi. Oleh karena itu, penting untuk mencapai keberhasilan dalam proses pembelajaran matematika. Didapat hasil observasi siswa, hanya 5 dari 17 siswa yang mampu memahami materi bangun ruang prisma dan tabung selebihnya masih belum memahami.Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 1 Perbutulan. Subjek penelitiannya peserta didik kelas VA Tahun pelajaran 2024/2025. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Tindakan kelas yang dilaksanakan 2 (dua) siklus. Sumber data adalah peserta didik dan guru. Teknik pengumpulan data menggunakan Teknik tertulis berupa tes dan nontes (wawancara). Teknik analisis data adalah menggunakan Teknik statistic deskriptif komparatif dan kritis. Berdasarkan hasil penelitian ada peningkatan hasil belajar siswa setelah penggunaan metode pembelajaran yang berfokus pada masalah dengan bantuan media nyata pada topik bangun ruang prisma dan tabung di kelas VA. Pada siklus pertama, persentase ketercapaian nilai siswa yaitu 47 %. Sementara itu, pada siklus kedua, angka tersebut menunjukkan kenaikan menjadi 88%, melebihi target kinerja penelitian yang ditetapkan 80%. Secara keseluruhan, penelitian ini menyimpulkan bahwa pendekatan pembelajaran ini efektif dalam meningkatkan pemahaman materi bangun ruang di kelas V.
Unduhan
Referensi
Algiranto, A., Yampap, U., & Bay, R. R. (2021). Penggunaan Media Realia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Elementary, 4(2), 134–138. http://journal.ummat.ac.id/index.php/elementary/article/view/5216%0Ahttps://journal.ummat.ac.id/index.php/elementary/article/download/5216/3089
Arifin, M, N., C. H. (2019). Peningkatan pemahaman konsep bangun datar dengan menggunakan media realia pada pembelajaran Matematika pada siswa sekolah dasar. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia): Jurnal Ilmiah Pendidikan, 5(2), 29–34. https://jurnal.uns.ac.id/jpi/article/viewFile/46349/29244
Febrianto, M, E., Taufiq, I., Rahayu, B. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Dengan Model PBL dan Media Papan Diagram Pada Kelas IV. Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 3(1). https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/semnas_ppg_ust/article/view/2182
Handayani, E, S. ., & Subakti, H. (2021). Analisis penggunaan media realia melalui pembelajaran online di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 772–783. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.810
Husnidar, & Hayati, R. (2021). Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Asimetris: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 2(2), 67–72. https://doi.org/10.51179/asimetris.v2i2.811
Jannah, M., Nuri, B. (2020). Penerapan pembelajaran problem based learnig untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa pada teorema pytagoras. ASIMETRIS: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 4(1), 17–24. https://doi.org/https://doi.org/10.51179/asimetris.v4i1.1979
Kemendikbudristek. (2023). Peringkat Indonesia pada PISA 2022 Naik 5-6 Posisi Dibanding 2018. Laporan Pisa Kemendikbudristek, 1–25. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2023/12/peringkat-indonesia-pada-pisa-2022-naik-56-posisi-dibanding-2018
Kuswariyanti, N. (2021). Pengembangan Media Realia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Prismatika: Jurnal Pendidikan Dan Riset Matematika, 3(2), 172–179. https://doi.org/10.33503/prismatika.v3i2.1296
Nazariah, S. (2022). Peningkatan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran. ASIMETRIS: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 3(1), 13–17. https://doi.org/https://doi.org/10.51179/asimetris.v3i1.1097
Nopriansyah, U., & Ismanuar, D. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Kelas VI Melalui Penggunaan Media Pembelajaran Quizizz. Terampil: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 11(1), 1–15. https://doi.org/10.24042/terampil.v11i1.22311
Novita, L., Sukmanasa, E., & Pratama, M. Y. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran Video terhadap Hasil Belajar Siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education, 3(2), 64–72. https://doi.org/10.17509/ijpe.v3i2.22103
Nursanti, F., Haryaka, U., Untu, Z. (2023). Peningkatan hasil belajar matematika Siswa melalui model Problem Based Learning berbantuan media video animasi. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 117–126. https://doi.org/10.30872/primatika.v12i2.2721
Permatasari, K, G. (2021). Problematika pembelajaran matematika di sekolah dasar/ madrasah ibtidaiyah. Jurnal Ilmiah Pedagogy, 17(1), 68–84. https://doi.org/https://doi.org/10.63889/pedagogy.v14i2.96
Purwati, R, I., Lukman, H, S., I. (2021). Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis PBL dengan pendekatan RME terhadap kemampuan literasi matematika siswa. Asimetris: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 2(1), 23–30. https://doi.org/10.51179/asimetris.2.1.23-30
Putri, A, E., Hendrayana, S. (2022). Penerapan model problem based learning berbantuan konkret dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VI SDN 261 Margahayu raya pada konsep volume tabung. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), 3182–3190. https://doi.org/https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i2.639
Rohmayani, P., Setiani, R., Trisnantari, H, E. (2024). Asimetris: jurnal matematika dan sains. Asimetris: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 5(2), 161–170. https://doi.org/https://doi.org/10.51179/asimetris.v5i2.2817
Rusdianto, H, D., Faradita, M, N., dan I. (2019). Peningkatan hasil belajar matematika materi bangun ruang kubus dan balok dengan menggunakan model problem based learning pada siswa kelas 5 SD. Sustainability (Switzerland), 11(1), 1–14. https://doi.org/https://doi.org/10.30651/pc.v2i1.25426
Syaifudin. (2021). PENELITIAN TINDAKAN KELAS (Teori dan Aplikasinya Pada Pembelajaran Bahasa Arab). Borneo: Journal of Islamic Studies, 1(2), 1–17. https://doi.org/https://doi.org/10.37567/borneo.v1i2.440
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Bagus Robby Kurniawan Kurniawan, Rina Hizriyani, Nita Fauziah

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
